Sabtu, Mei 16, 2015

Ciremai Trip via Apuy - Palutungan



Tanggal 2 Mei lalu jadi kesempatan kedua ke Gunung Ciremai.. kali ini opsi hiking tanpa ngecamp atau tektok naik pagi dari jalur Apuy (Majalengka) dan turun sore lewat jalur Palutungan (Kuningan).. dulu pertama kesini bareng almarhum Om Sandi lewat jalur Linggasana (Linggarjati), catatan perjalanannya : http://fajarprasetyo.blogspot.com/2011/04/catatan-perjalanan-gunung-ciremai-9-10.html .

Peraturan baru di Taman Nasional Gunung Ciremai, untuk simaksi atau tiket izin masuk kawasan konservasi jadi 50 ribu per orang.. rinciannya sih tiket masuk & asuransi + jasa pelayanan wisata alam (entah ini apa maksudnya.. haha) + welcome drink & snack (padahal cuma teh manis dan gorengan.. xD) + makan siang (menunya nasi, telur dadar, sayur) + trash bag (kantong kresek) + peduli lingkungan (ini juga ga tau buat apa.. haha)..


mungkin ini salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi buat penduduk sekitar ya.. atau mungkin juga salah satu langkah kontrol jumlah pendaki yang masuk, karena kita tau sendiri sekarang hiking lagi ngetren jadinya banyak yg wawasan lingkungannya kurang suka buang sampah sembarangan di gunung.

oh iya pos pendaftaran simaksi sekarang sebutannya Pos Bumi Perkemahan Berod, dari basecamp yang lama kalo jalan kaki lumayan jauh, sekitar 45 menit atau 1 jam jalan kaki.. ada juga mobil pick up atau ojek yg standby.. kebetulan gw sama mas wil jalan kaki abis solat subuh.. udara masih seger..

berangkat dari Pos 1 Berod jam 7.30.. sampai puncak jam 13.30 atau sekitar 6 jam perjalanan.. sebenernya bisa di push jadi 5 jam kalo ngurangin istirahat yg kelamaan atau waktu nunggu.. tapi ini kondisi ngga full carrier / pake tas gede ya.. gw cuma bawa daypack dengan bawaan secukupnya.. cukup ringan.. seminggu sebelumnya gw pemanasan ke gunung Munara di daerah Ciseeng Bogor juga sih sama Ata.. tapi keknya lebih tepat kalo disebut bukit karena Munara cuma 350 mdpl..

turunnya gw lewat jalur palutungan dengan mempertimbangkan jarak ke cirebon ga terlalu jauh karena rencana mau pulang naik kereta.. dari puncak turun jam 14.00 dan sampai pos Palutungan jam 18.30.. 4,5 jam.. perjalanan turun lewat Palutungan jalurnya lebih becek dibanding Apuy.. banyak tanah nempel di sol sepatu.. dan dari pos Cigowong ke desa Palutungan jalannya licin sekali.. banyak yg kepleset..

jadi ceritanya itu kemaren gw sampe stasiun Cirebon jam 20.50 tapi ternyata kereta udah berangkat jam 20.45 menurut petugasnya.. padahal di tiket tertera jadwal keberangkatan 20.55..
argumen petugasnya karena kita harusnya tiba di stasiun 1 jam sebelumnya untuk check in / boarding pass.. ya sudah.. tiketnya hangus..

mas Wil nunggu kereta berikutnya yang jam 1 dini hari, sedangkan gw sendiri naik angkot ke Kedaung.. pertimbangan gw kalo kereta jam segitu sampe pasar senen/jatinegara ribet juga ke Depoknya.. akhirnya gw naik bus Luragung jurusan Cirebon - Depok jam 11 malam.. sampe Pasar Rebo jam 3 pagi.. lanjut ngangkot lagi sampe rumah jam 3.30..

foto2 sebagian dari kamera hpnya mas Wil :















12 komentar:

  1. mas, klo dari st.cirebon lebih deket ke patulungan ya bukan linggar jati?
    btw, itu munara beneran sependek itu -350 mdpl-? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. dari stasiun cirebon lebih deket linggar jati dibanding palutungan

      kami milih naik via apuy - turun palutungan (bukan pulang pergi via jalur apuy) karena pertimbangan kuningan lebih deket ke cirebon dibanding majalengka.
      linggar jati sama sekali ga masuk opsi jalur naik atau turun, karena treknya ga bisa buat lari.. hehe

      iya. munara kalo saya bilang cocoknya disebut bukit.

      Hapus
  2. mas emang bisa ya naik via apuy turun di palutungan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas.. persimpangan jalurnya ada di sebelumnya goa walet.. ada petunjuknya entar.. kalo dari arah puncak, apuy ke kanan, palutungan ke kiri..

      Hapus
    2. iya maksud saya perijinan dari sana boleh naik dari apuy turun palutungan mas? soalnya saya tanggal21 ini mau kecerme via apuy turun palutungan niatnya mas, mohon info nya ya mas ..

      Hapus
  3. waduh maap mas saya telat balesnya.. bisa kok turun beda jalur.. entar di pendaftaran simaksi kita ngisi turunnya lewat mana..

    BalasHapus
  4. Mau tanya mas, kalo lewat apuy simaksinya plus dapet sertifikat gak? Soalnya kemaren temen ane leeat apuy mah ga dapet sertifikat.

    Mksh

    BalasHapus
  5. Bang mau tanya, kalo menuju basecamp Apuy dari Depok/Jakarta transportasinya gimana ya?

    BalasHapus
  6. Bang nanya dong klo dr stasiun cirebon ke basecamp apuy transportasinya bgmn ya? Dan bs tolong dirinciin harganya? Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dari Cirebon deketan ke linggarjati atau Palutungan (Kuningan)..
      dulu saya dari arah Bandung.. dari Cileunyi naik Elf ke Majalengka.. bilang aja sama supirnya turun di Apuy..

      Hapus
  7. Jawa Barat memang menyimpan banyak destinasi wisata, termasuk salah satunya adalah wisata Gunung. Gunung Ciremai menyimpan banyak pesona yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Keindahan gunung ini memang keren apalagi jika dinikmati dari atas. Bagi yang mau masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dikenakan tiket 50 ribu sesuai artikel di atas. Kalau dikata ini sesuai ya, apalagi termasuk asuransi.

    BalasHapus