Jumat, Desember 03, 2010

Mie Ayam Malabar IPB : 20 Tahun Sarapan pake Mie Ayam

kampus ipb baranangsiang
Berawal dari rasa ga nyaman dengan kantin  anak FEM kampus IPB Baranangsiang yang terlalu ramai dengan mahasiswa yang nongkrong dan  terlalu berisik (bagi gw) untuk tempat makan.

Coba2 jalan sekitar kampus untuk cari tempat makan yang lain, dan akhirnya menemukan tempat favorit juga. Yaitu warung Mie Ayam di kawasan jalan malabar, Bogor. Letak warungnya sendiri berada di deretan kios-kios kecil dekat masjid RS PMI dan dekat dengan kampus IPB Baranangsiang.

Warungnya terbilang cukup sempit, mungkin hanya seukuran 3 x 4 meter aja dan dalemnya juga bener2 sederhana. Tapi sebenernya buat gw itu ga masalah karena yang penting gw suka sama mie ayam-nya.

Kebetulan Sabtu kemarin, ketika ada jeda waktu ujian tengah semester sekitar 4 jam, gw berkesempatan berkunjung ke warung mie ayam tersebut.
Tapi kunjungan makan kali ini dengan suasana yang berbeda, karena kali ini gw ngobrol banyak dengan penjualnya yang ngaku tiap pagi selama 20 tahun terakhir selalu sarapan dengan mie ayam buatannya sendiri.

Hebat ya ususnya..? hahaha.. :D

Pagi itu jam 10 keluar kelas sehabis ujian sesi pertama langsung pergi kesana dan ternyata warung mie ayam juga baru banget buka, penjualnya pun keliatan masih sedikit menata tempat jualannya. Ketika gw dateng langsung disambut dengan kata2 : "wah... penglaris nih si mas" --> pelanggan pertamax soalnya.. :D

Dengan senyum wibawa karena merasa terhormat sebagai pelanggan perdana hari itu (halah..), terus gw langsung mesen satu mangkok mie ayam + baso + pangsit seharga 7000 perak dan ga lupa juga mesen teh botolnya.

Mie ayam datang, gw pun sambil menonton tv yang acaranya ga jelas, ngobrol2 lah dengan penjualnya.

Gw  : jam segini baru buka ya pak? (pertamanya sih cuma sekedar basa basi aja.. hehe.. :Peace:)

Tukang Mie Ayam (TMA) : iya.. paginya nyiapin mie nya dulu, sekalian sama siapin baso dan pangsitnya..

Gw    : mie nya bikin sendiri pak?

TMA : ga cuma mie nya aja...  pangsit sama baso-nya juga saya bikin sendiri..

Gw    : owh.. (dalem hati : pantes enak..)

TMA : dulu saya pernah kerja sama orang c**a.. tau Bakmi XX ga.? dulu saya kerja yang di hayam wuruk.. --> nama restoran sengaja gw samarkan..

Gw    : owh iya.. dulu pernah nyobain juga bakmi XX.. berarti resep mie ayam-nya dapet dari situ ya pak?

TMA : iya.. tapi kalo saya kan beda... ga pake babi..

Gw    : glek.. berarti kalo yang bakmi2 gitu rata2 pake babi pak?

TMA : ya iya.. padahal kadang2 ada tulisannya halal.. saya mah tau persis.. adonan mie-nya dicampur minyak babi itu... kalo orang c**a kan nyebutnya bakmie..  bak itu = babi.

Gw    : walaaah...  kacau deh kalo gitu.. jadi takut saya makan bakmi..

TMA : kalo saya mah pakenya minyak sayur aja.. pake bimoli.. Sebenernya mie ayam itu kalo mau enak harus berani bumbunya..

Gw    : saya suka nih pak mie nya kaya gini.. kecil-kecil..

TMA : ini mie-nya juga kalo dibawa pulang ga bakal melar.. saya pernah pulang kampung, pagi2 bawa bekel mie ini.. di jalan siang2 waktu dimakan juga tetep kecil gini.. ga melar..

Gw    : wah.. kok bisa gitu? pake pengawet pak?

TMA : engga.. ada resepnya.. Saya makan mie ayam ini tiap pagi udah dari 20 tahun yang lalu sampe sekarang..

Gw    : widih.. ga kenapa2 tuh pak?

TMA : sehat2 aja.. asal ga kebanyakan sambel sih ga apa2.. lah.. anak saya yang baru 2 tahun aja kalo makan mie ayam buatan saya sekali makan 2 mangkok..

Gw    : hehe.. saya malah tadi sambelnya lumayan banyak.. (sambil menatap botol sambal belibis)

TMA : tiap hari habis 30 botol itu..

Gw    : ngomong2..  buka cabang ditempat lain juga ga pak.?

TMA : ngga.. saya mah cuma ini aja.. tapi keluarga banyak jualan mie juga..

Gw    : wew..


TMA : tau mie ayam yang di taman kencana.? itu kakak saya...  kalo paman ada yang punya usaha pabrik mie..

Gw    : lah dulu kenapa ga ngikut keluarga aja pak? kok malah kerja sama orang lain?

TMA : ya biar dapet pengalaman.. nyobain kerja sama orang..

Gw    : kanapa ga coba buka cabang pak.?

TMA : ngga ah.. ini aja..

Gw    : dari dulu emang mangkal di malabar sini pak?

TMA : dulu pertama buka deket stasiun bogor.. terus 12 tahun pindah ke malabar sini.. langganan saya banyak yang dari pertama buka deket stasiun.. ada orang sukabumi bela2in ke bogor cuma buat mampir kesini..

Gw    : wih..

selanjutnya kami ngobrol macem2 topik.. hehe..

sampai akhirnya jam setengah 12 siang gw selesai makan dan balik ke kampus untuk belajar persiapan ujian sesi dua..


*menurut gw yang bikin enak dari mie ayam ini emang bumbunya yang nendang.. selain itu, kalo mau nambah racikan bumbu sendiri di meja juga disediain lada bubuk, minyak ayam (jarang tukang mie ayam yang nyediain ini di mejanya), cuka, saos sambal belibis (penting nih... gw mah ogah kalo saosnya yang pake cabe busuk), sambal cabe hijau, dan kecap manis..

*tekstur mie-nya itu kecil2 rada keriting gitu.. bumbu potongan daging ayamnya enak... selain itu pangsit basah dan basonya juga enak..

2 komentar:

  1. tolong jgn ngomongin mie yaa d'sini...bikin ngiler tw ga!!! :D:D:D

    btw, mang smw org cina klo bikin mie pake minyak babi yaa? kwetiaw jg? gaswat klo begitu..:O

    BalasHapus
  2. katanya sih gitu.. waspada aja..

    BalasHapus