Sabtu, Maret 28, 2015

Ciwalen Canopy Trail - Taman Nasional Gunung Gede Pangrango


Bagi kamu yang tinggal di daerah Jabodetabek atau Bandung, dan suka kegiatan outdoor, berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) di kawasan Cianjur, Jawa Barat, mungkin sudah menjadi hal yang biasa ya.. 
Gunung Gede - Pangrango selain memang aksesnya cukup mudah, kawasan Taman Nasional ini juga mempunyai banyak obyek wisata seperti trek pendakian, kebun raya dan air terjun. 

 Kali ini gw bahas satu lagi spot menarik di TNGGP, yaitu 'Ciwalen Canopy Trail'. Ciwalen Canopy Trail merupakan trek/jalur perjalanan yang mengarah ke air terjun Ciwalen di dalam kawasan TNGGP.. air terjun Ciwalen sendiri belum begitu populer di kalangan pengunjung yang biasanya ke air terjun Cibereum.. kenapa ada embel2 'Canopy'? nah ini yang bikin jalurnya jadi menarik.. karena ada jembatan gantung sepanjang 130 meter yang dipasang diatas pohon.. seru kan? :P 

kalo biasanya kita berjalan di trek dengan pemandangan pohon menjulang keatas, kali ini kita jalan di jembatan gantung yang berada 40 meter dari atas permukaan tanah dan dipasang di 4 pohon Rasamala (Altingia excelsa) dengan diameter rata-rata 1,2 meter .. sensasinya? jembatan yg sedikit mengayun ketika menahan beban orang bakal bikin kamu yang punya phobia ketinggian jadi gemeter atau keringet dingin.. haha.. 


untuk jalan di jembatan juga dibatasi jumlahnya maksimal 5 orang per sekali lewat.. waktu itu cuma berdua, gw sama guide-nya kang Asep (kalo ga salah inget namanya), itu aja goyangan jembatannya udah berasa.. dari atas Canopy, selain melihat pemandangan vegetasi hutan hujan, kita juga bisa ngeliat burung2 maupun primata dari spesies lutung, owa jawa, dan surili di TNGGP..

Menurut kang Asep (petugas dari TNGGP) Ciwalen Canopy Trail yang pembuatannya disponsori pemerintah Jepang ini baru dibuka untuk umum sejak tahun 2014. Sebelumnya Canopy Trail yang diresmikan tahun 2011 oleh Menteri Kehutanan saat itu, Pak Zulkifli Hasan, hanya digunakan oleh kalangan tertentu seperti mahasiswa dan peneliti yang melakukan observasi hewan dan tanaman di kawasan TNGGP. 


Mungkin sebagian dari kamu bertanya2.. Canopy Trailnya sebelah manaaaa? hehe.. 

sebenernya gampang.. dari pos registrasi Taman Nasional Cibodas, jalurnya ke sebelah kiri (kalo lurus ke arah jalur pendakian / air terjun Cibereum).. jaraknya juga ga terlalu jauh.. cuma 800 meter aja.. tapi hati-hati karena jalurnya licin banyak lumut.. waktu terakhir gw kesana bulan Desember kemarin juga sepertinya sedang ada proyek penataan kawasan air terjun Ciwalen.. jadi ada gedung auditorium kecil buat tur ilmiah dan juga ngerapihin area deket air terjunnya.. 

btw pesen gw waktu di pos registrasi hati2 sama oknum TNGGP yang nembak harga pungutan liar (pungli).. jadi waktu itu gw sempet kena harga tiket 50ribu termasuk guide-nya sama Bapak2 (bukan petugas resmi) yg jaga di depan pos, tapi gw akhirnya ke loket dan liat tabel rincian tarif masuk kawasan TNGGP sesuai PP No.12 Tahun 2014, dan disitu tertera kalo Canopywalk tiketnya 25ribu + asuransi seribu.. haha.. akhirnya gw bayar segitu dan tetep ditemenin guide karena canopy trailnya digembok petugas dan ga boleh jalan sendiri.. :P

tarif masuk kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

batu licin banyak lumut

kang Asep sebagai kuncen membuka gembok :))

banyak daun2 kering.. lupa belom disapu.. :p

sok cool padahal gemeter.. :))

yg kiri papan proyek penataan kawasan air terjun Ciwalen

air terjun Ciwalen.. ga tinggi tapi airnya jernih.. tengahnya ada pohon tumbang..

pose diatas pohon tumbang..

credit to Kang Asep dari TNGGP

air terjun Ciwalen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar