Minggu, September 02, 2012

Catatan Perjalanan: Gunung Merapi & Merbabu 20 - 22 Agustus 2012 [PART 2]



Menurut Wikipedia, Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur, Propinsi Jawa Tengah.

Gunung Merbabu dikenal melalui naskah-naskah masa pra-Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada abad ke-15. Menurut etimologi, "merbabu" berasal dari gabungan kata "meru" (gunung) dan "abu" (abu). Nama ini baru muncul pada catatan-catatan Belanda.

Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut.
Gunung Merbabu mempunyai kawasan Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.



Nah jadi melanjutkan perjalanan dari Gunung Merapi kita pagi2 langsung menuju basecamp pendakian Gunung Merbabu. Tapi karena kita bener2 ngerasain susah air di Merapi maka sebelum itu kita nyari masjid yang bisa nyediain air bersih. Hal yang menarik kita temui adalah: di bagian lereng Merapi warga sangat kesulitan air..  untuk mencuci mereka pun sangat irit2 banget menggunakannya.. gw liat Ibu2 dan anak2 pagi2 gendong jerigen besar berisi air dari sumur yg hampir kering dan dari penampungan tertentu.. tanaman yang ditanam juga mayoritas adalah tembakau yang minim penggunaan air..

Sedangkan di lereng Merbabu keadaannya berbalik 180 derajat.. disini air melimpah..  dan ternyata menurut warga yang gw tanya, desa2 di lereng Merapi supply air bersihnya juga berasal dari lereng Merbabu.. 
waktu jalan gw liat disepanjang kanan kiri ladang isi tanamannya bervariasi dan banyak dari jenis sayur2an.. sayur2an kaya brokoli, wortel, daun bawang (kucai), kembang kol, dll, yang sudah dipanen sama Ibu dan Bapak petani dicuci bersih menggunakan air yang mengalir.. malah seolah2 disini air seperti dibuang2 karena dari penampungannya sendiri airnya sampe meluber keluar..  kontras ya..

Kalo kita liat vegetasi atau juga tutupan lahan antara dua gunung tersebut emang beda.. Gunung Merapi lebih banyak gundulnya yang berasal dari efek erupsi yang cukup sering dan juga aktivitas perladangan membuat hutan di Merapi ngga begitu asri.. pohonnya pun didominasi lamtoro yang batangnya terlihat masih muda..

Sedangkan kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu sendiri sebenernya juga ga bebas dari aktivitas warga yang melakukan kegiatan bercocok tanam, namun masih ada kawasan hutan yang masih lebat dan hutannya juga masih ada pohon2 kayu yang lumayan besar seperti cemara / pinus, dan pohon barkayu besar lainnya.

back to pendakian..

dari jalan raya menuju basecamp ternyata jauh banget sodara2.. jalan menanjak dan berliku.. tanya sama warga setempat: "Nuwun Sewu Pak, Basecamp masih jauh.?" | "oh kira2 masih 2 kilo lagi mas.." | "Matur nuwun nggih Pak.."
Jalan lagi.......... ga sampe2..........
APANYA YANG 2 KILOOO.??? ZzZzz
pokoknya kalo nanya jarak sama warga itu artinya = jarak katanya dikali 3, itulah jarak sebenernya.. :hammer: 

Sampe basecamp ternyata tuan rumahnya baik banget.. kita dipersilahkan ke ruang tamu lengkap disuguhin kue lebaran di meja.. dan pas lagi ngos2an gitu si Bapak nawarin coca cola dingin gratis.. nyesss.. seger bener tenggorokan.. mau minta lagi ga mungkin euy.. malu.. hahaha.. :D

abis itu gw numpang mandi.. airnya kaya air kulkas.. dingin gilaaaak..
pas mandi tiba2 liat ada yang aneh di bak nya.. setelah diperhatiin ternyata ada ikannya tiga biji lagi asik berenang di bak mandi.. wakaka..

yang salut sama basecamp disini (dan juga di Merapi) adalah warganya yang ramah2.. dan jualannya makanannya juga bener2 murah.. kecuali jajanannya kaya minuman ringan,dll yang emang wajar agak sedikit lebih mahal karena biaya transportasinya dari kota juga lumayan jauh..

Berangkat jam 11 siang dari Basecamp masuk ke batas hutan udah deket.. awal2 jalurnya landai dan lumayan adem karena pohonnya udah tinggi2..  lama2 baru jalan mulai nanjak.. 
di ketinggian sekitar 2200-2400 mdpl juga udah keliatan ada edelweiss, mungkin lembahan disini temperaturnya cukup rendah.. di tempat yang lebih tinggian dikit malah edelweissnya banyak sehingga seperti membentuk taman yang cantik..

dari awal perjalanan, disepanjang jalurnya banyak tempat datar yang enak buat ngecamp.. pos 1 (dok malang) salah satunya.. tapi kita sih tetep lanjut jalan karena target langsung muncak.. yang bikin keki adalah pos 2 tipuan.. udah jalan jauh2 seneng liat papan penanda arah kirain udah pos 2, eh ternyata cuma ngasih tau pos 2 nya masih 1 Km lagi.. :hammer:
disini treknya ga ada mata air jadi perbekalan terakhir itu di basecamp.. beberapa kali kita nanjak menuju bukit yang seperti ga ada habisnya.. dibalik bukit ada bukit lagi dan seterusnya.. cukup bisa membuat pendaki putus asa deh pokoknya.. haha

sekitar jam setengah lima sore kita sampe pos 4 tanpa tau pos 3 nya sebelah mana.. (mungkin penandanya hilang jadi kita ga sadar udah lewatin).. pos 4 ini udah sabana.. viewnya jangan ditanya.. cakep bener..
disini kita istirahat lama untuk ngemil, solat, sama persiapan jalan malem dengan ngeluarin headlamp..

lanjut jalan sebentar trus istirahat lagi pas maghrib.. lanjut jalan lagi dengan udara yang dingin.. langit diterangi bulan dan ditambah bintang yang bertaburan.. jalurnya nanjak bukit terjal.. capek..

akhirnya jam 8 malem sampe puncak kenteng songo atau titik tertinggi di 3145 Mdpl.. disini kita liat ada pendaki lain yang ngecamp di puncak 2, puncak syarif, dan pendaki yang ada jauh dibelakang dibawah bukit.. kita ngasih kode dengan cara headlamp di mati-nyala-mati-nyala.. hehe
mereka pun bales sinyal lampu..  terus teriak hoooiii...  atau kyuuuuuuuu.....  hehe
biar gimana pun ketemu orang lain setelah berjam2 merasa sepi dihutan tuh ada rasa lega.. we're not alone afterall.. :)

karena di kenteng songo puncaknya terlalu terbuka sehingga kalo kita bikin tenda bisa dihajar angin.. akhirnya kita memutuskan ngecamp di puncak 2.. disana udah ada tenda pendaki asal Jogja dan abis itu lanjut ishoma dan tidur..

Pagi bangun..  foto2.. beres2.. makan.. packing.. terus turun sekitar jam 9 pagi lewat jalur wekas, magelang..
pas turun viewnya ajib banget.. walaupun bahaya karena kita berjalan dijalur sempit sebelahan jurang.. kalo kaki keserimpet apa kesandung jatoh kebawah bisa wassalam.. ada treknya yang pake merayap2 di bebatuan juga.. serem.. *mungkin ada baiknya sih pengelola taman nasional bisa ngasih fasilitas tali atau webbing untuk keamanan pendaki..

Gw jalan konstan dengan istirahat sesekali dan duluan nyampe bawah jam 12 siang kurang 10 menit..  
dan di basecamp ketemu Bayu sama Biyan, anak OANC yang gw pernah bareng ke Gede dan Cikuray.. :D
mereka dan rombongan baru mau naik.. 

the end..  menurut gw, Merbabu bisa dibilang masuk salah satu dari beberapa yang paling indah yang pernah gw kunjungi..

sampai jumpa di trip2 berikutnya..

atas trip ini gw ucapin terima kasih kepada: Allah SWT atas keselamatan yang diberikan.., Mama dan sekeluarga semua di rumah mbah.., mas wilyarto (temen seperjalanan), Bapak dan Ibu di basecamp, warga setempat yang ramah2, kaskus oanc (referensi catper)..

poto2.:

basecamp Selo, Boyolali


peta jalur Merbabu via Selo, Boyolali


peta jalur Merbabu via Wekas, Magelang


masuk batas hutan via Selo


hutan di awal2 pendakian.. makin kedalam hutan makin lebat..


mas wil lagi mengabadikan gambar


sabana dan taman edelweiss


gumpalan awan.. mirip kapas atau gulali ya.. hehe


gunung Merapi menyembul diatas awan..


pos 4 sabana..  pitstop..


sabanaaa..


sabanaa.. lagee..


menjelang petang


cantik yah..


Merapi cakep bener diliat dari Merbabu


puncak merapi kemerahan waktu menjelang petang


puncak Kenteng Songo 3145 Mdpl..


tenda eiger storm1 gw sebelah kanan, yang kiri tenda punya mas wil


cakep kan..  hihi


ini yang terkenal..  trek jembatan setan..


berbukit-bukit..


seger deh mata nya..


ketemu Bayu, Biyan, dan rombongannya yang mau naik..

2 komentar:

  1. Mas.. estimasi biaya ke2 gunung tsb berapa ya kira-kira? Dari jakarta kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maap baru liat.. waktu itu saya dari banjarnegara karena sekalian mudik ke rumah kakek..

      kalo dari jakarta bisa naik bus ke boyolali, atau naik kereta/pesawat ke jogja/solo..

      kalo naik bus kisaran 150-200 ribu.. kereta antara 100-350 ribu tergantung kelasnya..

      waktu itu dari Boyolali saya naik bus ukuran kecil (mirip kopaja/metromini) jurusan Boyolali - Cepogo - Selo bayar 10 ribu (tahun 2012)
      skrg mungkin udah naik ya..

      Hapus