Kamis, November 15, 2012

J-Pop: lebih dari sekedar 'Pop'



Wabah invasi Korean Wave atau gelombang budaya Korea, khususnya lewat K-pop, mulai dari SNSD, Super Junior dan temen2nya (tau deh siapa aja.. ga inget.. haha) sampe ke 'Gangnam Style'-nya PSY dengan tarian rodeo-nya yang mendunia.. Atau mungkin dari film2 drama nya yang mulai jadi favorit.. seinget gw apa ya.. umm.. hello ghost, take off, speedy scandal, my sassy girl, miracle of giving fool, dll..

Nah.. Sebelum korea2an gini pasti sempet ngalamin suka sama Jepang2an dong.? ya ngga.? haha.. :P

Yang masa kecilnya tumbuh bersama film kartun kaya Doraemon, Dragon Ball, terus beberapa tahun kemudian muncul generasi Pokemon, Digimon, Captain Tsubasa, sampe One Piece dan Naruto.. sedikit banyak pasti pada terkagum2 sama budaya Jepang..  dari yang cuma nonton kartun sekedarnya aja sampe jadi 'otaku' yang bener2 geek sama anime dan temen2nya..

 

Dari bermacem2 sub culture budaya Jepang tadi sebenernya gw cuma mau ngomongin musik J-Pop aja sih (padahal udah muter2 awalnya.. haha). J-Pop dalam arti luas tapi ya.. karena ga cuma musik yang bergenre 'Pop' aja tapi definisi lain J-Pop mencakup semua genre musik yang dateng dari negeri sakura itu..

Selain kenal dari soundtrack anime dan dorama.. Mungkin jadi lebih tertarik itu waktu SMP.. dulu gw pernah minjem kaset L'Arc-en-Ciel (Laruku) yang covernya gambar tikus.. album the best kalo ga salah..  mulai kenal lagu blurry eyes, drivers high, dll. sedangkan favorit gw sampe sekarang itu yang 'honey'.
Pas SMA sama kuliah ada temen yang rada2 otaku.. jadi tau sama yang namanya Utada Hikaru, Gackt (Gakuto), Do As Infinty, Exile, Yui, Asian Kung-Fu Generation, Sambomaster, Luna Sea, ya gitu2 deh..

Belakangan gw justru explore lebih jauh.. dengerin sampe ke scene indie nya ternyata Jepang ini emang beneran keren banget..

ada Andymori yang sound nya mirip Arctic Monkeys, ada Androp yang setipe sama AKG.. untuk band2 Shoegaze yang keren kaya Toddle atau Luminous Orange.. Post Rock nya ada Mono sama LITE yang bener2 bikin wow.. ada Fear, and Loathing in Las Vegas yang emo-metal.. dan masih banyak lagi..

Beberapa hal yang membuat gw berpendapat kalo J-Pop itu sebenernya lebih keren dari K-Pop (no offense) diantaranya adalah karena beragamnya music scene atau genre di industri musik Jepang. Gw sendiri suka dengerin apa aja.. mulai dari yang pop ceria + childish sampe yang rock / metal.. *tergantung mood.. haha

Nah di Jepang tuh musiknya variasi banget.. beda kalo misalnya liat K-Pop sekarang ini yang didominasi boyband dan girlband.. ga jauh2 dari RnB & Hip Hop. banyak yang bilang K-Pop keren karena 'dance' nya itu yang wah (?). Ada juga yang bilang karena personilnya girlband K-Pop cakep2.. 

Gw sendiri netral aja ya soal dance2 itu.. selain gangnam style yang kocak itu sih gw ga terlalu tertarik.. sedangkan dari sisi lain yang buat gw memicingkan mata adalah karena personil2 band K-Pop dicurigai hasil operasi plastik semua.. haha..

Oke.. ini emang soal perbedaan budaya ya.. di Korea sana konon orang2nya perfeksionis..  operasi plastik disana udah jadi hal yang lumrah atau biasa aja.. ya bukan berarti orang Jepang ga operasi plastik sih.. mereka mungkin juga sama.. tapi menurut gw sih ga semasif orang korea jumlahnya..

Teori gw gini, contoh idol grup asal Jepang AKB48, personil mereka rata2 masih dibawah 20 tahun waktu dibentuk, yang bisa dibilang saat itu mereka belum dewasa. Sedangkan syarat untuk menjalani operasi plastik adalah usia (dewasa). Diliat dari situ kan keliatan tuh kalo mereka ga mungkin operasi (karena masih anak2/remaja/belum cukup umur untuk boleh operasi) tapi udah keliatan asli cantik kan.. haha.. :3 ---> teori abal2.. :hammer:

intinya sih masih ada penyanyi yang ga cuma jual tampang.. tapi bener2 nyanyi.. khususnya kalo yang pop rock kaya yui atau miwa.. 

Kalo inget slogan 'be your self'.. orang Jepang mungkin salah satu yang masyarakatnya bener2 menjiwai kata2 tersebut.. tau Harajuku style dong yah.?  kalo kita liat mungkin kan aneh luar biasa itu ya dandanan begono.. tapi orang2 Jepang sangat2 pede sama itu semua..

Penyanyi yang lagi ngetop dengan dandanan unik itu mungkin Kyary Pamyu Pamyu (きゃりーぱみゅぱみゅ).  Cewek berumur 19 tahun ini nama aslinya Kiriko Takemura, mengawali karir sebagai blogger dan model harajuku. sekarang dia mulai nyanyi dengan lagu2 yang kocak.. kaya lagu anak2 sih.. aslinya dia emang orangnya unik dan kocak..  *jadi inget film 'kamikaze girl' yang rada absurd.. 

Btw, orang dibalik Kyary itu adalah Yasutaka Nakata sebagai produser. Yasutaka Nakata ini dikenal dengan grup musik nya yang bernama 'capsule'. Capsule ini bisa dibilang 'Daft Punk' -nya Jepang. mereka mainin musik2 electro2 futuristik gimana gitu.. :hammer: haha..

si Nakata ini juga memproduseri girlband yang namanya 'Perfume'. aliran musiknya masih sama electro2 juga.. Girlband ini bisa lah kalo mau diadu sama SNSD, 2NE1, atau T-ara.. haha.

Warning: nonton video ini minimal 2 kali bisa menyebabkan lagunya terngiang2 di kepala dan ga bisa ilang... bahaya adiktif..! *serius *tapi dijamin :ngakak: juga hahaha

 Kyary Pamyu Pamyu (きゃりーぱみゅぱみゅ) - つけまつける / Tsukematsukeru

Kyary Pamyu Pamyu (きゃりーぱみゅぱみゅ) - Candy Candy


Video2nya Kyary yang lain:
Fashion Monster 
PonPonPon
ga mungkin deh gw posting ginian di tumblr.. Hahaha.. XD  *ga bakal klop sama tema nya.. 

Perfume - 不自然なガール



Perfume - 'VOICES'


Tapi sebenernya yang paling gw suka dari J-Pop sih penyanyi2 pop rock nya..  kalo yang legend misalnya grup band Mr.Children, lagu favorit gw Hanabi, End of the day, youthful days, sama Sign. terus ada juga Ikimonogakari, dll. Kalo penyanyi cewe mungkin semua udah pada tau Yui ya.. tapi yang lagi sering gw dengerin sekarang sih Miwa sama Nikkie..  kalo Miwa mungkin lebih mirip Yui lagu2nya, cuma agak lebih ceria.. sedangkan Nikkie lebih mirip Vanessa Carlton yg nyanyi sambil main piano..

Miwa - Chasing Hearts



Nikiie - 紫陽花


video tambahan.. dijamin keren2.. genrenya macem2..:


ストレイテナー (Sutoreitenā) - From Noon Till Dawn


Heavenstamp - "Dreaming about you"



夜の踊り子 (Sakanaction) - サカナクション



RADWIMPS - おしゃかしゃま 



COLTEMONIKHA / 嘘つきジングルベル



I-RabBits - 未完成なあいのうた




Cinema Staff - into the green 




イツエ (itsue) - 言葉は嘘をつく



Aureole - Live Again



H△G(ハグ) - 星見る頃を過ぎても




[Champagne] - Waitress, Waitress!



androp - World.Words.Lights.



BiS - IDOL is DEAD








sekian dulu deh.. mau lanjut nonton bola..  haha..

kaya gini paling enak sebenernya diobrolin daripada ditulis.. haha

jangan terlalu dianggap serius.. semoga terhibur sama video2nya.. :D

sayonara..

6 komentar:

  1. ya gwe suka bgt j-pop karena kara nghits bngt d sna slain kara akb,morning musume,laruku,& music rock dech pokoknya kan jpop kan gk lipsync
    jdi gwe lbih ska jpop>kpop

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi perfume sama akb48 sering lipsync juga lho.. hehehe.. ^_^v

      Hapus
    2. menurutku perfume sering lypsinc soalnya dancenya emang rumit banget. kalo mau dicampur nyanyi beneran, ntar malah ngos-ngosan lagi. hehe :p

      Hapus
    3. menurutku perfume sering lypsinc soalnya dancenya emang rumit banget. kalo mau dicampur nyanyi beneran, ntar malah ngos-ngosan lagi. hehe :p

      Hapus
    4. kalo saya sih ga masalah lipsync atau ngga..
      menurut saya performer / stage act bisa nyanyi yg bagus atau dance yg keren.. hehe..
      iya.. nyanyi sambil dance pasti ngos2an..

      tapi biasanya ada sesi khusus yg beneran nyanyi dan suaranya tetep lumayan oke.. hehe

      Hapus
  2. Sebenarnya kamu gak perlu picik menilai kalau kamu suka Jepang atau Japan Addict. Harajuku itu asli dandanan fantasi orang Jepang. Orang Korea juga punya style tersendiri dalam dandanan. Namanya Illyeoja. Nah, dandanannya itu kayak baju-baju keren dan trend masa kini dengan aksesoris menarik. Culture Jepang, Korea, dan China gak jauh2 beda loh. Mereka kan satu nenek moyang. Jepang yang 'candy', Korea yang 'danceable' dan China yang 'ballad' keren! Ada yang kurang sih, Indonesia .__. hmm

    BalasHapus