Senin, Juni 20, 2011

Orca, Si Paus Pembunuh


Orca atau paus pembunuh adalah lumba-lumba terbesar dan merupakan salah satu predator paling kuat di dunia. Mereka memangsa mamalia laut seperti anjing laut, singa laut, dan bahkan paus, menggunakan gigi yang mempunyai panjang hingga 4 inchi (10 cm). Mereka dikenal sering menangkap anjing laut di atas es dan juga memakan ikan, gurita, dan burung-burung laut.

Walaupun mereka sering berada di perairan pantai yang dingin, orca dapat ditemukan dari daerah kutub hingga khatulistiwa (ekuator).


 Jangkauan Paus Pembunuh (Orca)

Paus pembunuh berburu dalam kelompok yang mematikan, kelompok keluarga yang terdiri dari hingga 40 individu. Disana tampak baik kelompok permanen dan kelompok sementara dari populasi paus pembunuh. Kelompok-kelompok yang berbeda ini berburu dengan mangsa yang berbeda dan menggunakan teknik yang berbeda pula dalam menangkap mangsanya.

Kelompok permanen cenderung memilih ikan, sedangkan kelompok sementara menargetkan mamalia laut. Semua kelompok menggunakan teknik berburu yang efektif dan kooperatif, yang kadang disamakan dengan perilaku kawanan serigala.

Paus-paus memiliki keanekaragaman yang luas dalam hal komunikasi melalui suara, dan masing-masing kelompok memiliki suara yang berbeda, yang dapat dikenali oleh anggota kelompoknya bahkan dari jarak yang sangat jauh. 

Mereka menggunakan echolocation untuk berkomunikasi dan berburu, membuat suara yang mampu melintasi bawah air hingga bertemu dengan suatu objek, kemudian dipantulkan kembali sehingga dapat mengungkapkan lokasi, ukuran, dan bentuk dari objek tersebut.

Paus pembunuh sangat protektif terhadap anaknya dan betina remaja sering membantu induk merawat anak. Induk paus pembunuh melahirkan setiap 3 hingga 10 tahun, setelah 17 bulan kehamilan.

Orca dengan cepat dikenal karena warna mereka yang hitam-putih mencolok dan cerdas, bintang yang terlatih dalam pertunjukan-pertunjukan akuarium. Paus pembunuh sendiri tidak pernah diburu secara ekstensif oleh manusia.

Suara Orca.. :D

Get this widget | Track details | eSnips Social DNA


Fakta Singkat

 

 Orcinus orca

Type:  Mammal
Diet:   Carnivore
Average life span in the wild:  50 to 80 years
Size:   23 to 32 ft (7 to 9.7 m)
Weight:  Up to 6 tons (5,443 kg)
Group name:  Pod
Size relative to a bus:
 
Illustration: Killer whale compared with bus 







sumber: National Geographic , fuckyeahkillerwhales.tumblr.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar