Minggu, Februari 06, 2011

Cukup Menyeramkan Untuk Sebuah Film Kartun

Agak aneh memang, setelah postingan saya sebelumnya ngomongin dunia militer, dan sekarang saya malah ngomongin film kartun. hahaha.. :D (that's me), Tapi ini bukan sembarang film kartun, ini film kartun bergenre horor.. hehe..

Umumnya orang mempersepsikan sebuah film kartun atau animasi merupakan jenis film khusus untuk anak kecil, dengan cerita yang lucu dan sederhana, penuh warna-warni yang menarik, dan lain sebagainya.

Walau begitu, sebenenarnya ada juga beberapa film kartun/animasi yang menurut saya agak terlalu menyeramkan untuk ukuran anak-anak atau setidaknya diperlukan bimbingan orang tua untuk menontonnya.
Dari sekian banyak film kartun/animasi horor yang ada, saya akan ambil 3 contoh film kartun/animasi horor yang ceritanya bagus, pernah dapet penghargaan (award winning movies), dan juga punya rating yang cukup bagus dari kritikus film dan juga penontonnya..  


1. Coraline (2009)

Cerita berawal ketika Coraline dan keluarganya pindah ke sebuah rumah tua. Ayah dan ibunya yang sibuk bekerja di rumah sebagai seorang penulis membuat Coraline merasa sama sekali tidak diacuhkan dan sangat bosan. Hingga suatu ketika Coraline menemukan sebuah pintu rahasia dimana didalamnya terdapat dunia paralel yang mirip dengan dunia nyata, bedanya di dunia paralel tersebut semua orang memiliki mata yang terbuat dari kancing (seperti boneka).

Pada awalnya di dunia paralel ini semuanya terlihat lebih menarik bagi Coraline. Ayah dan Ibu Coraline di dunia paralel sangat perhatian dan sangat menyenangkan. Namun itu semua ternyata hanyalah sebuah jebakan yang dibuat oleh Beldam, penyihir jahat yang suka memakan jiwa anak kecil. Coraline pun berusaha kembali ke dunia nyata dan membantu membebaskan arwah-arwah anak kecil yang terperangkap di dalam dunia paralel tersebut.

--------
Trailer Coraline (2009)

--------

Film ini diangkat dari buku yang berjudul sama yang ditulis Neil Gaiman tahun 2002 dan mendapat penghargaan novel terbaik atau best novella dari Hugo Award dan Nebula Award tahun 2003, serta mendapat penghargaan Bram Stoker Award for Best Work for Young Readers 2002 untuk cerita horor.


Film Coraline disutradarai oleh Henry Selick yang pernah sukses dengan film animasi bertema 'gloomy' juga sebelumnya, 'The Nightmare Before Christmast' (1993)..

Suara Coraline dalam film ini diisi oleh Dakota Fanning, sedangkan Ibu Coraline suaranya diisi oleh Teri Hatcher. Keduanya merupakan aktris papan atas Hollywood.

Di situs database film (imdb.com) Coraline mendapat rating 7,8 , sedangkan di Metacritic.com mendapat rating 8,0. Film Coraline menang di 6 Penghargaan dan 23 kali mendapat nominasi. Menang penghargaan diantaranya dari San Fransisco Film Critics Circle sebagai Best Animated Feature 2010 dan BAFTA children Award sebagai Best Feature film 2009. Selain itu juga masuk nominasi Best Animated Feature Film of the Year 2010 Academy Awards / Oscar.




2. Corpse Bride (2005)

Perjodohan antara Victor Van Dort dan Victoria Everglot terancam batal ketika Victor secara tidak sengaja memasukkan sebuah cincin ke jari dari sesosok mayat pengantin ketika sedang latihan upacara pernikahan di dalam hutan. Victor dibawa ke alam orang mati sedangkan keluarganya menunggu di kediaman Victoria.

Victor dianggap kabur dan Victoria dijodohkan dengan orang lain. Mayat pengantin tersebut bersikukuh bahwa janji pernikahan yang diucapkan Victor di dalam hutan itu untuknya, sedangkan Victor sendiri ingin kembali kepada Victoria.



-------
Trailer Corpse Bride (2005)

-------

Corpse Bride (2005) disutradarai oleh Tim Burton yang terkenal dengan karya-karyanya yang cenderung 'dark, gloomy, dan juga weird'.

Bintang yang menjadi pengisi suara antara lain Johnny Depp (Victor), Emily Watson (Victoria), dan Helena Bonham Carter (Corpse Bride/Mayat Pengantin).

Corpse Bride mendapat rating 7,5 dari imdb.com dan mendapat rating 8,3 dari Metacritic.com. Corpse Bride mendapat 5 penghargaan dan 15 Nominasi, diantaranya sebagai Best Animated film 2006 dari Saturn Award (Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films, USA) dan Best  Feature 2006 dari British Animation Award, serta masuk nominasi Oscar untuk Best Animated Feature Film of the Year 2006.



3. Spirited Away (2001)

Chihiro dan keluarganya pindah ke daerah pedesaan. Ketika Ayahnya mencoba mengambil jalan pintas menuju rumah barunya, mereka justru menemukan jalan buntu. Di ujung jalan buntu tersebut terdapat sebuah terowongan kecil yang terhubung ke suatu tempat.

Tempat tersebut sangat aneh. Terdapat banyak sekali restoran dengan makanan yang sudah siap tersaji diatas meja tapi tidak ada satupun orang yang bekerja maupun tamunya. Ayah dan Ibu Chihiro dengan tidak sabar menyantap makanan yang dihidangkan sedangkan Chihiro tidak mau makan dan bersikeras untuk segera pergi. Karena tidak dipedulikan, Chihiro berjalan-jalan melihat sekitar dan bertemu anak laki-laki bernama Haku yang menyuruhnya segera pergi dari tempat tersebut.

Hari pun mulai gelap, barulah Chihiro tahu tempat itu dipenuhi arwah-arwah yang bergentayangan. Ketika Chihiro kembali, Ayah dan Ibunya berubah menjadi Babi karena memakan makanan tersebut.

Untuk kembali ke dunia dan meyelamatkan kedua orang tuanya, ia harus bekerja di tempat pemandian umum bagi para arwah, hantu dan monster yang dimiliki penyihir yang bernama Fubaba.

-------
Trailer Spirited Away

-------

Spirited Away rilis di Jepang tahun 2001, sedangkan baru tahun 2002 dirilis secara internasional. Film ini disutradarai oleh Hayao Miyazaki yang terkenal sebagai salah satu sutradara anime terbaik di Jepang dan mendapat pengakuan dan popularitas yang luas dari penikmat film internasional.

Oleh banyak penggemarnya, Spirited Away (2001) dianggap sebagai karya terbaik yang dihasilkan Hayao Miyazaki.

Penghargaan yang didapat film ini juga tidak tanggung-tanggung. Setidaknya Spirited Away (2001) mendapatkan 35 penghargaan dan 19 Nominasi. Diantaranya mendapat Oscar / Academy Awards untuk Best Animated Feature 2003, Best Animated Film 2003 Saturn Award, Best Film 2002 dari Japanesse Academy Award, Best Film not in the English Language 2004 dari BAFTA award, Best Animated Feature 2003 dari Critics Choice Award.

Metacritic.com memberikan rating 9,4, sedangkan di situs imdb.com, Spirited Away (2001) mendapat rating 8,6 dan masuk jajaran top250 film terbaik sepanjang masa urutan 48, serta runner up film animasi terbaik sepanjang masa dibawah Toy Story 3 sebagai juara.

Itulah tiga film kartun horror pilihan saya...  yang belum nonton, ayo coba ditonton.. 

7 komentar:

  1. coraline pa caroline c? tu film yg ortu paralel'a adalah boneka b'mata kancing kan?...yg 2 (caroline ma corps bride) gw ud nonton tp yg terakhir blm :D

    kartun ghost school jg serem (sistem'a film b'seri c hehehe)

    BalasHapus
  2. coraline lah... salah nonton film kali tuh..

    BalasHapus
  3. yg tentang boneka b'mata kancing bukan?

    BalasHapus
  4. iya Coraline, bukan Caroline...

    BalasHapus
  5. mmm.., ku sich dah nnton yg
    "corpse bride"

    BalasHapus
  6. @anonim: ayo coba ditonton yang coraline.. :D

    BalasHapus
  7. jadi penasaran nih pengen nonton yg Spirited Away..

    BalasHapus