Kamis, Mei 03, 2012

Random Posting

Entahlah.. Ketika sedang banyak pikiran.. situasi dan kondisi disekeliling pun ga membuat sesuatunya menjadi lebih baik.. di saat2 kaya gini sebenernya gw lebih memilih untuk tidur.. dengan tidur otak bisa beristirahat sejenak melupakan masalah..

Kali ini ga seperti biasanya.. gw coba baca2.. tulisannya yang ga terlalu panjang sih, aslinya gw emang rada males baca tulisan yang panjang.. apalagi kalo isinya fiksi atau novel.. (gw lebih milih tidur daripada baca novel..)  lebih suka baca artikel non-fiksi.. kadang baca2 seputar lingkungan, budaya, atau sejarah di national geographic.. liat2 foto juga disana.. atau situs yang beberapa waktu terakhir sering gw kunjungi kaya jakartabeat. Lumayan sih, banyak tulisan2 bagus.. Disana orang bebas nulis apa aja.. mulai resensi musik, ide2, sampe politik dan segala macem nya..

Baru request join forum disana juga.. tapi mungkin entar gw bakal lebih banyak jadi silent reader atau sesekali ngasih comment aja.. untuk bikin tulisan disana masih ngeri euy.. entar disangka nyampah lagi.. ehmm.
tapi hey.. baru inget kalo di header blog pernah gw tulis: "feel free on my blog.." artinya di blog gw sendiri gw bebas ngapain aja.. mulai dari nulis sesuatu yang berguna atau pun sekedar nyampah.. daripada nyampah di twitter ngotor2in timeline orang, dan masih cupu juga kalo nulis artikel di jakartabeat.. jadi mending di blog sendiri..

Oke.. mulai ber random ria...

Buang Buku Panduan Wisatamu! 

Itu judul salah satu artikel yang ada di Jakartabeat yang gw baca.. tentang travelling.. ada beberapa line yang menurut gw cukup menarik sama kata2nya:


Seiring bertumbuhnya kelas menengah baru di Indonesia, traveling pun bukan menjadi hal yang asing lagi. Traveling is a new life style. Bagi beberapa orang, tingkat kekerenan seseorang bukan lagi diukur dari tempat nongkrong, tapi seberapa banyak destinasi wisata yang ia kunjungi.

Bener banget..  jadi inget, beberapa waktu yang lalu pernah diajakin sama temen ke singapura.. terus gw tanya, mau ngapain kita disana.? jalan2 aja ke universal studio, dan segala macem.. intinya sih wisata kota macam theme park, tempat perbelanjaan, sama tempat 'iconic' kaya patung duyung (mermaid) berkepala singa lambang negaranya mereka, merlion, atau landmark arsitektural seperti esplanade.

Buat orang yg suka belanja mungkin seneng ya.. tapi gw keknya kurang minat.. bukan karena apa2 juga.. emang kurang suka tempat yg terlalu rame aja.. *anyway, kampus gw sekarang aja nempel sebelahan sama mall paling gede di kota Bogor (botani square) tapi gw jarang banget kesitu.. kalo lagi ga ada perlu ya sama sekali ga ke mall.. nonton pun masuk cinema - duduk - pulang... jarang (ga pernah) nongkrong2 lama.. gramedia nya juga menurut gw di situ terlalu rame.. ga enak.. (udah bacanya gratis tapi mau yang sepi kaya di perpus...)

dan gw ga ada masalah kok kalo pada pamer profil picture fb mereka yang pake foto liburan di singapura sana.. ga bakal ngiri kok gw.. lha wong gw juga majang foto pas jalan2.. cuma beda TKPnya aja.. kalo gw di gunung palingan..


Tapi ga tau juga sih motivasi orang kan beda2.. orang yang suka naik gunung juga banyak yang suka pamer kok.. nyombongin berapa gunung yang udah didaki.? yang ngakunya pecinta alam aja kelakuannya suka ngaco.. di hutan nyoret2 papan penunjuk arah, shelter, batu, bahkan pohon pake nama organisasinya.. maksudnya apa coba.. keren gitu dikira.? banyak juga yang suka metik bunga edelweiss yang langka dan dilindungi.. beuh.. mending ga usah ke gunung sekalian deh kaya gini mah..

Jalan2 ke gunung juga bukan soal sok-sokan juga.. Mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa - Allah SWT juga ga harus masuk hutan naik ke puncak gunung.. dengan jaga alam dan lingkungan pun sebenernya udah cukup.. dan kalo mau kontemplasi atau naik gunung dengan latar belakang pemikiran idealis2 whatever atau karena yg religius2 gitu mending ga usah cerita ke orang yang ga pernah naik gunung deh..
orang awam yang ga bisa ngerti malah bisa2 entar nganggepnya sotoy atau gimana2..

bilang aja sekedar olahraga sekaligus ngilangin stres.. selesai..
lebih dari itu cukup kita sendiri aja yang tau.. iya ngga.? ;)

jadi intinya mau jalan2 kemana pun terserah lo.. yang penting bisa jaga diri dan jaga lingkungan.. keren ga keren subyektif banget.. dan mending ga usah terlalu dipikirin.. kecuali lo menganggap prestise itu masalah yang penting atau menunjukkan ke-eksis-an lo dalam komunitas atau per'gaul'an..

btw, tadinya tahun ini ada rencana mau ke gunung rinjani, tapi setelah dipikir2 ulang.. keknya gw selama ini rada egois deh.. mentang2 udah mandiri tapi jalan2 sendirian melulu..

mikir2 ngajak jalan2 ade gw keknya seru juga.. tapi mungkin ngga ke gunung juga sih.. backpacker kemana gitu.. atau bisa juga ngajak nyokap sekalian..

ade gw waktu masih bayi..

Ade gw ini lahir di waktu yang ga tepat sih.. jadi ga ngerasain apa yang gw rasain waktu kecil.. beda 8 tahun sama gw..

pas gw kecil liburan sekolah udah pasti pergi2 kemana2.. ke dufan sampe bosen.. gw pun masih inget waktu jaman dulu ke Sulawesi.. kebetulan dulu bokap kerja di perusahaan kontraktor yang ada tugas bikin saluran irigasi di daerah sana..

liburan sekolah gw jalan2 kesana.. tinggal di sebuah rumah gede yang dijadiin mess kantor di daerah panakukang.. jalan2 ke benteng somba opu (peninggalan kerajaan Gowa atau Bugis kurang inget).. ke kota Sopeng yang dipenuhi jutaan kalelawar yang bergelantungan diatas pohon.. dll

dulu waktu kecil masih ga ngerti ngapain di Toraja..?  di uparaca kematian gitu banyak kerbau disembelih.. kerbau nya juga bukan sembarang kerbau.. tapi kerbau bule.. ukurannya gede banget, warnanya kaya albino dan katanya harganya juga mahal banget.. yang ada gw ketakutan ngeliat mayat kerbau dimana2.. -_-

apalagi di tempat kuburan batu.. jadi cara orang sana menguburkan jenazah itu dengan dimasukan ke lubang yang ada di tebing2 batu yang tinggi. dan kata orang kantor yang ngajakin kita jalan2.. tau ngga gimana caranya masukin jenazahnya.? dia bilang mayatnya jalan sendiri keatas.. -_-

sedangkan jenazah yang masih bayi kuburannya di batang pohon raksasa.. kayunya dilubangin dan mayatnya dimasukin kedalem pohon.. 

jadi menurut gw yang waktu itu masih kecil.. jalan2 ke Toraja itu = horor..

liat sendiri deh muka gw yang keliatan ketakutan. -_-

sama abang gw di benteng somba opu..  yup, abang gw yg pake kaos kaki panjang sebelah..

yang kiri om gw sama anaknya (sepupu gw berarti) - abang gw - gw - yg kanan orang kantor bokap yg nganterin jalan2

Oh iya dan yang masih gw inget juga adalah pantai losari di makassar (dulu nyebutnya mah ujung pandang).. ingetnya gara2 gw pernah diajak liat ikan paus di pantai Losari..

Ikan paus.? di pantai losari.? yup.. emang ngga ada ikan paus di pantai Losari.. itu karena gw rewel ga mau makan dan maunya makan nasi goreng bikinan nenek marta (pengasuh gw) yang waktu itu padahal ga ikut ke ujung pandang.. alhasil biar diem, gw diajak makan dipinggir pantai dengan iming2 liat ikan paus.. -_-

Kalo ceritain jalan2 ke Sulawesi ini mungkin yang bikin ngiri ade gw cuma soal naik pesawatnya aja.. karena dia belom pernah naik pesawat..

kalo jalan2nya dia lebih ngiri waktu gw ceritain pernah jalan2 ke Bali.. soalnya waktu itu kita dapet nginep di hotel Bali Intercontinental yang bintang 5.. karena nyokap gw kerja di hotel Borobudur yang waktu itu masih masuk jaringan Intercontinental hotel (sekarang udah ngga..) jadi bisa nginep gratis atau diskon 50% gitu gw lupa..

ade gw pengen ngerasain nginep di hotel katanya.. emang bali intercontinental tempatnya top banget sih.. hotelnya tepat dipinggir pantai.. di belakang hotel ini langsung ke pantai jimbaran.. udah kaya pantai ekslusif aja..

jalan2nya sih standar orang2 yang ke Bali waktu itu.. kuta, sanur, tampak siring, besakih, tanah lot, ulu watu, benoa, danau batur, danau bedugul, trunyan, liat ngaben dll.. 
*btw trunyan sama horornya kaya toraja karena mayat cuma digeletakin gitu aja.. dan gw ga ikut masuk kedalem waktu itu..

tanah lot

ulu watu
 

berasa jahat juga gw kalo cerita jalan2 waktu gw kecil ke ade gw.. 
ga sempet dia ngerasain enaknya jalan2 atau liburan yang seru2 karena keadaan keburu berubah.. keluarga gw pun bermasalah..

yah pokoknya begitulah.. orang bilang hidup kaya roda..  kadang diatas kadang dibawah.. ga mungkin bisa seneng2 terus.. atau ga mungkin hidup susah terus2an.. sabar dan siap2 aja karena semua ada waktunya.. 

oke.. cukup nostalgianya..

keknya jalan2 ke gunung rinjani mau gw tunda aja tahun ini.. toh gunung ga lari kemana.. 

dan budget bisa digeser buat jalan2 ke tujuan yg lain deh.. kebetulan gw udah punya tabungan jalan2 dari tahun lalu.. nabung bulanan 250ribu sebulan pake Tabungan Rencana Mandiri (TRM) diluar alokasi dana yang buat invest...  jatuh temponya bulan juni ini pula pas banget waktunya sama ade gw liburan sekolah.. 
kalo pun masih kurang ada cadangan gaji 13 buat back up.. :D

sekarang tinggal bikin itinerary alias rencana perjalanannya nih..






2 komentar:

  1. Nyasar di blog ini pas cari tau ttg pperjalanan ke semeru. nice mas. dan ternyata masih apdet toh blognya :)

    Salam kenal, selamat merencanakan jalan2 melihat dunia :)

    BalasHapus
  2. salam kenal..

    masih update mba..

    sebenernya masih banyak tempat yang pengen dikunjungi cuma sekarang waktunya lagi terbatas jadi susah kemana2.. hehe

    makasih udah mampir.. :)

    BalasHapus