Minggu, Februari 28, 2010

13 Hal Yang Kamu Tidak Sadari Dari Uang Dollar

Udah cape2 translate sendiri, posting di kaskus malah dikit banget reply-nya... daripada mubazir mending taro disini aja deh... ------------------------------------------------------------------------------------

Ambil selembar uang dolar dari dompetmu dan bersiaplah untuk takjub.

tahukah kamu bahwa selembar uang dolar memiliki gambar tersembunyi, bintik-bintik warna, dan simbol-simbol misterius?
dan itu cuma sebagian saja...
Apa arti dari semua huruf2 dan kata2 latin yang nampak acak?

1. Hal Dasar: Berapa sih nilai dari selembar uang dolar?

Pertanyaan yang seakan mudah, tapi jawabannya lumayan rumit. Sejak 1973, selembar uang dolar tidak memiliki nilai yang mengikat. Kamu tidak akan bisa menukarkan selembar uang dolar kepada pemerintah dengan emas, perak, atau komoditas lainnya. Nilai dari mata uang nasional Amerika ini berhubungan dengan ketetapan pemerintah AS bahwa selembar uang dolar merupakan alat pembayaran yang sah untuk membayar segala kewajiban/utang. Hal ini berarti jika seseorang mencoba untuk membayar hutangnya dengan dolar, orang yang dibayar wajib menerima uang tersebut atau hukum tidak lagi mengakui hutangnya. Ini cukup penting mengingat kalimat ini dicetak pada setiap uang dolar yang dibuat pemerintah AS.

Ini juga menjadi sangat penting bagi setiap warga negara AS untuk menyetujui bahwa selembar uang dolar memiliki nilai. jika sekelompok masyarakat memutuskan bahwa mereka tidak mempercayai nilai tukar tersebut, dolar dengan cepat akan menjadi tidak lebih bernilai dari selembar kertas yang dicetak diatasnya. Untuk setiap cetakan, selembar uang kertas pemerintah mengeluarkan biaya sebesar 6.4 cent.


2. Jenis kertas apa yang digunakan untuk membuat uang kertas?

Uang kertas terbuat dari campuran linen dan katun, yang mana tidak akan robek apabila dicuci seperti halnya kertas. Jika kamu melihat lebih dekat, kamu bisa melihat serat sutra berwarna merah dan biru yang terjalin diseluruh uang kertas tersebut. Benang tersebut merupakan usaha untuk menghindari pemalsuan.

Petunjuk: Lihat pada bagian putih di halaman lembar uang kertas yang ada sedikit benang berwarnanya. Disana terlihat seperti kain kasa tetapi kamu tidak akan bisa menggoresnya.


3. Pada bagian depan selembar uang dolar, apa arti huruf didalam lingkaran?

Cap hitam dengan huruf besar ditengah menandakan Bank Sentral mana tempat uang kertas tersebut dikeluarkan. A = Boston, B = New York City, C = Philadelphia, D = Cleveland, E = Richmond, Va., F = Atlanta, G = Chicago, H = St. Louis, I = Minneapolis, J = Kansas City, K = Dallas, and L = San Francisco.

Huruf tersebut juga berhubungan dengan angka berwarna hitam yang diulang 4 kali pada bagian depan uang kertas. Sebagai contoh, jika kamu punya uang kertas dari Dallas dengan huruf 'K', maka nomor pada uang kertas akan tercetak 11 karena K adalah huruf kesebelas dalam alphabet.


4. Dapatkah kamu menemukan burung hantu atau laba2 kecil yang tersembunyi di depan uang kertas tersebut?

Banyak orang percaya bahwa mereka dapat melihat burung hantu kecil (beberapa menyebutkan itu laba2) disebelah angka '1' besar di bagian kanan atas dari uang kertas. Jika kamu melihat pada gambar perisai yang mengelilingi angka "1", burung hantu kecil tersebut berada di pojok kiri atas.

lebih dari mungkin, tanda2 tersebut bukanlah apa2, hanya sebuah ujung dari jaringan desain pembatas yang bervariasi. Tapi itu tidak menghentikan sejumlah orang untuk mengasosiasikan detail aneh tersebut dengan simbol Masonic, atau lebih ke hal praktis seperti upaya untuk menghindari pemalsuan.


5. Lambang kebesaran negara amerika serikat

bagian belakang yang berwarna hijau pada uang dolar menampilkan dua sisi lambang kebesaran negara amerika serikat. Bapak pendiri bangsa amerika menyetujui desain ini pada 1782. Benjamin Franklin, John Adams, dan Thomas Jefferson punya andil dalam merencanakannya. Cap tersebut memberikan makna yang mendalam terhadap nilai2 bagi negara yang baru lahir dan seperti konstitusi, memberikan hubungan langsung terhadap masa2 pembentukan negara.


6. Apa artinya 'Annuit Coeptis'?

Satu dari tiga ungkapan latin yang ada di bagian belakang uang dolar diterjemahkan menjadi "Tuhan mengasihi apa yang kita lakukan". Banyak pendiri bangsa amerika, Franklin dan George Washington diantaranya, mempercayai bahwa Tuhan-lah dibelakang kesuksesan pendirian negara amerika serikat.


7. Diatas piramid, apa arti Novus Ordo Seclorum?

Kalimat latin ini berarti "New order of the ages". Charles Thomson, pejabat negara yang terlibat dalam desain lambang kebesaran negara amerika serikat, mengajukan kalimat tersebut untuk melambangkan awal dari apa yang disebut "Era Amerika yang baru", yang mana ia mulai sebutkan sejak 1776 pada saat penandatanganan deklarasi kemerdakaan.

8. Mengapa tertulis MDCCLXXV pada bagian bawah piramid?

Huruf2 tersebut merupakan angka romawi untuk 1776. M = 1,000, D = 500, CC = 200, L = 50, XX = 20, VI = 6. ditambahkan kesemua angka tersebut dan kamu akan mendapatkan angka 1776, yaitu tahun ketika deklarasi kemerdekaan ditandatangani, dan ketika "Novus Ordo Seclorum" dimulai.


9. Mengapa disana ada gambar piramid yang belum selesai dengan mata yang menyala?

Thomson menjelaskan bahwa piramid yang kokoh sebagai simbol "kekuatan dan ketahanan". Dia tidak menjelaskan mengenai hal negara yang belum selesai tapi banyak yang percaya ini melambangkan bahwa negara amerika masih belum selesai. Piramid tersebut juga berhenti pada tingkat ke 13, yaitu jumlah daerah koloni pada awalnya.

Lambang "Mata Tuhan" adalah representasi visual dari kata 'Annuit Coeptis', dan menguatkan gagasan para pendiri negara bahwa Tuhan melihat upaya pendirian negara baru dengan kemurahan hati. Banyak para pemuka teori yang secara salah meyakini bahwa simbol mata tersebut berhubungan dengan Freemasons (kelompok rahasia yang anggotanya percaya bahwa mereka dibawah perlindungan Tuhan), namun simbol 'mata menyala' sebenarnya sudah ada jauh sebelum adanya pemikiran Freemasons. Cendekiawan telah melacak beberapa versi simbol tersebut sudah ada jauh sejak masa mesir kuno.


10. Apa arti E Pluribus Unum?

"Dari banyak menjadi satu". 13 koloni yang berbeda bersatu untuk membentuk satu negara.


11. Kenapa elang botak?

Para pendiri negara menginginkan hewan asli amerika untuk menjadi simbol negara. Pada cakarnya, elang tersebut mencengkeram panah dan dahan zaitun untuk melambangkan perang dan perdamaian.


12. Kegiatan menyenangkan yang kamu bisa lakukan dengan selembar uang dolar

Melacak uang dolar. Pergilah ke situs http://www.wheresgeorge.com dan masukkan nomor seri dari uang dolarmu. Jika dolar tersebut telah berputar cukup panjang, kamu mungkin bisa melihat kemana saja uang tersebut telah pergi.


13. Memainkan poker dengan uang dolar

masing2 dari kamu bisa mengambil selembar uang dolar dan menghitung nomor seri seperti halnya memainkan kartu remi. Buat susunan poker terbaik dan lihat siapa yang menang.


sumber: national geographic indonesia dan yahoo.com

no conspiracy theory here...  just share gan...... :D :D :D

5 komentar:

  1. kadang bosen juga liat gambar ini disambungkan dengan itu, gambar itu disambungkan dengan ini,seolah-olah punya maksud jahat di dalam gambar tsb, padahal kan belum tentu begitu, dan kita sering di cekok i dengan maksud tersebut, pdahal kita belum membuktikan sendiri

    BalasHapus
  2. hahaha...

    iya.. gw juga lama2 bosen denger teori konspirasi..

    dulu padahal seneng banget baca2 tentang itu..

    BalasHapus