Jumat, Agustus 12, 2011

Bedanya Bank Terbesar Indonesia dan Australia

Beberapa waktu belakangan ini sempet kecewa (lagi) sama pelayanan bank mandiri. Pertama, gw tiba2 ditelpon sama telemarketing credit card mandiri mau confirm alamat gw buat pengiriman kartu kreditnya.. laaah.. gw apply aja ngga pernah gimana bisa tiba2 dikirimin kartu kredit? *itu orang kartu kredit dapet data nasabah darimana coba? bukannya data kaya gitu rahasia ya.?

Kemudian tanpa sosialisasi yang cukup (menurut gw), saldo minimum di tabungan tiba2 naik menjadi 100 ribu. Efeknya uang 100 ribu di tabungan seperti duit mati ga bisa di apa2 in. Kalo yang tabungannya 150 ribu terus mau narik 100 ribu pasti transaksi nya ditolak.. 

Belum lagi kalo ngantri di teller mengular mengikuti jejak si 'bank capek antri'. Layanan perbankan nya pun serba bayarrr..

coba deh bandingin sama bank commonwealth yang merupakan bank terbesar di australia dalam memberikan pelayanan. kita compare deh ya tarif layanan antar dua bank terbesar di indonesia dan australia..

Sekilas info: Commonwealth Bank of Australia (CBA) adalah salah satu penyedia jasa keuangan terpadu terbesar di Australia dan merupakan salah satu perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Saham Australia dan masuk ke dalam Morgan Stanley Capital Global Index.

CBA hadir sebagai lembaga jasa keuangan yang kuat dengan basis nasabah terbesar di Australia dan mengoperasikan jaringan distribusi jasa keuangan terbesar di Australia dengan cakupan akses yang paling lengkap. Pada bulan Februari 2009, majalah Global Finance menempatkan CBA di urutan ke-12 bank paling aman di seluruh dunia dalam daftar “World’s 50 Safest Bank”.

CBA sudah beroperasi hampir satu abad lamanya, melayani lebih dari 10 juta nasabah di Australia , Selandia Baru, Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Indonesia, Cina, Vietnam dan India. Di Australia, CBA memiliki 1.010 kantor cabang dengan didukung oleh 38.000 orang karyawan dan menawarkan beragam produk perbankan, investasi, asuransi, pialang dan jasa keuangan lainnya.

lumayan adil dong ya perbandingannya (apple to apple) .? 

just check it out.. hahaha. :P



ROUND 1 - Tabungan + ATM...  penting nih yaa.. hehe..



bank mandiri

dan berdasarkan info disini

Biaya nya adalah sbb:
  • Setoran awal: Rp 500.000
  • Setoran minimum selanjutnya: Rp 50.000
  • Biaya administrasi tabungan: Rp 9.000
  • Biaya administrasi kartu: Silver Rp 1.000, Gold Rp 3.500, Platinum/Platinum Plus Rp 6.000
  • Saldo minimum: Rp 100.000 (berlaku mulai 1 Mei 2011)
  • Penutupan rekening: Rp 100.000


sedangkan lawannya:






bank commonwealth
  • Setoran awal: Rp 500.000
  • untuk tabungannya Biaya administrasi: Rp 5.000
  • sedangkan tarif atm-nya sbb:




ROUND 2 - moblie Banking.. zaman mobile kaya sekarang makin penting dong.? ya ngga.? hehe.. [lebay]

dua2nya ngasih gratis sih.. jadi draw deh..



ROUND 3 - SMS Banking..


bank commonwealth ga punya fitur sms banking.. jadi untuk ini bank mandiri sepertinya unggul.. hehe..


ROUND 4 - Internet Banking..  nah ini nih penting banget jaman sekarang..

bank mandiri


bank commonwealth


token di mandiri bayar dan kalo kenapa2 (kita yg salah gunain token) ganti nya mahal banget sampe 100 ribu..  sedangkan di commonwealth token pertama dan ganti token nya gratisss..

yang sangat penting juga sih kliring sama RTGS nya..  commonwealth lagi2 ngasih gratisss..

commonwealth emang cocok banget kalo mau invest di reksadana.. lebih memudahkan nasabah..

mungkin emang target pasarnya mandiri juga beda.. yg disasar nasabah yg mau bayar listrik, bayar pam, bayar kuliah, dan gitu2 deh pokoknya.. sebenernya oke2 aja sih.. terserah bank nya juga.. cuma ya kalo dikit2 kena tarif juga lama2 malesin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar