Rabu, Januari 05, 2011

Catatan Perjalanan: Gunung Papandayan [28-30 Desember 2010]

gigin - bang yudi - taufan - gw - sandi
Rencananya mau pergi ke Gunung Ciremai di daerah kuningan Jawa Barat, mulai dari surat izin masuk kawasan konservasi (simaksi) Taman Nasional Gunung Ciremai udah diurus, eh beberapa hari sebelum berangkat atau tepatnya tanggal 24 Desember jalur pendakian Gunung Ciremai ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan karena cuaca buruk.

Cari2 alternatif gunung lain sempet kepikiran juga Gunung Slamet di jawa tengah, tapi sama aja ditutup juga dan cuaca lagi parah katanya. Akhirnya tujuan dibelokkan ke Garut, ke Gunung Papandayan yang tingginya 2665 Mdpl.

Gunung Papandayan merupakan gunung berapi aktif yang terakhir meletus tahun 2003, dan saat ini dalam status 'Waspada'.

Waktu menunjukkan jam 21.30 ketika gw baru aja sampe kosan di daerah Gadog, lansung packing dan beli beberapa hal yang mesti dibawa. Berangkat jam 22.30 dari kosan gw sampe Kp. Rambutan telat 30 menit dari jadwal seharusnya yaitu jam 11 malam.

Sempet nyari2 ga ketemu2 akhirnya dijemput sama si Sandi dan ternyata masih ada satu orang lagi yang belum kumpul yaitu Gigin, anak Cirebon. Gw, bang Yudi, Taufan sama Sandi ngobrol2 sampe akhirnya lewat tengah malem atau jam 12.30an si Gigin sampe di terminal. Nyari2 bus ke Garut ternyata udah ga ada. Akhirnya jam 1 pagi kami naik bus jurusan Banjar dan rencana turun di Nagreg dan dilanjut jalan ke Garut.

Dalam perjalanan, kondisi badan gw juga sebenernya ga begitu fit. Badan terasa anget dan kepala agak pusing dari siangnya. Dan ternyata yang kondisinya lagi ga enak badan ga cuma gw doang, bang Yudi juga sama. Malah lebih anget badannya dia daripada gw.

Bus berjalan sangat lambat (bener2 salah naik bus nih kita), jam 8 pagi baru sampe Nagreg. Perjalanan dilanjut sama angkot elf dan kita sempet dioper segala... bener2 capek di jalan duluan..

Sampe didaerah Cisurupan, Garut udah jam 11an nyewa mobil bak terbuka yang biasanya angkut sayur. Naik mobil bak sampe parkiran masuk Gunung Papandayan jalannya lumayan jauh, untung ga coba2 jalan kaki.

naik mobil bak terbuka

Akhirnya sampai di parkiran, kami lalu langsung ke pos pendaftaran pendakian. Disana kami cuma bayar secara sukarela kepada petugas polisi hutan dan diberi peta sampai ke pondok salada aja. Katanya kalo ga tau jalan mending ga usah ke Tegal Alun dan ke puncak..
Kami semua emang baru pertama kali ke Papandayan, jadi ga ada yang tau jalan tapi semua sepakat kalo bisa sih sampai puncak.

sandi - taufan - gigin di pos pendaftaran

Belum apa2 angin kencang bertiup menembus jaket yang gw pake.. dingin banget rasanya...
biasanya padahal kalo gw naik gunung cuma pake kaos tipis aja.. tapi disini karena medannya terbuka jadi angin yang terasa bener2 sangat kencang..

Jalan dimulai melewati jalan berbatu hingga akhirnya melewati kawah yang mengepulkan asap belerang. Beberapa kali asap belerang mengarah ke kami yang sedang berjalan. Alhasil, mata menjadi perih dan napas menjadi sesak dan batuk.

kawah belerang aktif
Jalan dengan tempo lambat, kondisi kesehatan bang Yudi kayanya makin parah. Gw sendiri masih kuat untuk jalan 1-2 jam an lagi walaupun udah kepayahan juga karena angin kenceng disini.

Sehabis melewati kawah masuk melewati kawasan yang vegetasinya terdiri dari pohon cantigi (Vaccinium Varingiaefolium) yang tidak terlalu tinggi. Dan tepatnya dipinggir jalur pendakian tepat di bawah lembah kita akhirnya mendirikan tenda karena bang Yudi udah ga kuat jalan.

Kita diriin 3 tenda. Bang Yudi sama Gigin, Taufan sama Sandi, sedangkan gw sendirian. Waktu mau buka tenda sempet bermasalah juga. Gara2 kedinginan karena angin, telapak tangan dan jari tangan gw jadi  beku (mati rasa), masang pasak tenda jadi susah.. T_T
dan gw yang terakhir diriin tenda. disaat yang lain udah didalem tenda dan gw tinggal pasang flysheet, eh ada anjing liar lewat....  nyeremin banget..

Malem di tenda angin tetap berhembus kencang, sampe2 gw teriak ke Sandi ama Taufan yang belum tidur juga : "Woy san..! Apaan Neh..! (tenda gw bener2 kaya digoyang2)...
si Sandi langsung bales: Angin jar... gw juga kena nih...
Malem2 ga ada yang berani masak buat makan karena takut mengundang anjing atau babi liar yang suka ganggu.. akhirnya cuma pada makan snack aja...

Pagi hari baru akhirnya pada masak, Gw makan ga habis karena eneg banget rasanya.. mual..
kami pun merencanakan melanjutkan perjalanan berempat aja sedangkan Bang Yudi istirahat di tenda. sebelum jalan kami packing dan barang2 dititipin ke tenda bang Yudi, sedangkan jalan cuma bawa tas kecil.

tiga tenda di pinggir jalur pendakian...
Jalan ga bawa carrier enak juga ternyata.. ga ada beban..  si Gigin walaupun bawa carrier juga isinya ga ada apa2nya.. motong jalan lewat jalur curam pun enak..

manjat coy..
Beberapa kali kami menjumpai wakamsi (warga kampung sini) yang jalan dari Pangalengan, Bandung Selatan, tembus gunung papandayan untuk sampai ke Garut... Salut buat mereka2 ini.. jalan berkilo2 meter jauhnya naik turun gunung untuk motong jalan dari Bandung ke Garut.

latar belakang : pohon cantigi di pondok salada
edelweiss lagi mekar :D
poto bareng di pondok salada
Jalur menuju pondok salada kita melewati rimbunan vegetasi. ga lama jalan kita sampai di pondok salada.

Mencari jalan kesana kemari menuju tegal alun ga nemu2... disaat yang sama kabut turun dan jarak pandang menurun.. Akhirnya diputuskan untuk kembali ke tenda bang Yudi dan turun ke bawah.
setelah bang Yudi selesai packing, sambil membawa carrier masing2 semua bergegas jalan karena cuaca semakin ga bagus..  kali ini gerimis menemani perjalanan dan kabut semakin tebal..

waktu sampai di kawah kami sempet agak nyasar karena terlalu ngambil jalan keatas.. akhirnya kita mesti turun di jalanan yang miring dan berbatu dengan asap belerang yang baunya ga enak...

Jalan terus sampe akhirnya nyampe parkiran.. tapi angin kencang masih belum berhenti.. carriernya sandi yang berat aja ditaro di bangku didepan warung kelempar ketiup angin sampe masuk comberan.. wkwkwkwk..

Singkat cerita... kami pun akhirnya pulang...  gw - sandi - taufan naik bus yang ke Kp.Rambutan, bang Yudi naik bus yang ke Lebak Bulus, sedangkan Gigin ke arah tasik untuk lanjut lagi ke Cirebon.

Atas Trip Papandayan ini gw ucapkan terima kasih kepada:
- Allah SWT yang memberikan keselamatan waktu berangkat hingga pulang
- Mama, Abang sama Ade gw di rumah
- Temen seperjalanan : Gigin, Taufan, Sandi, bang Yudi... mudah2an bisa naik gunung bareng lagi.. :D

*kata sesepuh di oanc: "keselamatan yang paling utama, puncak cuma bonus.."