Sabtu, Oktober 29, 2011

Mengenal Hewan Terbesar di Dunia Secara Interaktif di Website National Geographic


Bagi yang suka baca2 mengenai kehidupan fauna, kalo ada waktu senggang, coba deh berkunjung ke http://animals.nationalgeographic.com/animals/blue-whale-interactive/#

Di halaman situs National Geographic tersebut disediakan sarana pembelajaran mengenai Paus Biru yang ditampilkan secara interaktif dan sangat menarik.

Paus Biru atau Balaenoptera musculus merupakan mamalia laut yang dipercaya sebagai hewan terbesar yang pernah hidup di planet bumi.

Pertama kita buka halaman nya akan seperti ini:


setelah itu klik di box 'Dive in' dan tunggu sebentar untuk loading datanya..

kemudian akan tampil bagian menu tab bagian atas yang menampilkan sebagai berikut:

1. Compare
Di menu ini kita bisa membandingkan ukuran panjang dan bobot paus biru dengan beberapa makhluk hidup lainnya dan juga benda2 sebagai pembanding.

panjang Paus Biru (30 meter) sama dengan panjang tiga tank M1 Abram (@ 9 meter)

Sebagai pembanding ukuran panjang Paus Biru diantaranya: Humpback Whale (Paus Bongkok), Tank M1 Abrams, Triceratops, Manusia, Hiu Putih, Bus Sekolah, Pesawat Ulang Alik atau Space Shuttle, dan Lapangan Basket.

sedangkan untuk pembanding berat diantaranya ada Tank Abrams, Paus Bongkok, Tyrannosaurus Rex (T-Rex), Manusia, Hiu Putih, Gajah, Bus Sekolah, dan Pesawat.

berat Paus Biru (181 metrik Ton) sama dengan berat 40 ekor gajah


2. Anatomy
Di menu ini akan dijelaskan mengenai anatomi tubuh paus biru. Caranya kita tinggal klik aja bagian tubuh yang ingin diketahui, setelah itu akan muncul box penjelasan.

contohnya kalo kita klik di 'Lungs' maka akan muncul box penjelasan mengenai paru-paru dari paus biru.

isinya: Blue whales spend almost all of their lives underwater and surface for only seconds at a time to fill their huge lungs. With each massive breath through its blowhole, the whale exchanges 80 to 90 percent of the air in its lungs—in contrast, humans exchange only about 10 to 15 percent of their air.

terjemahan bebasnya: 'paus biru menghabiskan hampir seluruh hidupnya dibawah air dan ke permukaan hanya beberapa detik pada saat tertentu untuk mengisi penuh paru-parunya yang besar. Dengan tarikan napas yang besar melalui lubang semburnya, paus bisa menukar 80 sampai 90 persen udara di dalam paru-parunya. kontras dengan manusia yang hanya bisa menukar 10 sampai 15 persen udara.

kalo mau bantuan google translate untuk menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia bisa klik disini..

Fun Fact: besar paru-paru Paus Biru seukuran lemari
Bagian tubuh lain yang bisa dipelajari antara lain:
Blowhole (lubang sembur)
Baleen (saringan makanan)
Throat Pleats (pelisir tenggorok)
Tongue (lidah)
Eyes (mata)
Ears (telinga)
Lungs (paru-paru)
Spine (tulang belakang)
Heart (jantung)
Skin (kulit)
Tail Flukes (sirip belakang)
Calf (anak paus)


3. Behavior
Di menu Behavior kita bisa mempelajari perilaku paus biru. Perilaku makan (Feeding) contohnya, ilmuwan menggunakan alat akustik khusus (bantuan sonar) yang ditempelkan pada tubuh paus biru sehingga bisa mendapatkan lokasi dan mengetahui perilaku makan mereka. Seperti waktu yang dibutuhkan ketika menyelam dan berapa kedalamannya untuk mencari makanan hingga muncul lagi ke permukaan untuk bernafas.

selain sub menu Feeding, juga ada sub menu Communication dimana kita bisa mendengar rekaman suara paus biru di alam bebas, Migration (peta migrasi paus biru), dan ada sub menu Reproduction yang menampilkan juga video ilustrasi kelahiran bayi paus biru. 

perilaku makan Paus Biru

rekaman suara paus biru

4. Threats
Di menu ini akan dijelaskan mengenai ancaman yang dihadapi oleh paus biru saat ini, yaitu diantaranya: Ship Strike (sambaran kapal), Whaling (perburuan paus), Noise & Sonar (Kebisingan & Gangguan Sonar), dan Pollution & Habitat (Polusi dan Habitat).

Ship strikes are a primary threat to blue whales. In September 2007, at least three blue whales were killed by ship strikes in the Santa Barbara Channel off Southern California— an alarming number considering scientists expect just one death every few years.

terjemahan bebas: Sambaran kapal merupakan ancaman utama yang dihadapi oleh paus biru. Pada bulan September 2007, setidaknya ada tiga paus biru yang tewas akibat sambaran kapal di Selat Santa Barbara, di lepas bagian selatan California. Jumlah yang mengkhawatirkan mengingat para ilmuwan memperkirakan hanya satu kematian setiap tahunnya.

kapal-kapal besar sebagai ancaman utama paus biru

perburuan paus
Pre-whaling, it's estimated that there were more than 250,000 blue whales around the world. But between the 1860s and the 1960s, 90 percent were killed. Today, it's believed that there are around 10,000 to 25,000 blue whales on the planet.

At first, blue whales were able to evade early whaling efforts. But the invention of an exploding harpoon gun, along with other technological advances, allowed whalers to successfully take down the giant whales. A single blue whale could yield up to 120 barrels of whale oil, which was used in lamps and for making candles, among other uses. The slaughter peaked in the 1930-31 season, when nearly 30,000 whales were killed.

terjemahan bebas: Masa sebelum perburuan, diperkirakan ada lebih dari 250.000 ekor paus biru di seluruh dunia. Tetapi antara tahun 1860an hingga 1960an, 90 persen nya terbunuh. Saat ini, dipercaya bahwa hanya 10.000 hingga 25.000 ekor paus biru di planet bumi.
Awalnya, paus biru sanggup untuk menghindari usaha perburuan. Namun penemuan senjata tombak (harpoon) yang dapat meledak, dan sejalan dengan kemajuan teknologi lainnya, memungkinkan pemburu paus dengan sukses menangkap paus raksasa. Seekor paus biru dapat menghasilkan 120 barel minyak paus, yang digunakan untuk penerangan, membuat lilin, dan penggunaan lainnya. Pembantaian memuncak pada musim 1930-31, dimana 30.000 paus terbunuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar