Selasa, Desember 14, 2010

Catatan Perjalanan: Gunung Cikuray 2818 Mdpl [11-12 Desember 2010]

Gunung Cikuray  terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikurai mempunyai ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede.

Jumat, 10 Desember 2010. Pukul 19.00 gw sms om anwar mengenai meeting point dan gw putuskan untuk bareng ke garut dari kp.rambutan via tol cipularang.

Pas mau jalan... eh kaos kaki yang udah disiapin dari kemaren2 malah ngilang.. ada2 aja dah.. akhirnya pake kaos kaki yang harusnya buat cadangan dan beli kaos kaki lagi di pasar ciawi..

dari Ciawi ke kp. rambutan jalan lancar.. jam 21.05 gw udah sampe . terus nemuin om anwar serta nunggu kenalan om anwar dari milis pangrango, yaitu latif, anak elektro ui tahun 2008.

Berangkat dari rambutan naik bus karunia bakti jam 22.00, terus ngetem di pasar rebo sampai jam 23.00 baru jalan. karena bus ga terlalu penuh, akhirnya gw bisa tidur di bangku paling belakang (diatas mesin) yang buat 5 orang tapi kosong.. mantap deh.. hahaha..
bus ngebut abis hingga sampai di garut jam 02.30 dini hari, kita nunggu subuh di masjid al-mubarok deket terminal guntur.

paginya sarapan dulu dan langsung naik angkot putih-abu2 jurusan cilawu. Turun di daerah patrol dimana ada papan nama smp muhammadiyah. Dari sini naik ojek melewati pemukiman penduduk dan perkebunan teh hingga sampai ke stasiun pemancar tv yang biasa dijadikan patokan para pendaki menuju puncak cikuray via jalur cilawu. ojeknya sempet ga kuat nanjak karena medan yang terjal dan berlumpur.

Sambil nunggu om budiman dari bandung yang mau ikut juga trip cikuray ini tapi ditunggu ga nongol2, akhirnya diputuskan untuk naik duluan. Kata om anwar, om budiman dikenal jalannya cepet dan pasti entar bisa nyusul.. pengalaman mendaki bareng beliau di gunung semeru katanya..

kami pun jalan duluan melewati perkebunan teh dan ladang penduduk, lalu masuk ke batas hutan dimana jalurnya agak tertutup semak yang banyak durinya T_T..

kami berjalan ditepian lembah dan jurang yang sangat dalam, menyusuri hutan dengan jalur pendakian yang lumayan berat. Jalan nanjak terus2an seperti ga ada habisnya..

apalagi kondisi beberapa kali gerimis turun sehingga jalan menjadi licin. jalurnya mirip jalur antara kandang badak menuju puncak pangrango.

jam 12.00 siang sampai di puncak bohong atau puncak bayangan. disini kami makan siang, solat dan istirahat. ga lama kemudian om budiman nyampe di puncak bayangan ini.

perjalanan dilanjut, gw dan om budiman jalan duluan dan akhirnya satu jam kemudian sampai di puncak Cikuray. Kabut sangat tebal dan mulai hujan rintik2.. setelah beberapa menit, gw dan om budiman turun ke tempat yang agak datar buat diriin tenda karena takut petir apabila camping di puncak.

baru bongkar carrier, om anwar dan latif baru sampe dan kita semua masang tenda dan istirahat. Latif sendiri ikut di tenda yang gw bawa.
sore hingga jam 9 malam tenda kami dihajar hujan deras dan badai dengan angin yang lumayan kencang.. terdengar suara seperti ombak di pantai, padahal itu suara pohon yang bergoyang hebat ditiup angin.

waktu tidur gw kaget... kayanya ada sesuatu yang berjalan diatas kaki di sleeping bag gw.. gw senter trus gw foto pake flash (karena keadaan gelap gulita)..
ternyata ada seekor tikus yang menyusup ke dalam tenda dan membawa lari plastik bekas kornet gw..

jam 04.30 pagi gw bangunin yang lain, cuaca agak mendingan. kami semua naik lagi ke puncak Cikuray dan pemandangan lumayan indah.. hamparan awan terlihat walaupun langit hanya diterangi cahaya bulan.

namun tak lama berselang kabut tebal kembali datang dan sunrise pun gagal terlihat karena ditutup awan. kemudian kami kembali ke tenda dan sarapan, lalu packing untuk turun jam 9 paginya.

perjalanan turun kabut lumayan tebal, sesekali jarak pandang mungkin hanya 3-4 meter dan harus hati2 karena kita berjalan di pinggir punggungan gunung yang disebelahnya merupakan jurang yang sangat dalam.

jam 12 siang sampai di pos pemancar, gw - om anwar - latif nunggu ojek yang di minta jemput, sedangkan om budiman bawa motor dari bandung dan dititipin pos pemancar ini..

bersih2 di deket mushola dan solat lalu perjalanan pulang kembali ke terminal guntur, gw sendirian naik bus karunia bakti yang via puncak biar bisa langsung ke kosan. sedangkan om anwar dan latif naik yang via tol cipularang.

Atas trip Cikuray ini, gw berterima kasih kepada:

- Allah SWT yang memberikan keselamatan dari berangkat sampai pulangnya
- Mama, yang udah mulai ga bawel kalo gw naik gunung... hahaha..
- temen seperjalanan : om anwar 'sembalun', latif, dan om budiman

sebenernya agak kurang puas karena pas di puncak Cikuray cuaca kurang bersahabat dan kabut sangat tebal..

InsyaAllah kalo ada kesempatan, gw akan kembali ke Cikuray ini..

Cikuray, i'll be back.. :D

thread catoper di kaskus by anwar 'sembalun' disini