Selasa, November 23, 2010

Catatan Perjalanan: Gunung Pangrango 3019 Mdpl [20-21 November 2010]

alun-alun mandalawangi
Akhirnya kesempatan datang juga untuk mendaki gunung tertinggi kedua di propinsi jawa barat, yaitu Gunung Pangrango. Gunung yang berdampingan dengan Gunung Gede ini merupakan bagian dari kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang terbagi kedalam tiga kabupaten, yaitu kabupaten cianjur, bogor, dan sukabumi.

Gw emang sebenernya udah dari dulu banget pengen naik gunung cuma ga ada temen yang bisa dan mau diajak, apalagi gw ga pernah ikutan organisasi pecinta alam dan sebagainya.. Untunglah ada temen2 dari Outdoor Adventure and Nature Clubs (OANC) Kaskus yang baik banget mau ngajakin gw naik gunung bareng ke pangrango. Selain itu, di forum itu gw juga belajar banyak banget hal mulai dari etika mendaki gunung, teknis2 pendakian, gear/peralatan naik gunung, cara packing yang bener, dan yang pasti bisa membaca catatan dan foto perjalanan (catoper) member OANC yang bener2 'racun'.

Kalo baca thread catoper, dijamin bakal mupeng... dan muncul angan2 : kapan gw bisa naik ke puncak itu..?

Berawal dari sis clara yang bikin acara naik gunung pangrango bareng anggota OANC, gw pun ikutan daftar. Clara yang ngurusin Simaksi (surat izin masuk kawasan konservasi) dan juga sebagai koordinator utama acara ngesot ke pangrango.. [terima kasih banyak buat Clara..].

Jumat, 19 November 2010, paginya gw masih ngantor dan malamnya kuliah. Kuliah gw sebenernya selesai jam 11 malem, tapi apa boleh buat gw mesti bolos dan pulang duluan jam 9. Sampai kosan, gw siap2 buat packing peralatan dan logistik yang udah gw siapin dari beberapa minggu yang lalu.

Jam 9.30 gw sms rombongan yang berangkat dari Jakarta, katanya sebagian dari mereka masih banyak yang belum ngumpul di terminal kampung rambutan karena macet. Jam 10, gw ke ciawi sambil nunggu dan kontak2an dengan om Wawo. Jam 11.30, bus Karunia Bakti jurusan Jakarta - Garut keluar pintu tol jagorawi dan gw pun dikabarin kalo rombongan Jakarta naik bus tersebut.

Akhirnya gw naik bus itu, carrier gw dibantu sama om anton ditaro diatas kursi belakang trus kenalan sama beberapa orang aja karena yang lain keliatan pada banyak yang tidur.. hehe..

ngobrol dikit sama ferly 'frex72', jam 1 malem sampe di daerah pacet (pintu masuk kebun raya cibodas). Disana ternyata ketemu rombongan Bogor yang udah sampe duluan.

Nyewa dua angkot menuju warung mang idi dan sampe disana jam 1:15 terus gw tidur sampe jam 5 dan bangun karena kedinginan. hahaha.. :D

Abis Sholat subuh + makan + siap2, jam 8an semuanya udah mulai bergerak ke pintu masuk Taman Nasional. Rencana tim dibagi menjadi tiga, cuman pas nanjak tim-nya udah ga sesuai sama rencana awal. Yang mau nyantai pada dibelakang, sedangkan sebagian yang semangat jalan di depan.

pintu masuk taman nasional
Gw ikutan kelompok depan yang terdiri dari 6 orang. Jalur yang dilalui adalah jalan batu.

Jalan sebentar (kira2 15 menitan), kami sampe di telaga biru dan berhenti sebentar, bukan karena capek tapi karena mau foto2 dulu.. hahaha.. :D

telaga biru 1575 Mdpl

di telaga biru

Dari telaga biru jalan terus hingga sampai di rawa gayonggong yang keren banget. Jadi diatas rawa dibangun jembatan kayu mirip seperti sebuah dermaga yang cukup panjang. Disini jalan mesti hati2 karena kayu yang merupakan alas banyak ditumbuhi lumut sehingga menjadi licin dan di beberapa bagian jembatan ada kayu yang lepas atau berlubang, jadi jangan sampai terperosok atau tersandung.

Om Anwar 'sembalun' - Gw - Reda --- di Rawa Gayonggong 1600 Mdpl
Rawa Gayonggong

Selepas melewati rawa gayonggong, kami sampai di pos panyangcangan dan beristirahat sebentar untuk minum. Di panyangcangan ini terdapat pertigaan dimana kalo kita belok kekanan dan menyusuri jalan kebawah kita akan menemui sebuah air terjun yang namanya curug cibeureum.

istirahat di pos panyangcangan 1640 Mdpl
Perjalanan dilanjutkan kembali menuju jalur pendakian gede - pangrango, jalanan mulai lumayan nanjak. Kira2 setelah melewati empat pos bayangan, akhirnya sampai di jalur air panas. Jalur air panasnya bener2 mengerikan.. hahaha.. ;D

Bayangin aja, jadi kita seperti melewati tebing di atas puncak air terjun yang airnya memiliki temperatur 70-75 derajat celcius. Walaupun pada jalurnya disediakan tali pengaman, tapi uap tebal yang dihasilkan air panas dan batu2an yang sangat licin membuat jalur ini harus dilalui dengan ekstra hati2. Apalagi kalo liat disebelah kanan tali pengaman yang merupakan jurang dan air panas jatuh bebas dengan ketinggian puluhan meter bener2 bikin otak berpikir yang ngga2, seperti gimana kalo kepeleset dan jatuh..?  bisa wassalam deh..

Sayang gw ga sempet foto di jalur air panas, boro2 mau foto, pokoknya gw konsentrasi penuh pas di jalur air panas. Jangan sampe kamera yang gw kalungin nyebur ke air panas. Tapi tetep aja kaki sempet kecelup air panas gara2 sedikit kepeleset.. T_T

Habis melewati jalur air panas, gw - sandi - reda - om anwar - mas zaki sampai di kandang batu. Di sini kita istirahat agak lamaan. Om anwar makan bekal nasi goreng beli di warung mang idi, mas zaki masak mie rebus, sedangkan gw dan sandi makan nasi telor dadar yang beli di mang idi juga. Si reda alias ired, ga makan, dia cukup minum susu aja katanya..

Setelah makan siang, kami ngisi botol air minum dengan air sungai yang airnya seger banget dan bisa langsung diminum. Sebelum lanjut perjalanan, gw foto2 sebentar di air terjun yang bagus banget deket kandang batu.

air terjun deket Kandang Batu 2220 Mdpl

Setelah dari kandang batu, jalan semakin menanjak hingga akhirnya sampai di kandang badak 2393 mdpl, jam 12.20 siang. Disini om dion sama tante nino udah sampe duluan dan makan siang, sedangkan gw berlima yang udah makan siang di kandang batu tadi akhirnya cuma istirahat sebentar + sholat disini.

Anggota tim yang waktu berangkatnya kepisah2 pun akhirnya ngumpul semua di kandang badak untuk istirahat. Beberapa orang diketahui mengalami gagal dengkul dan gagal paha.. hehe.. jadi rencananya sebagian yang udah ga kuat nanjak akan nge-camp di kandang badak.

Yang lucu pas di kandang badak ini ada dua:
1. Waktu wudhu di mata air, airnya duingin banget... bener2 kaya air dari freezer..  kaki gw cuma tahan 5 detik direndem di airnya... beuh... waktu wudhu sampe loncat kaget gw.. hahaha..
2. Waktu sholat di kandang badak gelar flysheet buat alas. nah tanahnya itu agak miring kedepan jadi pas gw sujud hampir guling alias roll kedepan.. hahaha.. :D untung tangan gw masih bisa nahan biar ga kejengkang...

Jam 2 lewat 20 siang, kami berlima jalan duluan dari kandang badak. Melewati pertigaan dimana jalan kekiri merupakan jalur menuju puncak gede, sedangkan ke kanan jalur ke puncak pangrango. Jalan menuju puncak pangrango bener2 edan.. nanjak melulu dengan bonus jalan landai atau turunan yang sedikit sekali.

Selain itu, jalur menuju puncak pangrango hutannya masih sangat rapat karena jarang pendaki yang menuju kemari bila dibandingkan jalur puncak gede. Semakin keatas, anehnya juga hutan semakin sepi dan sunyi. Bunyi burung atau serangga sudah jarang sekali terdengar. Jalan semakin terjal, rintangan berupa pohon2 tunbang ada dimana2. kita kadang mesti nunduk, tiarap, ataupun gelayutan untuk bisa lewat.

Awal nanjak gw masih kuat dan jalan paling depan (ga tau kenapa om anwar nyuruh gw jalan paling depan.?), tapi makin lama napas makin tipis. ngos2an banget jalannya. mungkin karena gw ga biasa naik gunung jadi tubuh harus adaptasi sama perubahan ketinggian dimana udara semakin menipis.
bentar2 gw nanya mas zaki udah sampai ketinggian berapa? (kebetulan jam tangan dia punya fitur altimeter untuk mengetahui ketinggian)

Jamur Merah.?

Setelah nanjak hampir 3 jam dari kandang badak dengan hujan yang mengguyur, jam 5 sore akhirnya kami berempat (gw - om anwar - sandi - zaki) sampai di puncak pangrango 3019 meter dari atas permukaan laut. sedangkan Reda tadi dengkulnya ga kuat pas nanjak jadi dia istirahat dan nyusul dibelakang.

view dari Puncak Pangrango

Karena habis hujan, puncak pangrango diselimuti kabut yang lumayan tebal. Kata om anwar, kalo cuaca bagus kita bisa melihat kawah gunung gede dari atas puncak pangrango. sayang, gw sendiri cuma bisa melihat siluet2 kawahnya aja.

Soe Hok Gie pernah difoto duduk sila diatas tugu 3019 Mdpl
Om Anwar 'sembalun', Sandi 'aafindi09', Zaky 'sopmod' -- di puncak pangrango

gw - sandi - om anwar - mas zaki di titik triangulasi 3019 Mdpl

Setelah foto2 sebentar, langsung menuju alun-alun mandalawangi karena hari sudah hampir gelap jadi harus cepat2 diriin tenda. Dari puncak pangrango, alun-alun mandalawangi bisa ditempuh singkat selama 5 menit. Waktu baru sampai di mandalawangi.. Subhanallah, edelweis dimana-mana.. bagus banget..

Setelah menentukan tempat yang cocok buat gelar lapak (hahaha... :D) akhirnya tenda didiriin.

habis masang tenda, gw langsung buka sleeping bag dan molor.. hahaha..  padahal yang laen mah pada makan dulu.

Jam 9 malem gw kebangun karena kelaperan.. hehe.. gw langsung ngeluarin kompor spiritus 'trangia' trus masak mie rebus + kornet... hmmm... nyam.. nyam.. berasa enak banget deh waktu itu..

clingak clinguk, ternyata tim lain udah pada sampai juga. Ada yang dateng jam 6 dan terakhir ada yang dateng jam 7.30 malem katanya.
dan diceritain pula, katanya si reda sempet nyasar waktu kepisah sama kelompok gw.. dia bingung sama jalannya.. untung akhirnya ketemu sama pendaki lain yang baru turun dari pangrango, jadi bisa nanya arah ke puncak.

Habis makan gw tidur, dan karena gw lupa buka ventilasi tenda alhasil embun dari dalam tenda ga bisa keluar dan terjadi kondensasi. Beberapa titik air membasahi bagian dalam tenda gw. kacau deh...

9 tenda yang berhasil camp di mandalawangi
Malam di mandalawangi yang sunyi bener2 sangat dingin. Menurut termometer yang ada di jam tangan mas zaki, waktu dini hari temperatur udara sempet mencapai 5 derajat celcius.. brrrrr.....
biar ga kedinginan, gw minum tolak angin, makan coklat batangan silver queen dan juga nyalain kompor trangia di dalem tenda buat semacam perapian. btw, gw pake minyak kayu putih ga berasa sedikit pun..
Bahaya juga sih sebenernya nyalain kompor di dalem tenda, karena kalo ga hati2 tenda gw bisa kebakar dan jadi api unggun di lembah mandalawangi.
yah, apa boleh buat daripada kedinginan..?

tenda Gw mojok deket edelweis.. :)

Pagi2 bangun ngambil air bareng kang hadi dkk., terus jemurin ponco/jas hujan yang dipake kemaren buat nanjak hujan2an...  flysheet tenda juga coba diangin2in biar ga basah.
makan sereal, packing2 buat perjalanan turun dan terus foto seluruh anggota tim.

bro zaki 'sopmod' & om anwar 'sembalun' siap2 mau turun
Turun duluan dibanding kelompok lain hari minggu jam 8.45 cuma bertiga, gw - om anwar - mas zaki ngebut banget turunnya.
dari puncak pangrango sampai kandang badak cuma 1,5 jam aja.. di kandang badak ketemu temen2 yang ngecamp. disana.
turunnya bareng2 hingga pos payangcangan jam 12 siang.. makan siang dulu dan leha2....
terus gw bertiga kembali misah dan turun duluan ke mang idi sampe jam 3 sore.

istirahat sehabis melewati air terjun air panas yg 'horor' ;D

Akhir kata, atas 'trip to Pangrango' yang sangat berkesan ini gw ucapin terima kasih kepada:
- Allah SWT, sehingga diberikan keselamatan dari berangkat sampe pulangnya..
- Mama, yang sempet agak ga ngijinin naik gunung.. hehehe...
- abang gw, lapor sms dulu sebelum berangkat biar disampaikan ke mama..
- semua temen2 di OANC Kaskus, especially: Clara, sebagai inisiator dan koordinator acara.., om Wawo yang udah gw ganggu sms tanya2 biar bisa berangkat bareng, om Frex, om Anton dll..
- Kelompok ngesot gw yang berhasil sampai puncak duluan.....(hahaha.. mantap..) : om Anwar 'sembalun', alumnus psikologi UI '91 yang ilmu mendaki gunungnya udah sangat jempolan; Sandi 'aafindi09', mhs. manajemen UI semester 5, next trip ke ciremai mudah2an jadi nih sama agan yang satu ini; Zaki Nugraha 'sopmod', baru lulus kedokteran UNAIR, si agan yang bawa kamera SLR nih, hasil jepretannya ditunggu nih gan..; Reda alias Ired, mhs. ilmu ekonomi UI semester 7, cover bag kita ketuker nih bro... hihihi..

thread catoper di kaskus by Kang Hadi : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6039300

foto bareng OANC kaskus di mandalawangi

semoga kapan2 bisa mendaki gunung bareng2 lagi ya..