Selasa, Mei 29, 2012

Bootable Flashdisk untuk Instal Windows


Bingung mau instal windows tapi laptopnya ga ada cd-rom.? atau bingung ga punya cd windows untuk instal.?
Nah, asalkan lo punya media penyimpan seperti hardisk (hdd) eksternal atau bahkan flashdisk aja pun sebenernya bisa jadi jalan keluar dari masalah.. ya.. dengan menggunakan flash disk atau USB drive kita bisa instal windows tanpa CD atau DVD.. 

Tadinya ceritanya gini.. Suatu ketika ade gw minta dibeliin laptop, kemudian gw searching2 ke berbagai situs online, minta masukan temen, sampe orang2 di forum untuk komparasi produk.. setelah nemu akhirnya gw beli deh tuh.. dan seperti biasanya gw beli laptop itu yang kosongan alias ga ada pre-installed operating systemnya. jadi cuma ada MS Dos-nya aja.


Mau minjem cd windows punya temen kantor pada ngga ada, mau ke jambu 2 udah malem, dan laptopnya juga udah mau dipake akhirnya gw dapet cara instal windows tanpa cd atau dvd.. hehe

yang harus disiapin adalah:
- usb drive atau flashdisk minimal 2 gb untuk windows xp atau minimal 4 gb untuk windows vista atau 7
- file iso operating system-nya (windows xp/vista/7/8) - kalo mau donlot file iso windows 7 cari disini aja --> http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=90715 tinggal pilih.. :)
- software Win2Flash download disini

jadi pertama2 waktu itu gw donlot file iso windows 7 nya dulu.. 2 Gigabyte sizenya.. gilaa...  donlot pake wifi internet kantor malem2.. haha..  sayang  ya internet unlimited dipake atau ngga bayarnya sama... kalo ga dipake mubazir.. :hammer: :hammer: hahaha...

setelah nunggu cuma sejam.. beres deh tuh file 2 Gb di donlot..  *speednya dewa.. haha

btw udah tau file iso kan ya.? *buat yang belom tau gw kasih tau deh, kalo file iso itu adalah file hasil copy yang didapat dari meng-copy hasil image atau menduplikat isi CD atau DVD..  untuk membuka file .ISO ini kita perlu software seperti daemon tool / alcohol 120 / ultraISO. Dengan software itu kita bisa lakukan mounting atau membaca file .ISO dengan virtual drive (CD/DVD-Rom virtual). 
cari softwarenya di indowebster aja.. banyak..!

Kemudian buka software Win2Flashnya.. tinggal pilih dan cari path file .ISO yang tadi kita punya.. terus  pilih drive usb nya yang akan dijadiin bootable flash disk.. terus tinggal next-next.. agree.. *biasalah kaya lagi instal asal next n agree.. hehe
flashdisk yang dijadiin bootable flashdisk tadi sebaiknya datanya di back up dulu biar ga ilang...
nah kalo udah selesai jalanin softwarenya, entar flash disknya udah siap pakai.. sisa space yang ada di flashdisk pun masih bisa juga digunakan untuk nyimpen data..

Sekarang nyalain laptop.. langsung masuk ke BIOS.. kalo laptop asus atau acer biasanya tekan F2.. sedangkan HP Compaq tekan F9.. cmiiw..

pilihan first boot nya diganti dari CDROM jadi Flashdisk.. terus keluar atau exit.. biar laptopnya nge-boot ulang..

langsung deh Windows 7 nya keinstall seperti pakai CD/DVD biasa..

cara ini berguna banget kalo lo punya laptop yang ga ada CD-Rom seperti umumnya netbook2 yang dijual di pasaran sekarang ini atau kaya gw.. mau nginstall windows tapi CD/DVD installernya nya ga ada.. hehe..

btw udah lama banget ga posting tentang komputer gini.. terakhir kali dan satu2nya itu tahun 2009, waktu gw pertama kali make linux.. jaman itu masih pake Linux Mint 7 Gloria.. basis ubuntu yang udah di modifikasi sama developernya..  dulu linux gw bikin dual boot sama XP.. tapi gara2 install ulang windows, GRUBnya si linux ilang.. jadi ga bisa masuk linux.. T_T *mau ngebenerin udah males..

barusan ngecek ke home page nya linux mint udah versi 13 ternyata.. Linux Mint 'Maya'.. :hammer: :hammer:


mantepnya pake linux tuh tampilannya mirip kaya pake Mac atau IOS nya apple... enak.. *dulu megang macbook punya abang gw doang.. mau beli sendiri sayang.. mahal euy.. $_$.. hehe..



sebagai penutup gw sampaikan pesan :

jangan pake produk atau software bajakan yah.. *kecuali terpaksa... hahaha.. :Peace:





3 komentar:

  1. Mantapppbbbb, Trim infonya, coba juga ach.

    BalasHapus
  2. silahkan dicoba..

    *tapi risiko tanggung sendiri ya.

    data2 di back up dulu jangan lupa.. ok

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus