Jumat, November 02, 2012

waspada di jalan


Tahun 90an bisa dibilang jaman2nya tawuran di daerah Jakarta dan sekitarnya, di daerah Depok dan Bogor pun sama, perkelahian antar pelajar udah hampir jadi hal yang biasa. Waktu SMP, sekolah gw sendiri sebenernya bukan sekolah negeri yang bisa dibilang suka tawuran..


sekolah yang semula namanya SMPN 1 Cimanggis, terus berubah nama jadi SLTPN 7 Depok ini lumayan masuk unggulan sih ceritanya.. Tapi nama keren SMP gw justru berbau2 radikal.. sekolah gw biasa disebut ‘ONAR’ yang merupakan kepanjangan dari ‘One AURI’. One dari angka sekolah (SMP 1) dan AURI diambil dari lokasi sekolah berada yaitu di Komplek TNI Angkatan Udara RI yang sering disingkat AURI..

Dulu kalo berangkat atau pulang sekolah emang biasanya rame2 per ‘basis’, basis ini sebutan bisa untuk daerah tempat tinggal atau bus2 trayek tertentu yang sering dinaikin (langganan). Emang lebih aman sih kalo rame2 gini, karena kita tau sendiri jalanan ga aman.. mulai dari pemalakan sampe tawuran sering banget.. tapi anak2 swasta sih biasanya yang sering tawuran..

Lulus SMP terus gw melanjutkan SMA di daerah Jakarta Timur, yaitu SMA 105 Jakarta. SMA Negeri yang biasa2 aja.. bisa dibilang bukan unggulan atau sekolah reguler.. SMA gw sendiri sebenernya aman.. anaknya baik2 aja ga pernah berantem..  cuman perjalanan gw ke sekolah sendiri melalui daerah2 rawan alias zona bahaya tawuran sekolah lain.. tetangga rumah gw, namanya Hans, dia sekolah di salah satu STM, pernah masuk rumah sakit gara2 dikeroyok.. kepalanya bocor tapi untung masih selamat.. ngeri deh..

Di daerah cibubur, cijantung, pasar rebo ada sekolah2 langganan tawuran kaya STM PGRI 9, STM Sudirman, STM Pangudi Rahayu (Parah), SPMP Pelayaran, dll. Sedangkan di daerah Depok Timur ada STM Budi Utomo (Boedoet) dan STM Ganesha, kalo di Bogor gw lupa nama sekolahnya, tapi tetep ada juga biang keributannya.. kalo diantara sekolah2 itu ulang tahun, biasanya sih sering pada jalan ke tempat musuhnya terus berantem.. emang ga separah tawurannya daerah halim, cililitan, jatinegara, atau malah daerah gunung sahari..

Beberapa kali sih ngeliat tawuran di jalan.. pernah juga gw di bus yang ga sengaja satu bus sama mereka yang lagi tawuran.. pernah bus yang gw tumpangin dikejar2 dan kacanya dilempar pake gir sepeda.. yang diincer sih anak2 STM.. tapi tetep aja ngeri kalo kena salah sasaran.. di jalanan juga kadang keliatan mereka pada nenteng2 senjata tajam.. parah ye.. tapi waktu gw SMA sendiri intensitas tawuran udah mulai menurun.. Cuma sesekali aja..

Walaupun suasana udah kondusif begitu, pernah juga sih gw terlibat semacam insiden2 kecil gitu lah.. waktu SMA karena temen2 rata2 rumahnya pada jauhan jadi seringnya gw berangkat sekolah sendiri, paling pulangnya aja yang bareng sama temen yang kebetulan jalannya searah..  bermula dari sendirian nunggu angkutan di daerah Ke’ong (Ciracas), ada preman nyamperin gw terus minta uang (malak).. umurnya sih sepertinya sepantaran, cuma keliatannya dia anak putus sekolah / udah jadi anak jalanan.

Sebenernya dikasih uang seadanya mungkin juga dia terima aja.. tapi ga tau kenapa gw waktu itu mungkin lagi ada masalah, mood juga lagi ga bagus, terus akhirnya malah gw nyolotin.. gw bilang: gak ada.! Kesel dia.. haha.. nyaris berantem tapi ngga jadi..

Sejak itu jadi kaya diincer gw kalo lewat sana..  besok2annya, siang2 ketemu lagi sama dia, hampir ribut lagi sama itu preman, tapi tangan gw langsung ditarik sama Ajeng, dulu kita pernah berangkat sekolah bareng.. padahal mungkin kalo berantem pun belum tentu gw menang, secara dari postur gw emang kurus begini.. hehe

setelah lulus, gw keknya pernah liat tuh preman jadi supir angkot.. Ga tau juga deh dia masih inget apa ngga sama gw kalo ketemu..  

kalo sekarang, di jalanan sih mesti waspada aja.. jangan sekali2 pasang muka lugu atau bingung.. walopun lo di daerah yang baru (asing) atau mungkin lagi nyari alamat.. karena dengan keluguan itu lo bisa jadi sasaran empuk atau target operasinya kriminal jalanan..  sedikit sotoy menurut gw ga masalah.. asal jangan tengil atau petantang petenteng aja.. bisa mengundang masalah juga kalo begitu.. penampilan juga yang biasa2 aja.. 

kalo misalnya emang bener2 bingung bisa nanya alamat sama polisi (kalo ada), atau pinter2 milih orang yang bisa ditanya (nah kalo ini pake insting aja milih antara orang yg kira2 baik atau ngga).. tapi kalo kitanya nanya sopan, preman2 di jalanan itu sebenernya fine2 aja lho.. namanya juga manusia, mungkin karena merasa dihargai udah diajak ngobrol walopun sekedar basa basi ringan..

gw sendiri kadang dari kosan di bogor, kalo pulang naik angkutan umum ke depok udah hampir tengah malem biasanya suka bawa pisau lipat yang biasanya gw bawa naik gunung.. sejauh ini sih aman2 aja.. tapi mudah2an ga akan pernah kepake.. mending jauhin masalah.. orang2 sekarang juga udah banyak yang ga waras, nyawa udah kaya ga ada harganya.. menghindari konfrontasi di jalanan jadi yang utama..

*stay safe
 

3 komentar:

  1. itu kenapa ada nama gw yaa? wah ga bayar royalti dl nih ke gw :p

    btw tu preman mang ngincer u yaa? gw kira dy asal ngancem gt..

    BalasHapus
  2. itu kenapa ada nama gw yaa? wah ga bayar royalti dl nih ke gw :p

    btw tu preman mang ngincer u yaa? gw kira dy asal ngancem gt..

    BalasHapus
  3. hahaha.. :P

    masih inget ya.?
    iya.. sebelum yang itu sebenernya ada kejadian2 sebelumnya..

    emang dulu juga ga pernah cerita ke siapa2 sih..

    BalasHapus