Senin, Maret 29, 2010

Dari Diklat Sampai Cuankie

Hari jumat kemarin (26/3) emang bener2 hari yang panjang dan melelahkan. Hari terakhir diklat, dari pagi hingga siang diisi presentasi. Jam 2 siang, akhirnya diklat 10 hari ditutup dengan acara foto2 bersama, terus sorenya sambil packing masih disempatkan tanding perpisahan PES 2010 bareng mas Dwi (ppsdm magelang), Agus (bdk palembang), Taufiq (bdk medan), dan Rahmat (sekantor ama gw), sedangkan Amri keluar sebentar ngurus ‘sesuatu’ sama orang kepegawaian.

Sekitar jam 3-4an, temen2 yang tempat tinggalnya deket udah pada pamit pulang duluan seperti mang Jaja dan Rifki (pusdiklat bea cukai), lalu Wahyo dan Bambang (pusdiklat knpk). Kemudian giliran kami bertiga (Gw, Amri dan Rahmat) yang berangkat menuju bogor.


Berangkat dari pusdiklat pajak, slipi, sekitar jam 4.30 naik taksi ke stasiun tanah abang. Sampai stasiun, buru2 mesen 3 tiket kereta pakuan Jakarta-Bogor karena harus ngejar waktu untuk bisa sampai kampus jam 7 malem.
[gara2 kuliah MSDM absen-nya dipanggil satu2 sama dosen-nya, gw jadi ga bisa nitip absen… :@]

Kereta pakuan itu seharusnya adalah kereta eksekutif, tapi sialnya waktu kemaren gw naik ternyata AC-nya ga tau kenapa tiba2 mati. Alhasil, kereta pakuan jadi mirip kereta ekonomi yang sama2 padat bin sesak, bedanya kereta-pakuan-downgrade-tanpa-AC yang gw naikin ini lebih cepet karena ga berhenti di semua stasiun…. Dan juga lebih aman kayanya karena jarang ada copet di kereta pakuan…

Capek berdiri dari tanah abang sampai tiba di bogor, terus istirahat sambil sholat maghrib di masjid deket stasiun. setelah itu, naik angkot menuju baranangsiang. Sampai kampus, dengan barang2 bawaan mirip orang yang habis mudik lebaran menuju ‘ruang eksman 2’ yang lagi rame2nya [anjroooot, malu gilee….]

Akhirnya sebelum masuk kelas diputuskan, ‘gembolan2 besar’ kami taruh di luar dan tas yang kecil aja yang dibawa ke kelas agar tidak menambah lagi kehebohan mahasiswa dan mahasiswi yang sudah di ruangan.

Duduk paling belakang.. tulisan di papan tulis udah rada buram.. [kayanya mata gw udah minus tapi rasanya risih kalo harus pake kacamata]..

Biar ga ngantuk selama dosen mendongeng ups.. memberikan kuliah maksudnya, gw ngobrol sepanjang kuliah berlangsung sama si Adi Surya yang rada ‘gila’. Lumayan menjadi penolong nih si Adi, soalnya pas gw lagi kelaperan di kelas ditawarin makanan kecil buat mengganjal perut. Tapi sayang, makanannya ga cukup mengenyangkan karena Cuma sebiji “choki2”..
[kayanya baru pertama kali makan choki2 lagi setelah terakhir smp atau sma..]

Jam 9 malem kuliah selesai, gw misah sama anak kantor dan dilanjutkan dengan makan malam nasi goreng sosis di daerah Malabar. Warungnya sangat memprihatinkan. Lampunya pake petromak yang udah ga terang alias remang2, dan pas gw lagi makan, itu petromak tiba2 kebakar dan apinya keluar2 gitu.
[Gebleek….!! mana petromaknya digantung deket banget sama kepala gw lagi… ? T_T]

[Tapi rada ga tega juga sih ngeliat warungnya… yang jualan Ibu tua bareng anaknya yang kira2 masih SD bantuin cuciin piring..]

Habis makan, ada janji mengerjakan tugas kelompok mata kuliah sosiologi umum (sosum) di kosannya Raja. Karena si Raja belom balik kuliah, gw sama Adi nunggu di deket masjid deket kosannya Raja.
Sambil nunggu, Adi manggil tukang “bakso cuankie” yang kebetulan lewat [bakso cuankie punya ciri khas jualannya dipikul (ga pake gerobak)].

Sedangkan gw yang masih kenyang nasi goreng dan rada kurang kerjaan, iseng2 wawancarain tukang baksonya.

Gw : bang, emang bener asal kata “cuankie” itu dari “cari uang jalan kaki” ya..? [sotoy mode: on]

Tukang bakso : bukan..

Gw : ah masa.?? Ibu saya pernah nanya sendiri sama tukang bakso cuankie yang jualan di deket rumah di depok… katanya cuankie = cari uang jalan kaki..?? [ngeyel mode: on]

Tukang bakso : kayanya bukan deh…

Adi : WKWKWKWKWKW….

Gw : bentar ya.. saya cari dulu di google.. [sambil buka opera mini di hape]

Adi : nyam.. nyam.. nyam.. [lagi makan bakso]

Gw : bang, ternyata asal mulanya bakso cuankie itu bermula dari orang2 yang kerja sama orang tionghoa di bandung. Nah.. karena pendirinya udah meninggal terus anak2 buahnya yang udah mapan buka usaha bakso masing2 pake nama bosnya.. [sambil liat sumber di hape http://bandung.detik.com/read/2009/04/02/133440/1109067/675/cuankie-bandung-diduga-berawal-dari-kawasan-cibadak ]

Tukang bakso : [nyengir2 doang..]

Gw: katanya masing2 bakso cuankie punya ciri khas ya bang?? Kalo tulisan cuankienya warna merah katanya khusus buat pedagang yang keturunan purbalingga??

Tukang bakso : bos saya orang sumedang…

Gw : loh..?? menurut sumber saya, yang tulisan cuankie-nya merah orang purbalingga dan biasa mangkal di antapani dan gedebage (bandung), yang tulisannya kuning orang Garut, terus yang tulisannya hijau itu yang biasa mangkal di geger kalong…

Tukang bakso : waduh.. ga tau.. saya mah cuma kerja sama orang…

Adi : beli kaga banyak nanya… !!

Gw : kenapa ga jualan sendiri aja bang?? Ga usah ikut orang.. [sambil cuekin si Adi]

Tukang bakso : modal bikinnya mahal.. kalo ikut orang kan tinggal jualin aja… disedian tempat kontrakan juga..

Adi : sama kaya tukang sayur tuh… bosnya biasanya nyediain tempat buat tidur.. [nyamber aje nih satu]

Gw : jualan dari jam berapa bang?

Tukang bakso : tadi keluar jam 4 (sore), sekarang baru mau pulang [jam 9.30an]

Gw : oh..

Adi : berapa bang..? [sambil ngembaliin mangkok]

Tukang bakso : lima ribu..

Gw : sukses ya bang jualannya.??

Tukang bakso : [senyum2]

Ngga berapa lama abis tukang bakso cuankie pergi, Raja nongol sama Jery, dan kita berempat akhirnya langsung pergi ke kosannya Raja yang jaraknya udah deket dan ngerjain tugas sosum sampai jam 12 malem lewat dikit.

Abis itu gw pulang ke gadog, ciawi. Sampai kosan jam 1 dini hari, badan udah capek ga karuan tapi paginya mesti bangun untuk kuliah sosum jam 8. [tapi seperti biasa gw sama windra, amri, n rahmat baru dateng jam 9 ke kampus]

Fiuh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar