Minggu, Mei 30, 2010

Mendekati Hari-H

Semakin dekat hari-H penggusuran lapak2 pedagang kaki lima yang telah berjualan sekian lama persis di depan pintu gerbang kantor, bikin beberapa hari terakhir ini rasanya hati menjadi ga tenang..

Ga nyangka sama sekali..

kenapa di pengalaman pertama menjadi anggota tim panitia pengadaan barang dan jasa malah mendapat proyek tender yang seperti ini..??

 
ada beberapa hal yang buat ini menjadi masalah yang lumayan complicated:

1. Agak gimana juga rasanya mengetahui bahwa sebagian lapak merupakan mata pencaharian utama beberapa pedagang dalam menghidupi keluarganya. Walaupun sebenernya mereka sendiri juga salah karena telah berjualan tanpa izin di tanah negara.

>> Seandaianya aja ada Win-Win Solutions dimana pedagang tersebut ga harus digusur atau mungkin kantor gw seharusnya bekerja sama dengan pemda kabupaten bogor untuk merelokasi para pedagang ke tempat lain..

Biar gimana juga, gw sadar nyari duit itu susah...   asal main gusur pedagang bakalan cuma nambahin tingkat pengangguran penduduk sekitar...


2. Banyak dari pedagang merupakan penduduk atau warga yang tinggal di daerah sekitar kantor. Agak ga enak juga kalo setelah penggusuran ini, hubungan antara kantor dengan warga sekitar menjadi kurang harmonis....

>> Kita tau sendiri lah....   Public Relations itu perlu untuk menjaga lingkungan tetap kondusif sehingga kerja juga menjadi nyaman....   Nah, yang gw takutkan adalah penggusuran yang dikerjakan oleh Satpol PP Pemda Bogor ini menjadi diluar kendali... (Naudzubillah... jangan sampai terjadi yang enggak2 deh...)

itu Satpol PP mah mending.. abis ngegusur langsung pergi...
lah Gw..???   tiap hari bolak balik kesono....  apalagi gw sering pulang kuliah sampe jam 11 malem jalannya lewat kantor pula....


3. Dan Ternyata oh ternyata sodara2....  Ibu kos dimana gw tinggal sekarang ternyata punya salah satu lapak juga di tempat yang mau digusur tersebut.

>> Wondering what she gonna do with me tommorow..??  am i gonna be kicked out from her place..??

kalo Ibu kos mau berpikir positif sih harusnya si Ibu ngerti kalo gw cuma menjalankan tugas... masalah penggusuran dan lain2 bener2 diluar wewenang gw sebagai pegawai biasa..

walaupun gw adalah anggota di panitia pengadaan barang/jasa, tugas panitia itu cuma dalam lingkup mengadakan tender untuk memilih perusahaan kontraktor dalam pekerjaan renovasi pintu gerbang dan pagar depan tersebut..   gusur menggusur bener2 ga terlibat gw...  sumpeh deh....!



akhir kata....

semoga semuanya berpikir secara jernih dan memaknai hikmah dari segala peristiwa.... 

2 komentar:

  1. ya dilema jg sih ya jar,,satu sisi tugas tp d satu sisi rasa kemanusiaan,,

    trus finally'y gmn??d timpukin masa ga?hehe

    BalasHapus
  2. gimana kelanjutannya..??

    tunggu postingan gw berikutnya yah... hehe..

    BalasHapus