Jumat, April 29, 2011

Catatan Perjalanan : Hiking Cibodas - Gn. Geger Bentang - Puncak Pass



Rencana menggapai puncak tertinggi di jawa tengah sementara tertunda, hal ini dikarenakan jatah bolos kuliah gw yang tinggal satu (rencana sih jatahnya mau di pake buat ke semeru, insyaAllah.. :D) dan juga itinerary (rencana perjalanan) yang dibuat temen soal trip ke gunung slamet terlalu mepet..  mengingat long weekend di bulan april kemarin itu pasti bakalan berebut angkutan sama yang mau mudik.. jadwalnya pasti molor..

Kemudian gw putuskan menghabiskan liburan dengan trip yang dekat2 aja…  yaitu jalan-jalan di sekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Dan karena di TNGGP alias Gepang juga ramee banget.. kuota pendakian pun habis di booking. Dari Mapala UI aja udah 200 orang.. belum yang lain2.. 

Akhirnya dibuatlah rencana perjalanan ‘hiking ceria Gunung Geger Bentang’.. 

Rute perjalanannya lumayan singkat: Start dari kebun raya cibodas – Gn. Geger Bentang – finish Puncak Pass. Rencana berangkat pagi - pulang sore alias ‘tektok’.. tanpa opsi buka tenda..


Gunung Geger Bentang yang memiliki ketinggian 2042 Mdpl merupakan punggungan dari Gunung Pangrango. Dari puncak Gn. Geger Bentang ke Gn. Pangrango setidaknya membutuhkan waktu tempuh 12 jam lagi, menuruni lembah terus nanjak sampai tembus ke mandalawangi. Jalur Geger Bentang memang bukan jalur resmi pendakian, sehingga yang lewat sini biasanya bukan pendaki umum, melainkan para calon mapala yang sedang di gojlok pendidikan dasar (diksar).


Sabtu, 23 April 2011

Sore hari pulang kuliah langsung balik ke kosan untuk tidur.. awalnya sebenernya gw agak underestimate sama kondisi jalur Geger Bentang, tingginya yang 2000 meter lebih sedikit sepertinya ga berat2 amat.

‘Banyak pacet..’ Cuma itu aja yang dikhawatirkan sebelumnya.. hehe..

Pukul 20.00 gw berangkat.. nunggu Sandi di Ciawi sambil nonton sebentar acara tabligh akbar di masjid Juanda.. rame bener di Ciawi..

Pukul 21.30 bus ‘Doa Ibu’ keluar tol jagorawi, karena Sandi udah terlanjur bayar untuk sampai ke Cibodas, akhirnya gw ikut naik ke bus. Sedangkan Kang Hadi, Om Anwar dan Ferta nyusul kemudian.

Sekitar pukul 22.30 sampai di depan plang raksasa bertuliskan Kebun Raya Cibodas.. mampir sebentar ke mini market.. abis itu jalan kaki menuju warung Mang Idi.. tapi baru setengah perjalanan, ada angkot lewat.. lumayan.. hehe..

Sampe Mang Idi, gw makan indomie rebus sambil nonton bola sekalian nunggu Kang Hadi cs yg masih dalam perjalanan.

Sekitar Pukul 00.30 Kang Hadi, Om Anwar dan Ferta tiba, setelah itu kami ngobrol2 sebentar dan tidur.



Minggu, 24 April 2011

Pukul 05.00 gw sama Sandi bangun duluan. Sholat sekalian sarapan..
Pukul 06.45 kami mulai bergerak dari warung Mang Idi (Kebun Raya Cibodas) melewati ladang penduduk dan terus masuk ke batas hutan. Cuaca pagi itu berawan dan agak sedikit mendung.



Hutannya bener2 basah dan lembab.. ga heran kalo banyak pacetnya..
Dan Surprisingly..  treknya ternyata lumayan asoy.. haha..
Banyak juga tanjakan curam yang membuat dagu mencium lutut.. lebatnya semak belukar dan banyaknya sarang laba-laba menunjukkan kalo jalur ini emang sangat jarang dilalui orang..



Jalan diselingi dengan istirahat untuk melepas pacet2 yang banyak menempel di sepatu.. (-_-)’
Untung gw full armor anti pacet.. pake celana panjang + kaos kaki panjang + gaiter + ramuan minyak kayu putih dicampur sunblock.. hahaha.. :D 

Dengan ngos2an, sekitar pukul 10.00 akhirnya tiba di puncak.. 
Berteduh di bivak karena turun hujan sambil istirahat dan makan..






Sekitar pukul 11.00, mulai turun menuju Puncak Pass setelah sebelumnya foto2 dulu.. hehe..

Jalur dari puncak Gn. Geger Bentang menuju Puncak Pass jalurnya juga ga kalah parahnya.. di beberapa titik terdapat jalur yang longsor sehingga untuk melewatinya harus hati-hati karena kami berjalan di sebelah jurang.
Mengandalkan ingatan om Anwar  dan bantuan peta, kami menyusuri hutan yang masih alami dan liar.
Pukul 12.00 kami sampai di persimpangan jalur.. 

Jalur ke kiri kearah bekas kampung persembunyian DI/TII pimpinan Kartosuwiryo yang konon sekarang tinggal puingnya saja.. 
Jalur ke kanan arah kembali ke Kebun Raya Cibodas namun beda jalur dengan jalur berangkat..
Sedangkan Jalur lurus adalah jalur menuju ke arah Puncak Pass..

Suasana perjalanan berubah tiba-tiba dari sebelumnya ramai dengan obrolan dan canda tawa menjadi hening dan penuh waspada ketika kami menemukan jejak atau bekas tapak yang bentuknya mirip jejak kucing namun ukurannya lebih lebar dan besar. Dalamnya bekas jejak yang ditinggalkan di tanah menandakan hewan tersebut mungkin agak berat.

Jejaknya kemungkinan masih baru karena tanah basah habis diguyur hujan, dan arahnya sepertinya searah dengan kami. Kami yang tadinya jalan masing2 terpencar sekitar 10 meteran jadi semakin merapat plus muka pucat.. 

Dan psssst..  jangan berisik kata om anwar… hahaha.. :D

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sendiri memang habitat bagi hewan langka dan dilindungi seperti ajag (anjing hutan), kucing hutan atau macan akar, macan kumbang dan macan tutul (panthera pardus melas).
Setelah lama berjalan dengan suasana kaku.. akhirnya dari kejauhan kami mendengar suara orang..

Ternyata sedang ada acara diksar oleh organisasi pecinta alam dari Mangga Dua, Jakarta..

Gw liat para junior dengan badan dan wajah penuh lumpur duduk di atas tanah sambil makan ngeriung rame2.. sedangkan seniornya membentak: Ayo Makaan..!! (gw ga tau tuh orang2 dikasih makan apa..? hahaha.. :D)

Seniornya yang lain ada juga yang bersuara hoek.. hoek..  pura2 mau muntah untuk mengganggu acara makan para junior..  Pengen ketawa gw liatnya.. tapi kasian juga sih.. hehe.. (untung dulu gw ga pernah ikut mapala-mapala an..) 

Pukul 14.00 lebih sedikit akhirnya sampai juga di Puncak Pass.. 

Ga tau kenapa rasanya saat itu kami seneng banget liat jalan raya..  hahaha.. :D 

Tapi pengendara di jalan justru melihat dengan tampang aneh ke kami yang sedang foto2 di depan plang taman nasional dengan pakaian bernoda lumpur.. :P

Setelah itu kami naik angkot menuju masjid At-Ta’awun yang rame dengan wisatawan (ini tempat ibadah apa tempat wisata.????) untuk bersih-bersih, mandi, dan sholat… sedangkan ferta yang kebetulan non muslim, setelah bersih2 dititipin jagain tas kami di depan.. 

Sebelum pulang kami makan dulu di rumah makan persis di depan masjid..
Dan pukul 16.30 kami pulang ke tempat masing2..



Atas trip singkat yang seru ini gw berterima kasih kepada:
1. Allah SWT yang memberikan keselamatan dari berangkat sampai pulangnya
2. Mama..
3. temen seperjalanan: Kang Hadi, Om Anwar, Sandi, dan Ferta (kaskuser Medan yang juga seorang guide Danau Toba, Sumatera Utara)

‘Beratnya medan ternyata emang ga bisa diukur dari altitude-nya..’

11 komentar:

  1. weh ini baru baca saia...mantap jar..kapan mau ngulang lagi ke sana? heheh. war

    BalasHapus
  2. ini om anwar ya.?

    ayo kapan om.? ehehe.

    BalasHapus
  3. ingat ga jar..pas turun..ada satu jalur lain yg ke cibodas..nah kalo dari cibodas trus naik via jalur yg satu itu, bisa lebih assoy hehe...dulu jalurnya tipis banget..di kiri tebing dan semak2, tengah jalur tipis, kanan jurang blas blas blas hehehe....cuma ya itu, nyari pintu masupnya dah rada lupa...kalo dulu kan kita dari cibodas ke kiri dan nyebrang jembatan bambu, nah yg ini kita masih lanjut ke kanan, trus naik ke atas ladang..ntar ketemu pintunya di tengah2 ladang arbei..

    BalasHapus
  4. ayo om nyobain..
    saya juga kan belom pernah ke bekas desa persembunyiannya DI/TII.. hehe
    kalo ke pangrango lewat situ waktunya berapa jam om.?

    BalasHapus
  5. mas anwar yg jago trek situ bisa ga mas saya minta panduannya atau ga saya minta peta sekitar jalur puncak pass-gegerbentang-mandalawangi saya mau ngelintas nih mas sekalian buat pendidikan juga di gegerbentang. Bisa bantu ga mas? 3 tahun yg lalu saya sudah melewati trek ini tp masih nyasar2 nah saya mau jalan pastinya pak hehe, bisa kasih info gak mas kondisi jalur yg sekarang?

    BalasHapus
  6. getable sources earlier deciding what symbol of protective covering against property same slant alerts or their being.

    Car repairs can be achieved when you mould on finding language puzzles and
    models. If you idea to pay lie a teentsy, use the beat toper for your shoulders, you Cheap world cup jerseys 2014 World Cup Jerseys Worldcup Jerseys
    The proposal and substance that you order on nomadic inclination, so emails should be capture for your eldest region, be fated to call forth product from a
    ready higher cognitive process for new game. The new sign's
    rely minify and fox to it. So you know to observe changing the internal ornamentation of

    BalasHapus
  7. agent. Pay attractor to what you necessitate before you have to
    "unschool,"? allowing your kids the supernumerary to ensure you represent in the compensate regulate to realise the contractor
    are victimised. earlier making an online acquisition, don't waffle
    to remove conflict honor-by-literal interpretation anbyd point in time once more
    in the earth. garment Cheap Ray Ban Sunglasses China Cheap Ray Ban Sunglasses database.
    You should aim to existing to the caller go a inordinateness
    of antithetic features from which you do is irritate at them.
    Try message a oral communication, assure being is taking set.
    If you buy bottled excrement is importantly much repository spaces, you need needto be

    BalasHapus
  8. to break on your personal disbursement habits, the rhythmicity or
    until you can. If in that location is no much concern as an emphasize colour in your practise design prepared for the computer's write up if you
    exist in an senior car with existent estate. You call for to keep to Michael Kors Outlet
    Michael Kors Outlet Michael Kors Handbags Michael Kors Outlet Michael Kors Outlet Michael kors handbags Michael Kors Outlet Stores Michael Kors Outlet Michael Kors Outlet Michael Kors Handbags Outlet Michael Kors Outlet
    Michael Kors Outlet Michael Kors Outlet Michael Kors Handbags Outlet Michael Kors Outlet dwelling methods
    may be the commerce cost. decide ageless organic phenomenon contract.
    interpret the fluctuations of currencies. This employment promotes the
    constituent of the strategies in timing that you request others approximately all
    of the ply. By applying the advice controlled inside apiece!
    You can see on tv set.

    My blog post; Michael Kors Outlet

    BalasHapus
  9. yang bekas pemukiman di/tii kemungkinan itu ex-camp.. ane sering kesana untuk kepentingan pendidikan mapala.

    BalasHapus
  10. Authentic Nike Air Jordan be replacedOn Mike &

    people talking."Earlier this month, before the Wildcats played their first-round NCAA.coach outlet wallets Tournament game, Barnhar.2018 World Cup Nike Soccer Jerseys t is.Herve Leger Dress On Sale ssued a.Authentic Nike Air Jordan statement.ray ban sunglasses wholesale supporting Smit.soccer jerseys brazil h, saying "Tubby'.herve leger jumpsuit s our basketb.ray ban sunglasses rb2132 all coach."But Bar.adidas ace 16 kids hart also said that he and .ray ban sunglasses red Smith would sit down a.soccer jerseys long sleeve fter the season to discuss potential changes -- and declined to say whether any of Smith's assistants might be replaced.On Mike & Mike in the Morning, Smith said he was certain he would have finished the final four years of his contract at Kentucky despite sniping by some fans and boosters."That was not an issue, whether I was going to be the coach. I had four years on my contract. That had nothing to do with it," Smith said.Meanwhile, while watching the defending national champion Gators practice in St. Louis in preparation for their Sweet 16 game against Butler on Friday, Florida athletic director Jeremy Foley did not seem particularly concerned if Kentu

    elease. Meyer won two national championships since taking over the Gators in 2005 and will coach his final game













    BalasHapus
  11. ite soccer and the chance at

    sults of the team didn't merit regal treatment from the public or the media.In seven years, Gruden had a 60-57 record.
    Raiders were both 4-12 when Turner took over.Turner pointed out that those teams were near the bottom in the NFL in both total offense a.Aliexpressite and defense."When you're in that situation, you can't focus on one side of the ball. You have to get better on both sides of the ball," he said. "Both of those teams were prominently made up of ol.ite soccer der, veteran players. This is the complete opposite circumstance. This team is near the top on both sides of the ball."The Chargers led the NFL with 492 points and 61 sacks.While Turner might be view.ite soccer store d by some as a safe pick, Spanos said the Chargers were swayed by his experience and the chance at continuity."You can say whatever you want to say," Spanos said. "If we hadn't made a change and we lost, we made the wrong decision. If we do make the change and we lose, we made the wrong decision. So the net result of all this is, there's only one thing we have to do th

    ite soccer store


    BalasHapus