Selasa, Februari 15, 2011

Kembali ke Cikuray

sunrise dari puncak gunung Cikuray
Perjalanan gw yang kedua ke Gunung Cikuray ini sebenernya bener2 mendadak. Tadinya rencana mau pergi ke Ciremai tanggal 19-20 Februari, tapi karena tanggal 19 gw ternyata  harus ikut UAS di kampus maka gw putuskan satu minggu sebelumnya untuk jalan2 ke Cikuray bareng anak2 OANC Kaskus.

Jumat jam 7 malem gw mampir ke minimarket untuk beli logistik. Jam 8 malem baru packing, makan, dan ga lupa mandi dulu di rumah. Jam 21.30 berangkat dan sampai di Pasar Rebo jam 22.10 ngumpul deket halte busway sama rombongan.

Seperti perjalanan sebelumnya, kita naik bus AC Ekonomi jurusan Jakarta-Garut dan numpang istirahat sambil nunggu subuh di masjid Al-Mubarok (dekat dengan terminal Guntur). Setelah pagi, kita sarapan dan ketua rombongan, si Apoey, udah sibuk telpon sana sini nyari truk buat nganter kita yang berjumlah 20an orang ke base pendakian yaitu stasiun pemancar di kaki gunung Cikuray.

Setelah ditunggu ternyata yang dateng mobil pick up (wah.. ga bakal kuat mobil ginian mah.. dalem hati gw). Dan bener aja, baru jalan berapa kilometer mobil udah mogok. Akhirnya diutuslah dua orang, neti dan kelik,  balik ke terminal Guntur untuk nyari truk. Om Dion, Tante Ninot, dan Om Anwar duluan naik angkot ke Cilawu sedangkan yang lain tetep nunggu truk.
Truk akhirnya dateng jam 9an dan kita  pun langsung naik. Tapi ternyata truknya ga bisa langsung ke pemancar dan harus nganter barang (pupuk, beras, minyak goreng, dll) ke desa.. :hammer:. Jam 11 siang baru sampe pemancar, siap2 sebentar dan sekitar jam 12 siang langsung berangkat karena cuaca kelihatan sudah mendung.

Karena rata2 baru pertama kali ke Cikuray sedangkan senior2 OANC udah jalan duluan, otomatis di rombongan ini cuma dua orang yang tau jalan atau track pendakian. Yaitu gw yang baru kesini desember lalu dan Bang Djal, senior di kelompok Pecinta Alam Gintung, Tangerang, yang terakhir kesini 6 tahun yang lalu katanya. hehe..
Sebenernya track Cikuray lumayan jelas, cuma satu-dua titik aja yang agak bingungin dan itu juga baru kerasa agak tricky kalo turun.

Belum sampai pos 2 hujan mulai turun rintik2 hingga akhirnya berubah menjadi hujan lebat hingga sesaat sebelum puncak bayangan. Gw ama Bang Djal yang jalan paling depan putuskan untuk tetap terus mendaki di tengah hujan karena percuma nunggu hujan bisa kedinginan (hipotermia) dan juga ngejar waktu untuk sampe puncak sebelum gelap.

Perjalanan naik sebenernya ga terlalu cepet karena kita sering istirahat untuk nungguin anggota rombongan yang jalan di belakang. Sampai di puncak bayangan kita ketemu rombongan pendaki dari Cengkareng yang udah bikin tenda.
Summit Attack dari puncak bayangan ke puncak Cikuray menghabiskan waktu satu jam dan gw sampe puncak jam 6 sore di puncak. Karena habis hujan, kabut tebal pun menyelimuti puncak dan sunset ga terlihat.
Gw langsung diriin tenda, sholat, dan makan, sedangkan anggota rombongan mulai berdatangan ke puncak dan masing2 mulai mendirikan tenda.

Malam sangat dingin, apalagi gw lupa bawa balaclava (kupluk). Temperatur di jam tangan gw menunjukkan suhu 8,5 derajat celcius, dan gw sebisa mungkin merapatkan sleeping bag untuk menahan udara dingin. Pagi jam 5 alarm handphone berbunyi, langsung sholat subuh dan setelah itu foto2 sunrise di puncak Cikuray.

Jam 7 pagi gw sarapan terus bongkar tenda dan mulai packing tapi ternyata yang lain masih pada foto2.. (-_-)' . Ya udah, gw ikutan foto2 lagi sambil ngobrol2 sama anak2 yang lain. baru jam 10.15 rombongan turun.

Jalan berempat paling duluan gw ngacir aja.. cukup 2,5 jam untuk sampai ke base pemancar yang biasanya perlu waktu antara 3-4 jam.  Jam 12.45 udah sampai... :P

Jam 15.00 baru pada kumpul semua anggota rombongan sambil menunggu truk jemputan. Namun ada kabar buruk, truknya sebenernya udah lama ada di pemancar tapi mereka seenaknya aja membatalkan janji dan bilangnya mau nganter hasil panen ke pabrik dan baru bisa balik jam 7 malem.

Keknya sih Pak Supir rada diintimidasi sama tukang ojek daerah situ yang merasa lahan rezekinya diganggu sama truk tersebut. Pas ada tukang ojeknya lagi nungguin pendaki lain di pemancar, supir truk kami ga berani ngomong gitu..

Akhirnya nyari truk lain yg dapet nomer handphone-nya dari moderator OANC, Om Idos. Truk sampai jam 5 sore dan langsung menuju terminal Guntur dan pulang ke Jakarta jam 8 malem. Sampai rumah jam 1 dini hari, paginya dengan kaki pegel2 langsung berangkat kerja.. :0    (-_-)'

Atas trip ini gw berterima kasih kepada:
1. Allah SWT yang memberikan keselamatan berangkat dan pulangnya
2. Mama yang udah ngijinin
3. Apoeiy sebagai koordinator (yang ngajak jalan)
4. temen2 OANC yang ga bisa gw sebutin satu2 (banyak soalnya.. hehe)

meskipun baru pertama kali ketemu dan belum kenal tapi pendakian ini bener2 gw merasakan kebersamaan dari temen2 OANC..

We went as strangers, and we came home as brothers...