Senin, April 14, 2008

Akhirnya..

Akhirnya IP diumumin juga !.
Lega rasanya tau bahwa udah lulus semester 5, tapi ada perasaan kecewa juga soalnya dari 5 semester, IP semester ini yang paling jelek.



Walaupun sebenernya hal ini udah diprediksi jauh hari2 sebelumnya, dan mesti diakui juga kalo di semester 5 ini semangat juang udah sangat memble. Dilihat dari tugas2 yang dikerjain seadanya dan asal kumpul, kurang konsentrasi waktu dosen nerangin kuliah, sampe2 males belajar pas ujian padahal banyak mata kuliah yang bahannya minim banget sedangkan catetan cuma selembar dua lembar.

Ngomong2 tentang penurunan prestasi, akhirnya pikiran ini memflashback waktu ke masa lalu.
Secara pribadi, kalo dipikir2 kayanya dari dulu udah ada pola / semacam siklus naik turun prestasi sejak kecil atau dimulai sejak SD. Ini contohnya : waktu kelas 1 sampe 3, prestasi cenderung stabil di kisaran 4 besar. Terus di kelas 4 dan 5 turun jadi 10 besar. Baru di kelas 6 peringkat kelas naik lagi, malah dapet ranking 2. Waktu di smp, kelas 1 dapet 6 besar.
Kelas 2 dapet ranking 9-10. Kelas 3 masuk lagi 4 besar.

SMA bisa dibilang yang paling dramatis, kelas 1 ranking 4 dan 3. Kelas 2 smstr 1 ranking 3, dan penurunan udah mulai keliatan di semester 2, ditandai dengan ranking 7. Nah, penurunan sampe di titik terendah waktu duduk di kelas 3 smstr 1, untuk pertama kalinya dalam hidup saya ngga dapet ranking, yang parahnya lagi pas pra UAN / try out termasuk siswa yang tidak lulus (yg akhirnya membuat mama dipanggil ke ruang BP. Di rumah mama bilang gini: kamu tau ga sih, kata Bu Duma (guru BP) posisi kamu tuh udah diujung tanduk !..)
Tapi akhirnya di semester 2, saya seperti kembali ke trek dan dapet juga ranking 8 + lulus uan + spmb + stan.

Pas kuliah berurutan dari semester 1, IPnya 3,29 3,27 3,34 3,32 dan yg sekarang turun jadi 3,07 serta mendapat predikat juara 9 dari belakang di kelas, atau dengan kata lain cuma ada 8 orang yg IP nya lebih rendah dari 36 mahasiswa.

Kalau memang pola tersebut nyata adanya, seharusnya di semester 6 nanti yang notabene menjadi semester akhir nan menentukan (karena program D-III cuma 6 smstr), IP akan jadi lebih bagus..
Tapi sesungguhnya bisa aja hasilnya nanti tidak sesuai harapan, tergantung penerimaan otak aja, dalam posisi kejepit atau ngga?

Berarti kesimpulan dari pola-pola tadi adalah bahwa otak gw ini sebenernya cuma bisa bekerja efektif pada saat tertentu aja..
waduh..! Apa mungkin ini cara otak agar bekerja lebih efisien..

Ah yang bener aja..!

Bagaimana ya caranya bernegosiasi dengan otak sendiri (memanipulasi) supaya bisa jaga stabilitas motivasi dan prestasi?
puyengpuyeng
puyeng deh..

PS: Abis nulis ini otak langsung 'hang' lagi, trus ada tulisan : 'your brain system can't be changed'..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar