Kamis, Desember 13, 2012

Sebentar di Kalimantan Barat, "Pontianak"

Burung Enggang dan Tugu Khatulistiwa menjadi maskot Kalimantan Barat

Jadi ceritanya tanggal 10-12 Desember kemaren gw dapet tugas ke Pontianak, Kalimantan Barat.. emang agak tumben2an gw disuruh dinas luar yg rada jauh.. seperti pada umumnya, kalo dinas liar eh luar, pasti disempetin jalan2 juga.. ga jauh2 sih.. cuma sekitar kotanya aja.. Lagian angkutan umum di kota Pontianak sangat jarang.. mau minjem kendaraan punya kantor sana juga lagi dipake ke Bengkayang.. ga enak pula kalo terlalu ngerepotin..

Di Pontianak kita nginep di Hotel Orchardz yang terletak di jalan Gajah Mada atau daerah pecinan (chinatown). Sepertinya jalan Gajah Mada ini pusat anak nongkrongnya anak2 Pontianak ya..  warung kopi dan cafe2 berderet di sepanjang jalan.. tempat2 makan juga banyak.. kalo malem rame banget..


Beruntungnya, Hotel tempat kita nginep itu depannya persis Warung Kopi Winny, katanya sih warung kopi paling top di kota Pontianak. Ga heran.. pengunjungnya keliatan ga habis2 dari pagi sampe malem.. disini gw sempet nyobain es kopi susu.. maknyuss.. hehe

Selain kopi, kuliner unggulan yang terkenal juga adalah pisang goreng srikaya.. kalo biasanya makan pisang goreng pontianak di jakarta, nah sekarang nyobain langsung dari kota asalnya.. dan ternyata.. emang enaak..  kita nyobain pisang goreng di Texas Cafe rekomendasi dari bang yudha (anak kantor pontianak).. letaknya di Jalan Gajah Mada juga..

Untuk makannya.. kita nyobain di restoran Abang Kepiting di jalan Hijas. kabarnya makanan disini sih halal.. Letaknya ga jauh dari hotel Orhardz juga.. jalan kaki sekitar 10-15 menit.. jalan sambil ngobrol2 ga berasa lah.. hehe.. Uniknya, walaupun di area pertokoan begitu tapi di bawah lantainya dibuat kolam yang bisa diliat ikannya.. anak kecil pada seneng deh..

Di resto Abang Kepiting kita mesen ikan kakap sama ikan lais.. ikan lais ini ikan endemik dari sungai kapuas.. gw yang sebenernya ga begitu suka makan ikan tapi pas itu terasa maknyuss di mulut... entah karena masaknya yang emang enak atau karena makannya ditraktir pak Noor Cholis.. :hammer: hahaha..  pokoknya enak deh.. masakan ikannya ga amis.. sedap..

Kalo pusat oleh2 khas Pontianak ada di jalan Pattimura.. yang terkenal sih lidah buaya.. ada macem2 produk olahannya.. mulai dari minuman sari lidah buaya (mirip nata de coco), krupuk, manisan, dll.. ada juga dodol/lempok durian.. ya macem2 deh..

city view Pontianak dari kamar Hotel Orchardz

 
city view dari kamar Hotel Orchardz

Udah tau dong kalo Pontianak disebut sebagai kota Khatulistiwa? yup, ibukota Kalimantan Barat ini dilalui oleh garis lintang 0 derajat.. cek aja di GPS kalo ga percaya.. hehe..
di daerah siantan, bagian utara kota Pontianak, ada tugu Khatulistiwa. Tugu ini dibangun oleh astronom belanda pada tahun 1928 dan direnovasi (ditambah bangunan luar) oleh Silaban, arsitek yang juga merancang Monas dan Masjid Istiqlal, Jakarta. 

Sekarang, sekitar seratus meter dari tugu ini sendiri sedang dibangun monumen/tugu khatulistiwa yang baru.. nah kalo ini hasil perhitungan Bakosurtanal (Badan Koordinator Survei dan Pemetaan Nasional)..

Di tugu Khatulistiwa ini setiap tanggal 21-23 maret dan 21-23 September biasanya diadakan acara khusus untuk menyambut datangnya titik kulminasi matahari atau posisi dimana matahari bergerak melintasi equator. Pada saat tersebut, ketika matahari tepat diatas kepala maka bayangan di kawasan tersebut akan menghilang.. 

Yang unik, pada tengah hari kita bisa nyobain meletakkan sebutir telur yang bentuknya lonjong itu berdiri seimbang.. gw juga bingung ini pengaruh apanya ya? karena persis di equator maka medan magnetnya jadi seimbang gitu antara utara dan selatan? belom ngeh.. tapi emang bener bisa berdiri dengan mudah.. ajaib..

Telur2 itu kita bisa pinjem dari petugas dinas pariwisata yang jaga di tugu Khatulistiwa..


Tugu Khatulistiwa


bagian dalam bangunan tugu Khatulistiwa.. ada memorabilia nya juga..


nah ini tugu Khatulistiwa yang asli pertama.. baru beberapa tahun kemudian ditambah bangunan luarnya.


mas rifki - gw - pak noor cholis

souvenir replika miniatur senjata khas Kalimantan Barat


kita nyobain berdiriin telur dengan seimbang.. dan berhasil..


Yang terkenal juga dari Kalimantan Barat adalah Sungai Kapuas.
Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang dipulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1.178 km. wuih..

Selain melalui Jembatan.. penghubung antara daerah yang terpisahkan sungai Kapuas juga ada moda transportasi air.. kita sempet nyobain juga tuh naik ferry sama speedboat nya..
Naik Ferry yang lumayan besar, bisa ngangkut beberapa mobil dan truk, bayarnya 2000 rupiah buat penumpang jalan kaki.. di tiketnya padahal tertulis cuma 1600.. nah loh kemana 400 peraknya tuh..  Di ferry kita iseng naik kebagian atas kapal.. masuk2 ke ruang kemudi kapal dan ngobrol2 sama nahkodanya.. hehehe..

Kalo speedboat buat nyeberang sungai bayarnya cuma seribu.. tapi biasanya nunggu penumpang penuh sekitar 10 orang baru jalan..

melintasi sungai kapuas pake ferry penyeberangan


melintasi sungai kapuas pake ferry penyeberangan

nahkoda ferry penyeberangan sungai kapuas
naik speedboat..

Menurut catatan sejarah, Kota Pontianak didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie pada hari Rabu, 23 Oktober 1771 (14 Rajab 1185 H) yang ditandai dengan membuka hutan di persimpangan Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas Besar untuk mendirikan balai dan rumah sebagai tempat tinggal. Pada tahun 1778 (1192 H), Syarif Abdurrahman dikukuhkan menjadi Sultan Pontianak.

Letak pusat pemerintahan ditandai dengan berdirinya Masjid Jami' (kini bernama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman) dan Istana Kadariah yang sekarang terletak di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur

Sedangkan asal usul nama Pontianak yang berasal dari Bahasa Melayu ini dipercaya ada kaitannya dengan kisah Syarif Abdurrahman yang sering diganggu oleh hantu Kuntilanak ketika beliau menyusuri Sungai Kapuas.

Menurut ceritanya, Syarif Abdurrahman terpaksa melepaskan tembakan meriam untuk mengusir hantu itu sekaligus menandakan di mana meriam itu jatuh, maka di sanalah wilayah kesultanannya didirikan. Peluru meriam itu jatuh di dekat persimpang Sungai Kapuas dan Sungai Landak, yang kini dikenal dengan nama Kampung Beting.

Tips buat para traveler dan backpacker yang mau berkunjung ke Istana Kadriah: warga setempat umumnya bingung kalo ditanya lokasi istana kadriah karena mereka biasa nyebut istana kadriah dengan sebutan keraton..  nah jadi kalo nanya2 disana bilangnya keraton.. :D

Tapi yang bikin sedikit kecewa adalah kurang terawatnya istana kadriah.. kayu2nya udah mulai lapuk, anak tangga menuju lantai atas dibagian samping juga udah ringkih.. sepertinya obyek wisata ini kurang dioptimalkan oleh pemerintah daerah setempat.. klise sih..


masjid yang menjadi cikal bakal kota Pontianak


istana Kadriah


gerbang masuk istana Kadriah Kesultanan Pontianak


istana Kadriah Kesultanan Pontianak


pintu Istana Kadriah Kesultanan Pontianak

Didalam Istana Kadriah juga ada catatan sejarah mengenai Sultan Hamid II. Sultan Hamid II merupakan keturunan dari Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie (pendiri kesultanan / kota Pontianak). Sultan Hamid II ini adalah orang yang pertama mendesain lambang negara Republik Indonesia, yaitu lambang burung Garuda versi awal/asli.

Sayangnya, walaupun pernah diangkat sebagai Menteri oleh Presiden Soekarno dalam kabinet Republik Indonesia Serikat (RIS), keterlibatan Sultan Hamid II dalam pemberontakan dan percobaan kudeta APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) pada tahun 1950 membuatnya pernah ditahan dan semasa orde baru kiprahnya dalam merancang lambang negara pun jarang diekspos.


lambang burung garuda desain Sultan Hamid II

Al-Quran tulisan tangan berumur 2 abad di istana Kadriyah







cermin kuno bernama 'cermin seribu wajah' di istana kadriyah


Sekian ceritanya.. semoga bermanfaat.. :D


sumber/referensi tambahan:
wikipedia
http://mumtazfadheel.blogspot.com/2012/03/equinox-matahari.html

2 komentar:

  1. mas, saya pinjem fotonya buat presentasi ya. saya si di pontianak ini..tapi gak sempat moto, gak punya kameranya juga sik XD

    BalasHapus
  2. haha..presentasi apa?
    iya gpp.. boleh2.. :)

    BalasHapus