Kamis, Juli 19, 2012

Siap Ga Siap Mengelola Dana Pensiun

Jadi mulai bulan depan nyokap gw udah selesai waktunya 'masa persiapan pensiun' atau MPP, artinya nyokap gw udah ga nerima gaji lagi dari tempat kerja dan memasuki masa pensiun..
Sepertinya gw sedari dini harus lebih mempersiapkan diri untuk bisa mengelola keuangan dengan lebih baik.


Karena nyokap gw bilang akan mempercayakan sebagian besar uang pensiunnya untuk gw kelola dan diharapkan sih bisa jadi pemasukan rutin bulanan buat nyokap. Walaupun uang pensiun yang diterima nyokap sebenernya ga terlalu besar kalo dibandingin uang pensiun di perusahaan lain pada umumnya, tapi gw usahain untuk maksimalin bener2 potensinya..

Sebenernya dalam menyusun portofolio keuangan sendiri alhamdulillah gw udah sedikit2 belajar.. apalagi sempet belajar manajemen keuangan di kuliah.. tapi keknya ilmu yang gw dapet di forum internet maupun hasil search dan belajar sendiri lebih banyak yang masuk deh.. karena  lebih aplikatif dibanding dengan ilmu yang diajarin di kuliah..


Selama sebulan ini gw juga udah latihan sok2an jadi fund manager.. Udah belajar analisa teknikal juga.. belajar baca chart..  korek2 berita penting dari dalam dan luar negeri..  cocokin sama analisa fundamental.. cek chart lagi.. gitu deh pokoknya.. :D
alhamdulillah sih kalo pake benchmark IHSG, kinerja portfolio gw masih lebih baik return nya..
porto racikan gw +8,27% sedangkan IHSG +6,28% dan top rds atau reksadana saham terbaik saat ini kinerjanya +6,52% dalam rentang waktu yang sama, yaitu 12 Juni sampai dengan 12 Juli ini..

Kenapa ga bisnis atau usaha waktu pensiun.? hal ini juga sebenernya udah pernah dipikirkan.. tapi ternyata memulai bisnis waktu baru pensiun juga risikonya gede banget.. karena bisnis itu harusnya udah dimulai jauh sebelum pensiun, jadi ketika pensiun waktunya bisa fokus di bisnis yang udah 'settled' atau stabil.. dan mengubah pola pikir dari mindset karyawan ke enterpreneur itu ga gampang.. apalagi memulai bisnis setelah pensiun kalo bangkrut udah ga ada penghasilan rutin yang jadi back up..

Banyak contoh temen nyokap gw yang begitu.. yang ikut investasi ga jelas dan akhirnya uangnya amblas semua, ada yang bisnisnya ga jalan alias bangkrut, atau habis buat kehidupan sehari2 karena uangnya hanya diambil terus tanpa diproduktifkan.. Idealnya memang masa pensiun seseorang harusnya sudah ga dipusingkan sama masalah uang.. waktu bisa dihabiskan dengan hal2 positif yang berkualitas seperti misalnya liburan atau lebih fokus ke ibadah, dll. 

Hikmahnya buat yang masih muda adalah persiapkan dana pensiun mulai dari sekarang.. bahkan sejak mulai mendapat penghasilan pertama pun ga ada salahnya punya investasi dana pensiun pribadi..

Kembali ke gw sendiri lagi.. dalam mengelola dana pensiun nyokap sih mungkin beda dengan gaya investasi kaya ngelola dana pribadi gw sendiri..
kalo uang sendiri mungkin dalam menghadapi risiko masih lebih berani.. nyusun portofolio juga lebih agresif dalam memilih aset. Tapi kalo udah megang atau ngelola dana yang lebih besar dan apalagi juga bukan uang gw sendiri mungkin entar portofolionya gw bikin lebih prudent atau hati2 walaupun return tetep tetep jadi pertimbangan..

Dengan dana kelolaan yang jumlahnya sekian itu dan ada kewajiban untuk diambil sebagai pengeluaran bulanan nyokap gw maka manajemen risiko juga mungkin lebih ketat.. sedangkan yang menjadi back up adalah gaji gw.. jadi sebesar apa risiko yang gw ambil adalah sebatas kemampuan gw untuk nalangin kalo terjadi sesuatu diluar prediksi.. jadi lebih defensif strateginya.. tapi uang bulanan buat nyokap sih insyaAlloh tetep jalan..

Diversifikasi aset penyusun portofolio nya juga mungkin sebagian besar ke aset yang risikonya moderat seperti reksa dana pendapatan tetap atau yg ber-underlying obligasi atau sukuk.. dan sebagian lainnya diinvestasikan di saham.. itu juga saham2 sektor konsumer atau saham2 yang beta ( ) nya ga jauh sama IHSG untuk meminimalisir risiko..

Faktor utama dalam mengelola portofolio yang aktif itu menurut gw lebih banyak soal emosi atau psikologi.. ga boleh serakah dan juga ga boleh terlalu takut.. yang penting kita disiplin jalanin rencana investasi.. sejauhmana risiko bisa ditolerir untuk mendapatkan suatu imbal hasil yang setimpal dari suatu aset (risk  adjusted return)..


Siap ga siap pokoknya harus siap..!!
wish me luck.. :)


 

3 komentar:

  1. Salam kenal gan... Sama saya juga lagi belajar buat inves kecil2an. Tipe RCA ++, top up rutin tiap bulan, kalo IHSG turun ya nambah2in top up. Mo langsung main saham belom PD euy. Ditunggu sharing berikutnya ya gan.

    BalasHapus
  2. salam kenal juga gan..

    RCA = Rupiah-Cost Averaging.? reksadana ya.?
    sama kok gan ane juga masih invest di reksadana saham..

    iya nih 2 bulan ini lagi latihan invest langsung di saham.. insyaAllah ane review portofolio ane lebih dan kurangnya buat sharing pengalaman..

    makasih udah berkunjung.. :)

    BalasHapus
  3. Definitely enjoy what yοu've got here, grateful you're putting it out
    there and what you haνe to sау. You аre presеnting it in a way that is enjoyable and you still take care to kееρ іt
    intelligent. I am delighted tο trade theоrу
    and critical informatiоn ωіth you.
    Υour website іs without a doubt one of the bеtter blogs onlіne right now.



    My web site :: Scriabin

    BalasHapus