Jumat, Mei 18, 2012

Sehari di Gunung Gede, 17 Mei 2012

Ga pernah ada kata bosen untuk berkunjung ke Gunung Gede.. haha.. Ya setelah sekian lama ngga menggunung, akhirnya bisa main lagi kesini.. Tepatnya hari kamis, tanggal 17 Mei 2012 kemarin.dan ga nyangka juga ternyata masih kuat juga gw tektok (naik terus turun lagi) padahal udah berbulan-bulan ga naik gunung. haha..

Paginya sempet bimbang juga padahal karena bangun kesiangan.. jam 5.30 baru bangun.. tapi akhirnya setelah dipikir2 mending tetep jalan aja.. mandi, solat subuh, bawa minum sama cemilan dikit trus jam 6.30 baru jalan dari kosan di Ciawi. (ga enaknya masuk Taman Nasional kesiangan adalah karena udah terlalu rame pengunjung, jadi binatang2nya pun udah pada masuk hutan lagi.. ya tapi gpp lah... lain kali bisa kesini lagi kok..)

Sampe depan jalan raya masuk Cibodas jam 7.30, makan bubur ayam dulu. terus naik angkot kedalem dan langsung ke pintu gerbang jalur pendakian. Sampe di loket, langsung bilang: "Pak, satu orang, ke air terjun" --> air terjun kandang batu maksudnya pak, terus bablas ke puncak.. Haha..

Jam 8an langsung masuk jalur pendakian. Ada gerombolan anak2 SD yang lagi berlibur, di depan telaga biru ada anak cewe ngomong ke temennya: "eh, tadi katanya lo haus.. minum aja yang banyak.." terus gw yang kebetulan lewat nimbrung: "eh dek, yang disitu airnya jangan diminum.. ada belerangnya", terus ada temennya si anak cewek tadi, anak cowok yang berperawakan gendut ngomong: "wah.. mampus gw tadi udah minum.." Hahaha.. pada ketawa.. :ngakak --> padahal gw salah ngasih info, di telaga biru warna birunya karena banyak alga-nya.. haha

Lanjut jalan meninggalkan anak2 tadi.. ketemu dua pendaki yang mau tektok juga.. Jawin, anak Sastra Inggris UIN Jakarta, rumahnya daerah Ciomas, dan temennya Nopan, anak Hukum UIN Jakarta juga, rumahnya daerah Jasinga. Jadi si Jawin udah beberapa kali naik gunung katanya, cuma baru sekali ini ke Gunung Gede, sedangkan si Nopan baru pertama kali naik gunung. Mereka ngajakin gw barengan.. oke sip, berarti gw ada barengan nih naiknya..

Sampe di puncak jam 12 siang..  mereka berdua ternyata bawa kompor.. masak air terus minum teh.. sambil makan cemilan2 di puncak. Di atas kita lumayan lama istirahatnya.. Pada foto2 terus minta tolong gw buat motoin dan berikutnya gantian motoin gw.. jujur aja sih sebenernya gw mending motoin daripada difoto.. gw ngga fotogenik.. jelek kalo difoto sih keknya.. haha

Pas kita lagi kongkow2 banyak pendaki yang lewat mau turun gunung.. rata2 mereka naik dari jalur Gunung Putri, nginep di Alun2 Suryakencana terus turun ke Cibodas. Saling mengucapkan salam antar pendaki tuh kalo dipikir2 mirip semut kalo ketemu temennya.. selain itu juga, sambil nawarin makanan dan minuman yang kita punya sama mereka.. *etika pendaki di gunung nih..

Banyak lho pendaki yang ga ngeh sama yang ginian.. bahkan jaga lingkungan pas naik gunung pun dilanggar.. contohnya masih banyak yang buang sampah sembarangan di gunung. Si Nopan sendiri yang baru pertama naik gunung hampir aja metik edelweiss, langsung gw bilangin aja kalo edelweiss ga boleh dipetik.. karena ini tanaman dilindungi dan bisa rusak kalo semua orang pada metik.. dan entar kalo ketauan petugas Taman Nasional, bisa didenda dan disuruh balikin ke puncak gunung. Akhirnya dia cuma foto2 aja di depan edelweiss.. hehe..

Tapi sempet kecolongan gw.. pas di kandang batu dia kencing di sungai.. gw langsung bilang: "Bro jangan kencing di mata air.. ga boleh.. kencing di semak2 aja..". Nopan: "oh ga boleh ya..?" :hammer: :hammer:. ya wajar deh dia belom tau, yang penting udah dikasih tau supaya berikutnya ga diulangin..

Jam setengah 2 turun gunung. Karena pas berangkatnya si Jawin sama Nopan ga lewat tanjakan setan, tapi lewat jalur sebelahnya bareng para pendaki dari BSI Bogor yang kebetulan banyak ceweknya, nah sekarang turunnya gw ajakin lewat tanjakan setan.. seru oi.. nurunin tebing pake bantuan tali.. biar lebih afdhol kalo ke gunung gede harus lewat tanjakan setan.. Hahaha..

Sampe bawah jam setengah 5 sore.. pas lewat pos / kantor Taman Nasional, bapak petugasnya sempet merhatiin gw.. ngeliat gw jalan sendirian dengan sepatu dan kaos kaki kotor cemong2 kena lumpur (tanah) curiga juga keknya beliau.. gw langsung ngangguk ngasih gestur orang minta permisi sambil cengar cengir terus ngacir ke bawah.. haha.. abis itu gw ke mampir ke warung Mang Idi.. mandi, makan, sholat ashar sekaligus dzuhur.. hehe.. abis maghrib baru balik ke kosan..

sekian deh.. sampai jumpa di jalan2 berikutnya.. hohoho.. :D

video super singkat:

foto2 :

Gunung Pangrango dilihat dari tanjakan setan

duduk di batu pinggir tebing kawah.. gemeter euy.. hehe

kawah

aliran kawah ke lembah

edelweiss yang baru mulai tumbuh

edelweiss yang pucuknya kering

Nopan sama gw

lah gw kenapa merem gini dah.. -_-

Jawin sama gw

ketemu pendaki bule

ini ga tau apaan.. kalo diliat kaya paprika mini.. haha

kembang apaan tau.. :hammer:

hampir aja si nopan metik edelweiss..  -_-'

jarang2 gw narsis gini..  haha

sampai jumpa pohon edelweiss dan cantigi.. kapan2 ketemu lagi.. hehe..