Sabtu, Januari 26, 2013

science day waktu SMA

source pic: reztynde.blogspot.com

Pagi2 sebelum bel jam masuk sekolah berbunyi jam tujuh, anak2 kelas ipa mulai angkat2 meja dari dalam kelas untuk dibawa keluar, tepatnya di lapangan basket sekolah, meja tersebut ditata berkeliling secara rapi. Setiap tim punya meja display sendiri untuk presentasi / menunjukan karyanya masing-masing.

Tim gw..  gw sebutin satu2 nama lengkapnya kalo ga salah inget... yg pasti sohib sebangku gw, Ucok Roy Paslah Simamora, terus Andriyana, Tiko Latianto, dan Muhammad Nadzir.. kita berlima bikin sebuah prakarya yang terbuat dari rangkaian listrik sederhana buat acara semacam expo yang digagas Ibu Luhur Setyowati, Guru Fisika.

Jadi acara expo nya itu kaya science day.. anak2 ipa dibagi ke beberapa kelompok terus disuruh bikin prakarya2  buat dipamerin ke anak2 satu sekolah dan antar tim harus karya yang berbeda. Gw sendiri lupa proyek yang ditunjukin temen2 yang lain waktu itu apa aja.. seinget gw ada yg bikin roket air, miniatur elevator (lift), radio FM rakitan, dll.

Tim gw sendiri sebenernya ga nampilin sesuatu yg rumit sophisticated apa gimana2.. hahaha.. kita cuman manfaatin benda2 di sekitar sama beli beberapa bahan yang harganya murah di toko matrial. Ide nya sendiri waktu itu kalo ga salah dari TV, ada acara TV yang punya game kaya gini.. dan kita anggap itu lumayan seru dan bikinnya juga gampang. (Aslinya sih pertamanya bingung pingin bikin apaan.. apalagi syaratnya ga boleh sama dengan karya tim lain..)

Biar lebih jelas dan bisa bayangin karya apa yang tim gw tampilkan waktu itu liat gambar sketsa dibawah ini.


Prinsipnya sih sederhana, berdasarkan rangkaian seri atau rangkaian listrik yang disusun secara sejajar mirip mekanisme saklar. Jadi dalam menampilkan ini kita menantang para penonton untuk nyobain mindahin cincin besi dari titik A ke titik B tanpa menyentuh kawat yang telah dialiri listrik. Jadi kalo si cincin besi yang berperan sebagai konduktor nyentuh kawat maka bohlam/lampu akan menyala dan menandakan si penantang gagal.

Sesaat sebelum acara dimulai, gw ambil kertas karton terus gw tulis "Try Me, Please.?" dan dipasang di depan meja presentasi biar tambah menarik perhatian. haha. Kemudian acara dibuka sama bu Luhur, dan temen2 satu sekolah mulai dateng ke tiap2 meja untuk liat2 terus sambil nanya2.. dan ga lama, meja tim kita rame sama anak2.. hehe

Mungkin yang bikin tim kita beda dari yang lain adalah karena selain fun (ga semua orang suka dan minat sama science), karya yang kita tampilin ini juga melibatkan partisipasi penonton.. jadi mereka ga cuma liat2 dengerin penjelasan yg presentasi tapi justru pada penasaran pengen cobain game ini.. 

Yang gagal pada minta ulang.. yang belum nyobain rebutan minta didahuluin.. kita ngatur antrian sambil menyemangati dan sesekali menjatuhkan mental (nakut2in) peserta.. guru2 beberapa juga ikut nyobain.. seru.. haha :D




2 komentar:

  1. I want to to thank you fοг this fаntastic rеаd!
    ! I absolutelу loved eveгy little bit of it.
    I've got you saved as a favorite to look at new stuff you post…

    my web-site; ephedrine hcl reaction

    BalasHapus
  2. Right here is the right wеbpage for anуone who hopes to understаnd this topic.

    You reаlize so much іts almost tough to argue with you (not that I pегsonallу will need tο…HaΗa).
    You definitely put a new spin оn a toρic which has been
    wrіtten about for yeaгs. Excellеnt ѕtuff, јust great!



    Stοp by mу webѕite ... ec supplement

    BalasHapus