Senin, Maret 22, 2010

'Green Zone' --> listed to my favorites..



Malam akhir pekan kemarin, gw bersama anak2 kantor nonton film 'Green Zone' di Botani Square, Bogor.
Sebagai penyuka film berlatar perang (War Movie), Green Zone yang disutradarai oleh Paul Greengrass yang sebelumnya sukses dengan 'Bourne Trilogy', gw kasih nilai : cukup memuaskan..!!

Green Zone dibintangi oleh Matt Damon yang berperan sebagai 'Roy Miller', seorang kepala pada salah satu unit pasukan angkatan bersenjata Amerika Serikat yang ditugaskan untuk mencari senjata pemusnah massal (Weapons of Mass Destruction / WMD) di Irak.

Diangkat dari buku 'Imperial Life in the Emerald City: Inside Iraq's Green Zone' yang ditulis oleh seorang jurnalis The Washington Post yang bertugas di kota Baghdad, film Green Zone bercerita tentang konspirasi besar yang terjadi dibalik invasi pasukan koalisi dibawah pimpinan Amerika Serikat untuk menggulingkan pemerintahan Saddam Hussein di Irak, yang dituduh memiliki senjata pemusnah massal.

Berawal dari rasa frustasi Miller yang terus menerus mengalami kegagalan dalam mencari senjata pemusnah massal yang diyakini disembunyikan di suatu tempat, Miller akhirnya menemukan bahwa sebenarnya data intelijen yang selama ini dipakai pasukan koalisi sama sekali tidak akurat.

Dari segi cerita, dengan nuansa politik konspirasi yang cukup kental, film Green Zone yang mengkritisi kebijakan invasi AS ke Irak, benar2 sangat meyakinkan..
Gw sendiri bertanya2 apakah film ini diangkat dari kejadian yang sebenarnya.??

Alur film Green Zone sendiri terbilang cepat dan bikin gw ga bosen mengikuti jalannya cerita sampai akhir. [bahkan temen gw, Amri yang punya kebiasaan ketiduran di akhir film pun tidak menguap sedikit pun.. Hahaha...]

Sedangkan dari sisi sinematografi, scene2 pada film diambil secara dinamis dan terkesan agak kasar pergerakan kameranya. Beberapa orang mungkin mengeluh karena bikin pusing, namun hal ini buat gw ga masalah, karena justru membuat film ini lebih realistik dan seakan2 diambil dari sebuah dokumentasi perang yang sesungguhnya.

Setting kota Baghdad dan kota2 Irak lainnya juga benar2 mirip, padahal setelah gw browsing sana sini baru tau ternyata syuting film ini dilakukan di Maroko, Spanyol, dan Inggris.

Ya.. Ngga salah lagi..

Green Zone layak masuk daftar salah satu film favorit gw.. :D

2 komentar:

  1. good film emang...Green Zone...mantap banget...untuk persahabatan,,saya sudah pasang link blog sobat di blogroll "sahabat-sahabat terbaikku" di blog saya..pasang jg link blog saya ya sobat...untuk persahabatn dan untuk sarana silaturahim...

    BalasHapus
  2. sudah terpasang link-nya....

    salam persahabatan.....

    BalasHapus