Selasa, Januari 10, 2012

Futsal dan Kaki Terkilir


Mens sana in corpore sano alias didalam 'tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat'.. haha.. kedengeran klise dan jadul banget pepatah dari bahasa latin ini, tapi emang bener adanya seperti itu.

Dengan berolahraga kita bisa menyehatkan badan sekaligus juga menyegarkan pikiran. Main futsal contohnya, lari2, capek2 sambil bercanda2 jadi seru juga dan cukup ngilangin stres.

Di kantor gw sendiri setiap jumat pagi biasanya suka diadain olahraga bersama. Jaman dulu sih suka ada senam gitu (tapi gw sering kabur ga ikut senam... males.. haha..) dan ada juga badminton. 

Lama2 banyak pegawai yang muda2 (kaya gw ini.. hoho. :P) yang punya inisiatif untuk adain acara main futsal buat olahraga Jumat pagi. Walaupun ga rutin tiap minggu karena kadang kekurangan pemain (ada pegawai yang tugas luar kantor) atau pun karena hujan. soalnya kita main di lapangan tenis outdoor yang jarang dipakai main tenis.. :hammer
kira2 lapangannya mirip sama dengan yg digambar diatas ini.. (btw itu gambar asal nyomot di google..)

Selain menyehatkan dan juga menyegarkan pikiran, yang namanya olah raga ya ada aja kejadian diluar keinginan seperti misalnya cidera kaya waktu gw kemarin jumat ini. Ceritanya, karena ga ada yang bersedia jadi kiper jadi gw dengan setengah terpaksa menjadi sukarelawan :hammer: untuk menjaga keamanan dibawah mistar gawang.. haha..

Beberapa saat jadi penjaga gawang alias goalkeeper, terjadi kemelut di depan gawang yang gw jaga. 2 orang striker dari tim musuh alias rahmat dan septian dapat kesempatan bola muntah di depan gawang gw. Bola gw tendang untuk menghalau tapi malah kaki gw yang kena tendangan penyerang musuh. T_T

Kaki masih belum berasa sakit.. cuma cenat cenut dikit.. kemudian karena gw bosen kebobolan terus akhirnya gantian maju.. lari kesana kemari.. nge golin 2 apa 3 gitu gw lupa.. nah, setelah pertandingan berakhir dan lagi duduk2 ngaso baru deh sakitnya mulai kerasa.


Jenis2 Terkilir


Jalan kaki sakit banget. Setiap napak pasti berasa nyeri.. akhirnya gw browsing2 penanganan kaki terkilir dan nemu bahan bacaan yang oke banget. Jadi untuk penangangan cidera keseleo atau terkilir ada yang namanya RICE atau Rest, Ice, Compression, dan Elevate.

1. Rest
Mengistirahatkan kaki yang cedera dari gerakan berlebihan yang tidak perlu dan dari gerakan menahan beban badan dengan menjejakkan kaki ke tanah. Kruk (crutches) atau bidai (splint) sangat membantu.



2. Ice
Kompres es digunakan untuk mengurangi bengkak. Dilakukan 20 menit tiap jam selama bengkak masih ada


3. Compression
Engkel dan kaki dibebat dengan bebat elastis atau stocking khusus dengan rapat tapi tidak erat. Jika bengkak menyebabkan bebat terlalu erat, harus direnggangkan secepatnya



4. Elevation

Kaki diletakkan di atas letak jantung selama 48 jam pertama. Ini dilakukan untuk meminimalisir bengkak dan memar.

Selain itu, bisa diberikan obat pereda rasa nyeri. Tentu penggunaannya harus sesuai instruksi dokter.
Cedera engkel dengan penanganan yang sesuai kebanyakan sembuh antara 2 sampai 6 minggu. Cedera yang berat memerlukan waktu yang lama sekitar 12 minggu dan memerlukan fisioterapi untuk mengembalikan kekuatan dan koordinasi otot. Tindakan bedah jarang diperlukan. Bila kita mengalami nyeri terus menerus dalam jangka waktu lama atau cedera engkel kambuhan, tindakan bedah mungkin diperlukan.

begitu kata pak dokter di blognya mengenai RICE.. http://drdjebrut.wordpress.com/2010/03/23/rice-untuk-cedera-engkel-atau-engkel-keseleo/

Gw sendiri ga bisa nerapin semuanya karena berbagai keterbatasan. Kaya misalnya karena gw ga ada es jadi dengan inisiatif gw ganti dengan air keran yang lumayan dingin dan rendem di dalem ember pake air itu.. hehe.. mau compression juga gw ga ada kain elastisnya.. ya apa boleh buat.. skip aja deh ke step selanjutnya.. :hammer:
nah kalo elevate baru gampang.. tinggal naikin kaki aja deh biar kaki ga bengkak.

Malemnya gw langsung manggil bapak tukang urut alumni cimande ke kosan. Di urut tuh sakit banget ternyata, gw baru sekali ini ngerasain diurut. Sampe tangan yang satu bejek2 bantal guling dan pegangan kasur sambil teriak2.. bentar2 bilang ke Bapaknya untuk 'pause' dulu karena ga tahan sakitnya.. hadeh.. haha..

Tapi emang mujarab banget pijatannya.. besoknya gw langsung pakai buat jalan2 ke dramaga udah bisa walaupun masih berasa nyeri sedikit. Sekarang sepertinya udah 90% sembuh dan mudah2an Jumat depan bisa main futsal lagi.. hahaha..:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar