Minggu, Februari 07, 2010

Rumah Gw Terusir Dari Cimanggis

Bermula dari keinginan untuk mengurus perpanjangan kartu tanda penduduk (KTP) yang sudah habis masa berlakunya, akhirnya menjadi tahu bahwa kota Depok baru aja membuat kebijakan pemekaran wilayah.

Dan tempat tinggal gw yang terletak di kelurahan Sukamaju Baru nantinya tidak lagi menjadi bagian dari kecamatan Cimanggis, tapi masuk wilayah kecamatan Tapos yang merupakan kecamatan baru.

Tapos.?? Kampung mana itu.??

Dari obrolan ibu2 tetangga sekitar rumah sepertinya agak sedikit kurang positif menanggapi pemekaran kecamatan di Depok ini.

menurut penuturan nyokap gw, bu RT aja ngomong: Kok jadi kaya kampung banget gini sih.? :o

Maklum nama Tapos itu identik dengan daerah kampung pelosok yang ada di wilayah Cimanggis, yang jauh dari jalan utama, yaitu Jalan Raya Bogor.

Sedangkan Cimanggis itu menurut Ibu2 lebih keren dan bergengsi daripada Tapos yang mirip nama desa tempat peternakan sapi milik Pak Harto di daerah Ciawi sana.

Tapi ada benarnya juga sih para Ibu2 gosipers ini, Cimanggis merupakan penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di kota Depok dibanding kecamatan2 lainnya.

Banyak industri yang berdiri di sepanjang Jl. Raya Bogor - Cimanggis ini, mulai dari ICI Duluxe (cat), Sanyo (elektronik), Abbott (susu), Farmhouse (sosis dll), Yanmar (Diesel), Tokai (korek api), Medifarma (obat), TOA (sound system), Glaxo Smith Kline (obat), Cognis (kimia), Pralon (pipa pvc), Eveready (batu batere), Tranka (kabel), YKK (resleting), Bayer (obat), dan banyak lagi deh kalo dihitung.


Padahal sebenernya Cimanggis sendiri itu dulunya masuk wilayah kabupaten Bogor, namun seiring pembentukan Depok yang 'naik kelas' dari sekedar kota administratif menjadi kota madya (sekarang menjadi kota mandiri), Cimanggis pun menjadi salah satu kecamatan di kota Depok.

[gosipnya pemkab Bogor sempet ga rela Cimanggis direbut Depok.. Namun karena cinta Bogor terhadap Cimanggis dianggap cuma sebatas harta (pajak/retribusi industri), maka keduanya dipisahkan dan akhirnya Depok-Cimanggis sekarang hidup bahagia.. :D :D]

inget banget nih gara2 Cimanggis masuk Depok, waktu itu smp gw berubah namanya dari SMP 1 Cimanggis menjadi SMP 7 Depok.

Anyway, berikut ini adalah pemekaran kecamatan di Kota Depok:
1. Cimanggis dipecah jadi Cimanggis dan Tapos;
2. Sukmajaya dipecah jadi Sukmajaya dan Cilodong;
3. Sawangan dipecah jadi Sawangan dan Bojongsari;
4. Limo dipecah jadi Limo dan Cinere;
5. Pancoran Mas dipecah jadi Pancoran Mas dan Cipayung Jaya;
6. Beji tidak ada pemekaran.

Untuk tahun ini pemekaran baru terbatas pada 3 kecamatan, yaitu: Cimanggis, Sawangan, dan Sukmajaya. Sedangkan kecamatan lainnya menyusul kemudian.

Menurut gw pribadi, hendaknya pemekaran wilayah ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Depok sendiri.

Kelurahan2 yang dulunya jauh dari kantor kecamatan menjadi lebih dekat. Pelayanan warga pun kiranya menjadi lebih baik karena cakupan wilayah yang tidak terlalu luas sehingga pembangunan dapat lebih merata.

Yah.. Semoga Depok Menjadi Kota Yang Lebih Baik..!! :D :D

4 komentar:

  1. kasian..akhir'a cimanggis jatuh jg k'pelukan depok, ga kuat iman tu wkwkwkwk

    tp ga ngaruh jg c lah wong rumah ane masuk'a cibubur huehehehehe...yg gw bingung, rumah situ kan masuk wil Jabar yaa tp ko' kode area tlp'a masih 021 c?

    BalasHapus
  2. karena Cimanggis daerah spesial yang dihuni orang2 pilihan..

    jadi kode area nya tetep 021 mengikuti Jakarta.. :P

    BalasHapus
  3. ihhhh...pede nian dirimu pak ;p
    hahaha

    BalasHapus
  4. wah alumni smp7 jga pa yg smp1cmgnya slm knal deh, sy jga alumni sana hehe,, wah brarti pemekarannya taun ini dah jalan ya, brarti rumah ane d sukamaju baru dah ganti jadi kecamatan tapos donk, trus ktp kode pos dll ganti jga gtu, ribet

    BalasHapus