Senin, April 23, 2012

Uniknya Golongan Darah AB

Baru2 ini baca2 mengenai golongan darah AB. Dan menurut gw, banyak hal menarik tentang kelompok golongan darah yang satu ini. Gw sendiri terlahir sebagai orang yang memiliki golongan darah AB dari orang tua A (Ibu) dan B (Bapak).

Buat pembuka gw jabarin dikit tentang golongan darah dari wikipedia ya.. Mungkin juga semuanya masih pada inget pelajaran Biologi di SMA,

Golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh). Di dunia ini sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rh, hanya saja lebih jarang dijumpai. Transfusi darah dari golongan yang tidak kompatibel dapat menyebabkan reaksi transfusi imunologis yang berakibat anemia hemolisis, gagal ginjal, syok, dan kematian.
     
Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung dalam darahnya, sebagai berikut:
          
  • Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya.
  • Individu dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya. 
  • Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. Sehingga, orang dengan golongan darah AB-positif dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut resipien universal. Namun, orang dengan golongan darah AB-positif tidak dapat mendonorkan darah kecuali pada sesama AB-positif.
  • Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B. Sehingga, orang dengan golongan darah O-negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut donor universal. Namun, orang dengan golongan darah O-negatif hanya dapat menerima darah dari sesama O-negatif.
Ilmuwan Austria, Karl Landsteiner, memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran pada tahun 1930 untuk jasanya menemukan cara penggolongan darah ABO.

"It is not the strongest of the species that survives, nor the most intelligent that survives. It is the one that is the most adaptable to change." - Charles Darwin

Sejarah Golongan Darah AB

Kembali ke awal2 peradaban manusia, dulu itu cuma ada golongan darah O. Gol. darah O ini ngga punya antigen A dan B di permukaan sel darah merahnya. Hal tersebut terbawa sampai saat ini sehingga kebanyakan orang dalam populasi adalah bergolongan darah O.

Sekitar 20.000 tahun sebelum masehi (SM), terjadi mutasi, dan beberapa orang mulai memiliki golongan darah A. Orang2 ini mengembangkan membran atau antigen pada permukaan sel darahnya. Jenis gol. darah ini kemudian menjadi umum di Eropa, termasuk juga daerah Skandinavia (Norwegia, Denmark, Swedia, dll). Banyak orang yang merasa perubahan ini terjadi ketika pertanian menjadi hal yang umum di daerah tersebut.
 
Perubahan berikutnya terjadi sekitar 10.000 SM. Ini adalah ketika beberapa orang mengembangkan membran Tipe B pada sel darah mereka. Perubahan ini terjadi di Asia dan Jepang, dan ahli biologi tidak yakin apa yang mendorong perubahan ini berlangsung
.

Barulah sekitar tahun 1500-an tahun yang lalu bahwa kelompok gol.darah A dan kelompok gol. darah B mulai bercampur ketika bepergian keluar wilayah (migrasi) sudah menjadi hal yang umum. Hal ini membentuk jenis gol. darah AB, dimana yang paling umum memiliki gol.darah ini dalam populasi adalah di India utara. Sedangkan di dunia masih yang paling langka dari empat jenis darah utama. Di Amerika Serikat, hanya 5% dari penduduk yang bergol.darah AB.

Pada tahun 1909  dokter akhirnya tahu apa yang menyebabkan beberapa transfusi darah bisa digunakan untuk orang lain, sedangkan untuk beberapa orang lain gagal. Sejak itu perbedaan gol. darah menjadi penting karena vital banget ketika terjadi transfusi darah.

Karena golongan darah AB memerlukan keberadaan dua antigen, A dan B, golongan darah ini adalah jenis yang paling jarang dijumpai di dunia. Dari populasi dunia. gol. darah O = 44%; gol. darah A = 42%; gol. darah B = 10%; sedangkan darah AB cuma  4% dari seluruh populasi.

Kalo dipikir2, gol. darah AB sebagai gol. darah yang masih baru itu ada kaitannya sama adaptasi manusia lho.. Mutasi yang terjadi pada golongan darah itu menyebabkan orang ber gol. darah AB bisa nerima transfusi darah dari semua gol. darah (A,B,O, dan AB sendiri) sehingga survival rate (tingkat bertahan hidupnya) orang bergol. darah AB itu menjadi lebih tinggi.. paling gampang kalo mau ditransfusi atau butuh darah.. hehe

Dan menurut penelitian, beberapa hewan primata punya gol. darah yang sama dengan manusia. Simpanse punya gol. darah A dan O. Gorila punya gol. darah B dan O. Sedangkan gol. darah AB cuma ada di manusia.. 
Bangga dong gw.... Hahaha... :D ( no offense ya buat gol. darah yg lain.. *nahan ketawa..)


Survey Orang2 Bergolongan Darah AB 

Jadi ceritanya kan gw ikut fanpage golongan darah AB. Nah terus ada semacam survey dari seluruh dunia (di fb tentunya.. haha) dan kebetulan waktu itu gw ikutan didalamnya.

Survey pertama hasilnya sebagai berikut: 
Mayoritas dari 90 partisipan bergol. darah AB menyatakan suka menikmati waktu dalam kesendirian, mengasingkan diri, moody / berubah2 moodnya secara ekstrim, suka ngomong / nyanyi / nari tapi sama dirinya sendiri.. Haha, suka imajinasi / kreatif / ngelamun, tidak tertarik pada harta benda, peragu, introvert, tempramental, berbicara dengan cara yang tidak mudah dimengerti oleh orang lain, dan suka mempertanyakan sesuatu..

---> tepat sekali menggambarkan kepribadian gw.. Hahaha.. amazing... :D

Kebanyakan orang ber gol. darah AB mengaku / menyatakan tidak merokok, tidak menggunakan obat2an terlarang, dan hanya minum pada kesempatan tertentu.. 

--> gw sendiri sama sekali ga ngerokok, ngobat, atau minum alkohol.. hehe..

Survey kedua hasilnya:
Isu-isu kesehatan yang paling umum dijumpai orang2 ber gol. darah AB adalah : memori yang buruk, masalah pencernaan, dan alergi.

--> haha.. gw sering lupa...

Survey ketiga:
91% peserta melaporkan setia dalam hubungan romantis mereka. 68% melaporkan mengalami masalah kepercayaan dalam hubungan. Banyak jumlah peserta melaporkan lebih suka makanan pedas daripada manis, asin atau asam.

--> survey yang ketiga emang rada aneh.. hubungan romantis dicampur sama makanan kesukaan.. :hammer:
tapi emang bener.. gw suka makan yang pedes2.. makan indomie cabe rawitnya minimal 10.. hihi..

kartun lucu mengenai perbandingan gol darah:

Blood Types Reactions on a Desert Island





------------------------------------------------------------------
AB Observations 



---------------------------------------------------------------------------------
Blood Types and Anger Management




 ----------------------------------------------------------------------
Blood Types and Tongues Lip




 ------------------------------------------------------------------
Blood Type reactions to Flattery





---------------------------------------------------------------------------------
AB and the Flu









 -----------------------------------------------------------------------
Blood Types with 10 Million Dollars





 -------------------------------------------------------------------

Each Blood Types Reactions when given a bowl of marshmallows :)








---------------------------------------------------------------------------------






----------------------------------------------------------------------------------







 --------------------------------------------------------------------------------------------




-----------------------------------------------------------------------------------





-----------------------------------------------------------------------------------





-----------------------------------------------------------------------------------------








------------------------------------------------------------------------------------------

dan beginilah karakter AB... sering dianggap aneh, kritis, ga suka orang lain masuk ke wilayah pribadinya (teritorial), suka tidur, rada sensitif, benci banget kalo dikhianatin atau ditipu... haha.. :D

















sumber: 
http://www.blood.co.uk/about-blood/blood-group-basics/
https://www.facebook.com/BloodtypeAB
http://www.lisashea.com/lisabase/biology/art14442.html

14 komentar:

  1. Kereen lengkap banget
    :))
    Salam kenal aku juga ab ;)

    BalasHapus
  2. salam kenal juga..

    sama2 AB.. toss.. :D

    BalasHapus
  3. gue juga AB :D

    baru tau gue kalo AB itu unik -____-

    BalasHapus
  4. saya juga darah ab positif dari malaysia.. nanti masuk blog saya.. www.skinceritymalaysia2u.blogspot.com

    BalasHapus
  5. nomor telfon saya.. - +6 0196666929

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaykum, Terima kasih sudah sharing tentang AB

    BalasHapus