Selasa, Maret 13, 2012

Selamat Jalan Om Sandy

perjalanan ke Gunung Ciremai bersama om Sandy

Kabar duka tiba2 datang hari sabtu malam 10 maret 2012, mengabarkan kepergian om Sandy O. Nursandy yang menurut gw cukup mengagetkan. Walaupun cuma sekali naik gunung bareng dan seringnya berkomunikasi melalui media maya di Outdoor Adventure and Nature Clubs - Kaskus dan melalui Facebook, om Sandy ini gw kenal sebagai orang yang berpengetahuan luas mengenai pendakian gunung dan sifatnya juga ramah dan rendah hati.


Sempet ngga nyangka bahwa Om Sandy meninggal karena menderita kanker hati karena sekilas gw liat beliau merupakan pendaki yang tangguh, dan memiliki fisik dan stamina yang sangat bagus untuk ukuran seusianya. Beliau hampir setiap bulan naik ke Gunung Ciremai yang terkenal punya medan sangat berat. Waktu ke Ciremai bareng aja, pas turun gunung beliau masih sanggup berlari dengan sedikit istirahat. Gw yang masih muda cukup ngos2an 'ngejar' om Sandy yang dengan lincah melewati trek panguyangan badak sampai cigowong.
 
Di kaskus sendiri, om Sandy membuka trit untuk memfasilitasi pengurusan SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) bagi temen2 OANC yang mau berkunjung ke Gunung Ciremai, dan ini pun sifatnya sukarela tanpa mengambil untung sedikitpun karena om Sandy bener2 tulus ngebantu kita2.
 
Sedikit kenangan bersama beliau diantaranya ketika di pos batu lingga, Gunung Ciremai, om Sandy menjadi imam shalat dzuhur dan ashar berjamaah kami yang muda2. Penyemangat gw ketika bener2 merasa tenaga sudah habis, kecapekan dan desperate di dalam gelapnya malam di hutan Gunung Ciremai yang berat. Dan juga ketika makan2 dan minum teh-kopi disertai obrolan hangat di sebuah warung setelah turun gunung di desa palutungan.

Ya.. Bagaimanapun urusan umur merupakan kehendak Allah SWT, kita sebagai manusia harus siap kapan saja apabila ajal menjemput.

Semoga semua amal dan ibadah beliau diterima, dan mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT.

om Sandy bener2 merupakan seorang yang cocok dijadikan panutan.

Selamat jalan om Sandy....

om Sandy di Puncak Gn. Ciremai

waktu turun gunung, gw jalan di belakang beliau

jalan melipir bibir kawah Gunung Ciremai

melipir kawah




berfoto di trek palutungan setelah tanjakan asoy.. Om Sandy - Gw - Mas Wilyarto

 credit foto beberapa hasil jepretan Abi Supiyandi (Nekomarusama)

2 komentar:

  1. trut berduka om>>>>>>>>>>>>>>>>>>> jd penasaran nih sma ciremai

    BalasHapus
  2. sama2 bro..

    ke ciremai afdolnya nyobain jalur linggarjati/linggasana gan.. maknyus deh.. hehe..

    BalasHapus