Selasa, November 06, 2012

Pain - Pleasure Paradox

Paradox bisa diartiin sebagai suatu hal yang memiliki kontradiksi atau bertolakbelakang terhadap nalar atau logika.. Jadi tadi gw secara ga sengaja nemu artikel di internet mengenai Pain and Pleasure Paradox, artikel aslinya sih The Paradox of Enjoying Pain (or How do Opioids Affect Us), contoh ekstrimnya mungkin kaya orang yang punya gangguan kejiwaan masochist.. kalo itu emang keknya parah bener kasusnya ya..

Penjelasan ilmiahnya kira2: dipercaya bahwa ada hubungan psikologis misterius antara rasa sakit dan kesenangan.. Sensasi dari rasa sakit memberitahukan kita untuk menghentikan menyakiti diri sendiri maupun untuk menghindari diri dari tindakan berbahaya, sedangkan sensasi dari rasa nikmat mendorong tindakan yang menyenangkan bagi otak dan juga bagi tubuh..

Kesembuhan dari rasa sakit tidak hanya meninggalkan perasaan normal dari rasa 'tidak sakit', tapi juga sensasi spesial kesenangan maupun kepuasan dari rasa sakit. Rasa sakit dapat mengaktifkan mekanisme internal yang tidak hanya menekan rasa sakit tapi juga menciptakan 'rasa senang', walaupun reaksi tersebut dianggap tidak normal, ada orang2 yang mencari kesenangan masochist dari rasa sakit itu sendiri.

Menarik untuk melihat lebih jauh hubungan neuro-chemical (syaraf-kimiawi) antara sensasi rasa sakit dan kesenangan. Hubungan ini ditunjukan oleh sistem hormon endorfin yang bertanggungjawab dalam menekan rasa sakit dan begitu juga dengan memberikan rasa senang. Hormon endorfin dilepaskan secara alami ke sinapsis untuk memblok sinyal rasa sakit untuk sampai ke sel syaraf berikutnya dan bagian otak yang disebut cospus striatum.

Kalo masih inget pelajaran biologi, sinapsis merupakan titik temu antara terminal akson salah satu neuron dengan neuron lain. Sinapsis pada gambar dibawah ini adalah yang berwarna ungu dan bentuknya bercabang-cabang itu. Nah dengan dibloknya sinyal rasa sakit oleh endorfin maka pesan sakit ga sampai ke sel syaraf dan otak, sehingga sakitnya jadi ga terasa.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sinapsis

Demikian halnya dengan rasa sakit, sistem syaraf melepaskan hormon endorfin untuk memonitor dan mengatur aktivitas sel syaraf (neuron) yang melepaskan hormon dopamin, suatu neurotransmiter yang merangsang pusat rasa senang di dalam otak, yang bertanggung jawab terhadap emosi dan sensasi seperti rasa nikmat/senang.

Sisi gelap/negatif dari paradoks reaksi biokimia bisa dilihat pada orang yang mengalami kecanduan obat terlarang atau penyalahgunaan narkotika seperti heroin. (jangan coba2 ya..)

Oke2 selesai pelajaran biologinya sebelom tambah bosen baca postingan ini.. hehe

Jadi ceritanya hari minggu kemaren gw abis ngalamin sedikit kecelakaan.. waktu abis maghrib gw keluar mau ke ATM, kondisi jalanan abis hujan terus gw meluncur deh pake motor.. kira2 200 meter udah mau sampe, ada mobil kijang depan gw jalannya pelan banget... otomatis gregetan kan mau nyalip..

Terus pas gw ambil kanan dan nambah akselerasi ga taunya disebelah kanan ada motor lagi parkir mau beli apaan gitu di tukang jajanan pinggir jalan.. jalanan emang rada sempit juga.. harusnya gw ngerem aja dan batalin niat nyalip..  eh emang gw ga jago bawa motor, salah perhitungan tapi gw maksain.. stangnya kesenggol dan akhirnya gubraklah..

"Makanya mas kalo bawa motor liat2", kata bapak2 yang gw senggol..  gw langsung bangun sambil bilang: maaf pak.. lanjut jalan, ga terasa taunya kaki sama tangan udah ada darah.. haha.. (btw gw pake helm waktu itu)
Sampe rumah diobatin sendiri, eh masih disuruh jemput nyokap sama nganterin om gw pulang.. padahal masih sakit dan rada trauma.. -_-'

Rasa sakit tuh sebenernya bisa kita nikmatin.. Bayangin orang yang masochist aja sampe bela2in ngelukain diri sendiri buat nyari kesenangan.. jadi cobalah sedikit mendalami peran sebagai orang yang mengidap gangguan jiwa tersebut..  sambil meringis2, kalo dibawa ketawa kan bisa ngeluarin endorfin tuh jadi mudah2an rasa sakitnya bisa ilang.. (gimana pun tetep kerasa perih sih.. haha)

bersyukur dengan merasakan sakit itu berarti kita tau sel syaraf berfungsi dengan baik dan tubuh udah bekerja secara normal.. :hammer:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar