Minggu, Oktober 24, 2010

Warming Up @ Cilember Waterfall

Sabtu pagi ini gw jalan2 ke Curug Cilember yang terletak di kawasan Cisarua, Puncak - Jawa Barat.

Berangkat berempat dari kost-an (di Gadog) jam 8an langsung dihadang kemacetan yang biasa terjadi di kawasan puncak tiap akhir pekan. Sempet nyasar ke Curug Panjang terus muter balik ke jalan raya dan akhirnya dapet juga jalan kesananya.

Kesan awalnya, hmm.. udaranya seger.. (udah biasa sih sebenernya, karena sehari-hari kan ngantor di Gadog.. hehe), terus juga suara gemericik air dari luar cukup bikin penasaran.

Waktu mau masuk ditawarin sama calo untuk beli tiket masuk seharga 10.000 / orang, tapi karena kami menolak budaya percaloan [hehe.. :P]. akhirnya beli langsung di loket resmi seharga 12.000 / orang. (biar deh mahal dikit, yang penting ga jadi turis ilegal)

Pas masuk, tempatnya lumayan bersih, tertata rapi, dan fasilitas sih cukup memadai. Ada tempat jualan makanan (tempatnya lumayan asik), souvenir, musholla, tempat bilas, sarana outbond-nya ada juga, tempat budidaya kupu2, penginapan, dan camping ground dengan peralatan camping yang sudah disediakan dan dapat disewa atau bisa juga bawa peralatan sendiri.

Curug Cilember ini sendiri terdiri dari 7 curug / air terjun. Air terjun yang paling mudah dijangkau adalah curug 7, disini airnya jernih dan pengunjung banyak banget yang nyebur. Kami sih cuma melihat sepintas kemudian menuju ke curug 5. Jalan ke curug 5 jalanan berupa batu2 yang disusun, jadi harus berhati2 karena agak licin. Di deket curug 5 juga ada tempat buat mendirikan tenda camping, tempatnya sih ga serame curug 7 tapi orang yang dateng lumayan banyak juga.

Nah, sebagai pemanasan sebelum gw naik gunung beberapa minggu lagi dan sekalian olah raga juga, akhirnya kita putuskan untuk naik keatas ke curug tertinggi alias curug 1. Dari curug 5 nanjak keatas jalanan cukup terjal dan medan nya lumayan berat karena elevasi atau sudut kemiringan bisa sampai 45 derajat. Jadi waktu naik beberapa kali kita harus pegangan akar dan batang pohon atau batu2 besar. Apalagi jalanannya udah parah banget. udah jarang batu2 yang disusun kaya jalan mau ke curug 5, jalanan kebanyakan masih tanah.

Mungkin karena jarang yang naik keatas dan kebanyakan pengunjung juga biasanya hanya sampai curug 5 aja, makanya jalur menuju keatas jadi kurang diperhatikan oleh pengelola. Bahkan tanda arah penunjuk jalan pun ga ada.. ck..ck..ck.. (-_-)'

Sempet ke salah satu curug 3 atau 4 kami ga yakin (karena ga ada papan tulisan atau apa) terus nanjak lagi keatas dan berpapasan dengan bapak2 yang baru turun dari curug 2. Jalurnya masih tanah selebar kurang dari satu meter dengan bantuan cuma berupa bekas tapak kaki yang mungkin sengaja dibuat dan sebelahnya jalanan merupakan jurang.

Jalanan ke curug 2 bener2 seperti masuk hutan. Terdengar suara burung dan serangga bersahutan dan sempat juga menemukan jejak kaki binatang berkaki empat yang lumayan jelas, kemungkinan apa ya? macan ga mungkin deh kayanya..mungkin anjing/musang atau sejenisnya.. yang pasti binatangnya lumayan berat soalnya tapaknya agak dalem di tanah.

Beberapa kali kami istirahat karena jalanan bener2 nanjak terus2an. Dan yang parah, banyak sekali PACET.....!! (-_-)!

gw sendiri kena pacet dua biji.. yang satu di betis kanan dan yang satu lagi di pergelangan tangan kanan..

lanjut perjalanan dengan penumpang gelap pacet dua ekor yang nemplok, akhirnya sampai juga di curug 2. istirahat, cuci muka dengan air yang bikin seger, terus foto2 sebentar. Lanjut lagi nyari jalan ke Curug 1 tapi ga nemu. Sekalinya ada jalan setapak keatas, ga taunya buntu dan udah ketutup semak atau pohon2 tumbang.


Akhirnya gerimis datang dan kita sepakat untuk turun karena khawatir kalo2 hujan semakin deras maka jalan  turunnya jadi tambah sulit. Jalur tanah yang tadi bisa jadi perosotan lumpur yang super licin. Turunnya sempet nyasar masuk ke salah satu curug (ga tau curug berapa tapi beda sama yang kita udah pernah lewatin). Balik arah akhirnya nemu pertigaan dimana kami udah masang tanda berupa bambu yang kita berdiriin buat patokan arah.

Akhirnya sampai juga di curug 5. Pacet di tangan udah ga ada.. ga tau kapan lepasnya... pokoknya darah segar tau2 udah mengalir di pergelangan tangan..
sedangkan temennya yang nemplok di betis kanan, gw kasih tembakau dan disiram2 air dikit langsung ngelepas..  lagi2 darah ngalir... :o

Abis itu turun sampai curug 7 dan langsung pulang ke kosan untuk mandi + solat + makan...

lumayan deh pengalamannya..



hmm.. minggu depan ngapain lagi ya..?  hehe...  rencana sih mau nyoba paralayang tandem di puncak, tapi disaat yang sama ada upacara hari keuangan 30 oktober dari kantor..

males banget deh sabtu2 ke lapangan banteng cuma buat upacara.. harusnya satker yang di bogor kaya gini ga perlu lah ikut upacara di jakarta..

pokoknya schedule refreshing gw ga bisa diganggu gugat.. mending mah ngabur dari upacara aja kalo disuruh.. hahaha.. :D :D :D

2 komentar:

  1. akhir'aaaaaa kesampean jg liburan'a setelah sekian lama mendekam d'gunung & m'ninmbang2 mw pergi kmn akhir'a pilihan jatuh pd daerah sekitar puncak jg hahaha:D

    btw, tu poto2 yg d'cilember "serem2" banget c??? masa d'isap ma lintah mpe kyk gitu (kirain mw suicide gr2 stres huehehehe *b'canda)...cuma situ doank lg yg d'deketin lintah ckckck

    *pesan moril: klo mw jalan2 jgn lupa mandi yaa biar ga d'deketin ma lintah wkwkwkwkwkwk :D

    BalasHapus
  2. ini cuma 'pemanasan'..



    kena pacet ga sakit kok.. biasa aja.. :P

    BalasHapus