Rabu, November 16, 2011

Jalan-Jalan Jogja dan Sekitarnya (Part 1)

Dalam rangka menghadiri acara pernikahan teman kantor, Amri di Magelang dan Mba Umi di Wonosobo, sekalian jalan-jalan ke Kota Yogyakarta. Jumat malam, 11 November 2011, Gw, Gunung, dan Windra berangkat naik mobil 'Diana Travel' karena kehabisan tiket kereta, sampai di Jogja jam 8 pagi langsung diantar ke Hotel Puspita.

Hotel ini sangat recommended deh buat para backpacker.. nginap semalam per orang cuma bayar 40 ribu (termasuk tambahan sarapan nasi goreng dan teh manis hangat di pagi hari). Kamarnya lumayan dengan harga segitu dan pegawainya juga ramah. Info lebih lanjut atau mau mesen kamar bisa cek disini -> http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-hotel/cheap/hotel-puspita/

Karena masih pagi dan belum bisa check in maka kami putuskan untuk nitip tas dan keluar sebentar nyari sarapan. Jalan sedikit ke kanan sekitar 30 meter dari hotel ada resto di seberang jalan namanya 'Popeye Chicken Express', beda sama resto 'Popeyes' yg di mall lho.. yang ini lokal punya dan namanya mungkin sengaja dimirip2in. haha.. Mesen nasi + ayam (dada) + es teh manis cuma 8000 rupiah ajaaa... murah banget kan..?  walaupun ukuran rada kecil tapi rasanya ga kalah sama rasa ayam di KFC.. serius..!!

makan di Popeye Chicken Express
Habis sarapan, walaupun belum pada mandi.. haha.. kami nyobain naik bus Trans Jogja cuma bayar 3000 bisa keliling kota Jogja. Tengah hari kami balik ke hotel untuk check in, masuk kamar dan mandi, tidur2an sambil browsing2 di handphone nyari2 tempat2 yang asik dikunjungi ternyata nemu acara festival jazz tahunan 'NgayogJAZZ' yang diselenggarain di daerah Kota Gede. wah.. kebetulan banget deh.. :D

Naik bus Transjogja turun di halte kehutanan, terus jalan kaki sekitar 300 meter masuk ke arah Pasar Kota Gede. Uniknya acara festival Ngayogjazz ini diselenggarakan di dalam area pasar dengan menyediakan sekitar 5 atau 6 panggung yang tersebar di penjuru pasar. Pernak pernik dekorasi seperti boneka atau orang2an sawah yang terbuat dari jerami di gantung diatas jalan ditambah hiasan ala janur yang juga terbuat dari jerami kering.

Acara mulai dari jam 2 siang sampai tengah malam ini pun gratis tiket masuk, pengunjungnya pun bener2 bervariasi mulai dari seniman, mahasiswa, bule2, turis, hingga masyarakat lokal pasar yang penasaran. Walaupun musik jazz terkesan ekslusif tapi dalam Ngayogjazz ini acaranya bener2 dikemas secara merakyat.. oke banget.. :thumbup:

sekilas acara Ngayogjazz 2011:

boneka jerami sebagai pernak pernik dekorasi

boneka jerami

makin sore pengunjung makin rame
Menjelang petang kami ditelpon mas chobin untuk dijemput dan terpaksa harus meninggalkan Kota Gede untuk menuju Wonosari, Gunung Kidul, rumahnya mas Chobin.

Dari rumah mas Chobin kita nyobain Bakmi Jowo Pak Wito di Wonosari, Gunung Kidul. Walaupun daerahnya rada sepi dari lalu lalang kendaraan tapi banyak juga pengunjungnya terlihat dari beberapa mobil yang parkir di depan warung.

Bakmi nya emang enak.. Ayam nya pake ayam kampung.. hmm.. dan yg menjadi hal baru buat gw adalah menu bakmi khas magelangan yang bakminya dicampur sama nasi goreng.. tapi tetep enak lho..

Bakmi Goreng
Bakmi Magelangan

Dari tempat bakmi, jalan2 dilanjut ke bukit indah dimana kita bisa ngeliat panorama kerlap kerlip kota Jogja di malam hari dari sebuah bukit. Tempatnya mirip2 puncak, banyak yg pacaran juga (eaaa.. jadi mupeng..  haha..)

Ngga lama kita lanjut jalan lagi ke sebuah theme park yang namanya 'Kids Fun'. Mas Chobin mau ngajakin main Go Kart malem2 disana.. Sampai sana ternyata sedang ada kejuaraan gitu.. anjrot deh jago2 bener.. semi profesional gitu deh.. Gw bilang ke mas Chobin: 'waduh mas serem amat ini mah yang main.. ane newbitol gini kalo nikungnya slip atau nyusruk keluar lintasan bisa tengsin nih.. hahaha'

Ditunggu lama sampe jam tengah 10 malem ternyata ga selesai2 kejuaraannya.. akhirnya ga jadi main Go Kart deh dan langsung meluncur ke malioboro..

Lesehan sambil makan nasi kucing dan minum Kopi Joos (Kopi yang diberi arang) di dekat Stasiun Tugu, seberang Jalan Malioboro

makan lesehan

kopi susu dikasih arang ala kopi joos jogja
Gw ga tau ya implikasinya sama kesehatan.. arang yang masih membara dimasukin ke dalam gelas kopi emang aneh.. ya tapi ngga apa2 lah sekali ini aja nyobain mumpung lagi di Jogja.. hehe..

Hampir tengah malam kami pulang kembali ke Hotel Puspita yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Malioboro, mungkin sekitar 2 atau 3 km aja..

Pagi2 kita dijemput lagi sama mas Chobin untuk jalan ke Magelang menghadiri pernikahannya Amri.

foto bareng mempelai

Amri beserta Istri

gunung - rahmat - gw - windra (boyband dari ciawi.. hahaha)

Part 1 - end

special thanks to mas Chobin yang udah nganter kemana2.. hehe..